Pengertian Profil Pelajar Pancasila dan Pendidikan yang Memerdekakan

 Refleksi Terbimbing Pendidikan yang Memerdekakan



·       Pendidikan yang memerdekakan


Pendidikan yang memerdekakan adalah pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Pendidikan yang memerdekakan bersifat holistic (pendidikan yang tidak hanya meliputi akademik saja, namun juga kecerdasan emosional, spiritual dll. Pendidikan yang inovatif dan kreatif. Siswa dapat pendidikan dengan level yang tepat.



 

·       Profil Pelajar Pancasila :


1.     Beriman  dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia


Peserta didik yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya denganTuhan Yang MahaEsa.


2.     Berkebhinekaan Global


Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhu rbangsa.


3.     Mandiri


Peserta didik adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya,kunci mandiri adalah kesadaranakan diri dan  situasidiri. .


4.     Gotong royong


Peserta didik memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar. Pancasila untuk melakukan kegiatan  secara bersama-sama dengan sukarela .


5.     Bernalarkritis


Bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu  secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya, bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan 


 

6.     Kreatif


Pelajar yang kreatif adalah pelajar. Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak,  kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya.

Subscribe to receive free email updates: