contoh soal dan jawaban cgp angkatan 8 tahun 2023

berikut kami sajikan contoh soal dan jawaban  cgp angkatan 8 tahun 2023 untuk sobat 

ini hanya sebagai tulisan ya bukan jadi pedoman sobat boleh tambahkan lainnya dengan pemikiran sobat masing masing    



 1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak  

 1. 1.  Motivasi saya menjadi seorang guru penggerak yang pertama saya ingin menambah ilmu pengetahuan terutama dibidang IT.Selanjutnya dengan mengikuti program ini bisa menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan melalui diskusi-diskusi dengan teman teman seprofesi.Ikut berpartisipasi dalam menghadirkan ide-ide baru pada dunia pendidikan dimasa yang akan datang.Disini saya ingin menjadi insan yang apdate tentang materi-materi khususnya dalam kegiatan belajar mengajar dan juga yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

   1.2 Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Adapun kelebihan yang saya miliki disini saya sedikit banyaknya sudah menguasai IT.Saya aktif serta  apdate dimedia sosial,bisa berinteraksi dengan orang lain baik dengan individu maupun kelompok.Selain itu saya mampu menerapkan metode-metode pembelajaran yang menyenangkan dan juga mampu mempelajari materi tersebut sebelum menerapkan kepada peserta didik saya.Alasan selanjutnya yaitu  saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang filosofi pendidikan yang dirintis oleh bapak Kihajar Dewantara selaku bapak pendidikan di Indonesia.Yng berkaitan dengan teori belajar beliauyang notabene yang dijadikan acuan dalam merubah paradigma kehiduan belajar diera sekarang ini yaitu dengan menerapkan pendidikan yang menghamba kepada anak dengan pedoman tiga semboyan yaitu:  seorang guru apabila berada di belakang memberikan dorongan yang baik kepada siswa. Disini saya harus menjadi yang terdepan mencari informasi yang berkaitan dengan pembalajaran maupun dengan hal lainnya contohnya disekolah tentang materi yang akan diajarkan besok jadi saya bisa mencari referensi-referensi baik diyoutube maupun digoegle untuk mempermudah saya dalam memberikan pembelajaran yang lebih bermakna kepada peserta didik. 

   1.3.Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada.  

Guru-guru disekolah saya masih menggunakan pembelajaran model konvesional dan jarang menngunakan IT,pembelajaran masih menggunakan metode-metode ceramah yang sering berpusat pada guru.Media yang digunakan masih manual.Saya berinisiatif untuk memamfaatkan kemampuan yang saya miliki dalam memanfaat IT untuk membuat media pembelajaran.Saya menyampaikan inisiatif saya kepada kepala sekolah,ternyata kepala sekolah menyambut baik inisiatif saya tersebut.Kepala sekolah meminta saya merencanakan kegiatan tersebut sekaligus meminta saya menjadi instruktur dalam kagiatan ini.Kegiatan ini berupa workshop pembuatan media pembelajaran berbasis IT saya membuat perencanaan materi yang akan dipelajari dalam workshop tersebut.Kegiatan ini kami lakukan sore hari selama enam hari yang sudah dilaksanakan pada awal tahun ajaran 2021-2022.Dalam kegiatan ini saya mengajarkan guru-guru dalam membuat media power point pada materi ajar masing-masing dalam melaksanaian pembelajaran dikelas.Kegiatan ini memberi dampak yang sangat baik bagi guru disekolah saya, mereka terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang saya lakukan selama 

enam hari tersebut.Saat ini guru-guru disekolah saya sudah mampu  menggunakan power point sebagai media pembelajaran.Inovasi yang selanjutnya yaitu pada kegiatan ekstra kurikuler tinggkat sekolah dasar yang dilombakan di kabupaten kami yang diadakan pada tahun 2021-2022,disini saya ditunjukkan oleh kepala sekolah untuk melatih siswa yang ikut lomba,seperti  lomba membuat karya-karya inovasi seperti karya anyaman,juga melatih siswa dalam mengikuti perlombaan mengenai bidang mata pelajaran saya dipercayakan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.Disekolah saya juga dipercayakan kepala sekolah untuk melatih siswa mengikuti ANBK untuk anak kelas lima yang diadakan setiap tahunnya.Dari ulasan diatas saya merasa perlu dan harus terlibat dalam berbagai program-program pemerintah terkait pendidikan,salah satunya program guru penggerak yang sedang saya ikuti ini.Pada era pendidikan berbasis TIK ini program guru penggerak merupakan program unggulan pemerintah pusat melalui kementrian pendidikan,riset dan teknologi.Dengan adanya program ini guru diseluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus menjadi penggerak bagi guru lainnya untuk meningkatkan profesionalisme dibidangnya.Untuk menjadi bagian dari guru penggerak kita harus memiliki motivasi yang kuat serta memiliki kelebihan –kelebihan untuk menunjang perannya sebagai guru penggerak.Dengan motivasi dan keinginan yang kuat akan menjadi dasar yang utama mengikuti program guru penggerak secara maksimal. 

2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

2.1.Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Dalam mencapai suatu tujuan dibutuhkan komitmen bersama dalam meraihnya,serta melalui komunikasi yang intensif.Pada kenyataannya membangun komunikasi kesatu arah yang efektif tidak semudah yang kita bayangkan.Di sini dibutuhkan pendekatan dan kesepahaman bersama terkait tujuan yang akan kita capai.kesulitan dalam membangun komunikasi pasti bisa saja terjadi baik ketika kita berada didepan umum maupun didalam kelas saat pembelajaran berlangsung.Seperti yang pernah saya alami ketika saya ditunjukkan sebagai protokol pada saat penerimaan sekaligus pelepasan kepala sekolah pada bualn juli tahun 2021-2022.Pada saat itu saya sedikit kesulitan dalam menyampaikan mukaddimah.Karena pada hari itu saya berhadapan dengan kepsek ,PNS yang saat itu saya hanya berstatus honorer apalagi didepan komite dan tamu dari dinas.Jadi meski situasi demikian saya mengupayakan tetap tenang dan santai berkat dukungan dari rekan-rekan guru saya.Alhamdulillah acara hari itu berjalan lancar kalau kita sama-sama mendukung dan bekerjasama.

2.2.Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situas 

.tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan? 

Didalam bekerjasama dengan pihak lain secara umum bagi saya tidaklah terlalu berat karena saya sendiri termasuk pribadi yang suka berkolaborasi dan terbuka dengan pendapat orang lain.Sehingga jikapun terjadi penolakan terhadap ide-ide dan gagasan yang saya berikan merupakan hal yang wajar dalam sebuah tim.Pada intinya yang terpenting adalah tujuan akhirnya dapat tercapai,baik dengan ide saya sendiri maupun ide dari orang lain yang sekiranya lebih bagus atau cocok dengan tim yang kita sepakati.Menurut saya ide terbaik dapat muncul dari mana saja dan siapa saja asalkan kita mau menerima pendapat yang orang lain berikan.Dengan demikian ,tugas kita adalah melaksanakan suatu program yang telah disepakati bersama dengan baik guna mewujudkan hasil kerja yang sesuai dengan perencanaan sebelumnya.Keberhasilan sebuah program bukan terletak pada kualitas ide melainkan akan tergantung pada kualitas kerja kita masing-masing didalam sebuah kelompok.Dengan demikian ,orientasi kerja bagi saya adalah proses dan hasil.Jadi disini saya meyakini bahwa kalau kita punya komitmen dan cara-cara seperti yang saya tuangkan ini akan berdampak positif terhadap keberlangsungan suatu organisasi atau tim work.  

2.3.Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Secara umum sebagaimana yang telah saya uraikan sebelumnya bahwa untuk mencapai tujuan bersama dibutuhkan komitmen bersama melalui komunikasi yang sejalan yang lebih intensif.kenyataanya, membangun sebuah komunikasi yang sejalan tidaklah mudah membalikan telapak tangan.Disini sangat di butuhkan pendekataan dan kesepahaman bersama terkait tujuan yang akan kita capai. Di dalam membangun komunikasi pasti terjadi kesulitan termasuk saya sendiri, walaupun saya pribadi yang kolaboratif. Karena dalam sebuah tim work pasti ada kesalah pahaman dan perbedaan pendapat. Dalam hal ini, upaya terpenting yang saya lakukan dalam mencapai komitmen dengan berbagai pihak dalam bekerja sama adalah upaya yang persuasif. Karena upaya ini saya yakini lebih efektif dalam mengatasi berbagai kesulitan dalam mencapai kesepakatan bersama.Upaya selanjutnya yaitu melakukan komunikasi yang baik dan benar.Dengan melakukan komunikasi yang baik akan mendorong dan meyakinkan pihak lain tertarik untuk melakukan sebuah kerjasama dengan kita dimana saja.Selanjutnya melakukan kerjasam yang jelas dan tertukstur,serta kita memiliki sifat yang amanah.

 

2.4.Bagaimana hasilnya?

Hasil yang dicapai dalam sebuah komitmen seperti ulasan sebelumnya yaitu : Dengan melakukan komunikasi yang baik dan benar dalam sebuah tin work akan mendorong dan meyakinkan pihak lain tertarik untuk melakukan kerjasama dengan kita dalam hal apapun.Selanjutnya kerjasama yang tertukstur akan berpotensi untuk mendapatkan daya tarik dari pihak lain seperti kerjasama dengan orang tua siswa.Dalam sebuah komitmen juga harus amanah ,hal ini sangat penting karena sangat berpengaruh .Oleh karena itu harus dapat memberikan keyakinan bahwa kita dapat menjalankan amanah dengan baik dan benar dalam sebuah tim kerjasama baik disekolah maupun dimana saja.

Beberapa upaya yang akan saya lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk kerja sama adalah meliputi :

           Melakukan komunikasi yang baik dan benar. Dengan komunikasi yang baik akan mendorong dan meyakinkan pihak lain tertarik untuk melakukan kerja sama.

           Melakukan kerja sama yang jelas dan terstruktur. Dengan adanya kerja sama yang terstruktur akan berpotensi untuk mendapatkan daya tarik dari pihak lain.

           Amanah. Hal ini sangat penting karna sangat berpengaruh signifikan, oleh karena kita harus dapat memberikan keyakinan bahwa kita dapat menjalankan amanah dengan baik dan benar.

3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.

3.1.Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Pada kegiatan pembelajaran dikelas saya satu tahun terahir dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode dan cara yang lama.Sehingga antusiasme anak-anak masih sangat rendah pada kegiatan proses belajar mengajar,mereka kurang fokus dan kurang semangat dalam belajar.Ini terlihat dalam hasil evaluasi yang dilakukan nilai mereka masih dibawah kriteria ketuntasan minimal(KKM).Dengan situasi ini membuat saya gelisah gelisah dan risau terhadap keadaan mereka dikelas.Juga media pembelajaran pun belum mendukung sepenuhnya, sehingga ini juga menjadi kendala atau permasalahan dalam proses belajar mengajar anak-anak.

3.2.Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?

 

Dalam menghadapi situasi seperti ini butuh strategi jitu,strategi atau upaya yang dilakukan yaitu dengan kolaborasi dan kerjasama antara guru dan juga kepala sekolah untuk memecahkan masalah yang ada.Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.Disini sebagai guru kelas meminta kepala sekolah untuk melengkapi alat dan bahan dalam mendukung pembelajaran seperti leptoP dan infokus dan juga bahan-bahan TIK. kepala sekolah merespon dengan baik terhadap permasalahan yang saya hadapi.Kepala sekolah juga memberikan waktu dan tempat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi, menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat diselesaikan baik.Sehingga proses belajar mengajar dikelas dapat tercapai dengan sukses berkat adanya solusi dari teman sejawat di sekolah maupun solusi dari kepala sekolah sendiri untuk melengkapi keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Alhamdulillah dengan adanya leptop dan infokus yang tersedia media pembelajaran berbasis IT dapat terlaksana pada proses belajar mengajar dikelas.  

 

3.3.Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta arus informasi di era digital saat ini sangat pesat sehingga sebagai seorang pendidik perlu menguasai arus informasi yang serba digital ini.Perkembangan ini mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk lembaga-lembaga sosial maupun lembaga lainnya.Kemampuan dalam melakukan penyesuian terhadap tuntutan era digital menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar.Sehingga dengan perlengkapan TIK yang telah ada disekolah kami, bisa dimamfaatkan dengan maksimal dalam kegiatan pembelajaran.Guru harus mampu menguasai teknologi abad 21 secara mumpuni untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di era ini.Tranformasi digitalisasi dunia pendidikan mendorong guru harus mampu mengimbanginya.Kegiatan ini bisa dilakukan melalui pelatihan,belajar kelompok, tutor sebaya,dan belajar secara mandiri.Dengan kegiatan ini diharapkan guru mampu meningkatkan kemampuan menguasai TIK secara maksimal.Sehingga seorang pendidik mampu menggunakan TIK dengan baik dalam proses belajar mengajar.Seperti penggunaan infokus,untuk menampilkan media power point.Pemamfaatan TIK dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran,meningkatkan kualitas pembelajaran,memperluas akses terhadap pendidikan dan pembelajaran,memperluas akses terhadappendidikan dan pembelajaran,serta membantu mevisualkan ide-ide abstrak,mempermudah pemahaman materi yang sedang dipelajari.Mamfaat lain yang bisa dirasakan dari penggunaan teknologi informasi  yang konsisten ,berkualitas , dan dapat di ulang penggunaannya sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar.Dengan pemamfaatan beragam teknologi informasi guru dapat menyanyikan materi mengajar lebih kreatif.

3.4.Tindakan apa yang kemudian anda ambil dan bagaimana hasilnya? 

 Pada setiap proses belajar mengajar membutuhkan cara dan media agar peserta didik fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran yang kita sajikan.Apalagi di era digital ini banyak media yang bisa kita sajikan untuk membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan untuk mempermudah siswa dalam menyerap pelajaran yang kita berikan pada setiap proses pembelajaran berlangsung.Jadi disini tindakan yang diberikan yaitu membuat media pembelajaran dengan menggunakan power point.Supaya sianak lebih terfokus dan termotivasi pada tayangan yang kita berikan di infokus

4.Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda

4.1.Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Perkembangan ilmu pengetahuan diera serba digital ini menuntut kita agar selalu mencari solusi pada setiap permasalahan yang kita alami.Perkembangan ini mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia jadi sebagai guru kita harus mampu mengimbangi terhadap kemajuan yang ada,sehingga kita tidak mudah menyerah dalam setiap kesempatan yang diberikan baik oleh pemerintah.Seperti dalam mengikuti program guru penggerak ini.Banyak masukan-masukan dari kepala sekolah maupun rekan sejawat yang sudah berpengalaman maupun yang belum berpengalaman memberikan masukan dalam proses pengisian curriculum vitae dan pada pengisian essay.Pada seleksi guru penggerak angkatan 8 yang diadakan tahun 2022 ini. .Pada seleksi guru penggerak angkatan 8 yang diadakan tahun 2022 ini dari masukan dan umpan balik yang diberikan dapat mempermudah saya dalam mengikuti seleksi calon guru penggerak.saya secara pribadi terus belajar meningkatkan kompetensi diri,dan terus belajar mengembangkan bakat dari masukan dari teman-teman sejawat baik disekolah maupun diluar sekolah.Bagi saya feedback atau umpan balik sangat penting untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita terhadap perkembangan ilmu yang kita miliki.

 

4.2Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan 

diri Anda?

Bagi diri saya umpan balik atau feedbac merupakan cermin untuk kita lebih kompoten dalam melakukan sesuatu untuk perubahan dimasa mendatang.Karena pribadi yang baik adalah pribadi yang jujur dan terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain.Untuk itu saya mau menjadi pribadi yang mau menerima kritan dan saran dari orang lain.Karena dengan kritikan tersebut kita bisa mengukur kemampuan kita sejauh mana kemampuan yang kita miliki dalam menggapai perubahan terhadap ilmu pendidikan di era 4.0 ini.Yang pada akhirnya kita terus berusaha dan terus belajar untuk mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan belajar secara mandiri.Karena setiap masukan dari orang lain akan berdampak positif bagi kita pribadi kalau kita mau dan mampu untuk menerimanya kearah yang lebih positif.Sebaliknya kalau kita menganggap masukan dari orang lain untuk menjatuhkan kita, selamanya kita akan menjadi pribadi yang tidak berkembang,karena kita merasa kita lebih mampu dalam segala aspek ilmu pengetahuan.Saya pribadi dalam mengikuti program ini banyak sekali yang perlu dikembangkan dan lanjutkan untuk mendapatkan perubahan baru dimasa mendatang.Dengan adanya umpan balik dari teman-teman dan rekan sejawat. 

 

4.3Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Pengembangan diri selain umpan balik dari teman-teman sejawat saya juga aktif dalam menguasai informasi melalui media sosial seperti goegle,yuotube untuk mempermudah saya dalam pembelajaran.Selain mengajar pengembangan diri saya merupakan kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran sebagai integral dari kurikulum sekolah.Pengembangan diri menjadi salah satu upaya yang dilaksanakan disetiap lembaga pendidikan yang mengacu pada kurikulum yang telah dirumuskan dilembaga tersebut.Namun demikian pengembangan diri dilakukan diluar jam sekolah,seperti program guru penggerak yang sedang berlangsung sekarang.Kegiatan program guru penggerak ini bertujuan untuk pengembangan seorang guru agar lebih professional dalam mendidik anak bangsa pada era 4.0,yang serba digital.Pada masa abad 21 ini kita butuh informasi yang lebih uptude.Pengembangan diri juga dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan sosial,mengikuti seminar-seminar tentang pengembangan diri,mendalami atau menyalurkan bakat yang kita sukai.Cara-cara diluar kebiasaan yang membuat saya kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran seperti menentukan jadwal pembelajaran yang disiplin,melakukan pembelajaran dengan membaca banyak,melakukan latihan soal dengan menargetkan berapa soal yang harus dikerjakan.     

4.4.Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

Sebagimana yang telah diuraikan diatas bahwa pemamfaatan masukan dan umpan balik perlu dari rekan sejawat maupun dari media social untuk dikembangkan bagi seorang pendidik. Pengembangan diri ini untuk mendukung proses pembelajaran didalam kelas yang kita berikan setiap harinya.Dengan pengembangan diri yang dilakukan ini diharapkan guru sebagai ujung tombak pendidikan bisa membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih maju,dalam persaingan abad 0.4 ini.Proses pembelajaran bisa berlangsung dengan semangat apabila kita semangat dan mencintai profesi kita sebagai seorang guru.Kualitas pekerjaan akan baik apabila didukung oleh aspek-aspek lainnya seperti pemamfaatan TIK yang mendukung,sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan yang kita harapkan.Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa hasil proses pembelajaran sangat menpengaruhi kualitas pekerjaan yang diampu.Pengelolaan pembelajaran dengan hasil yang baik dapat menghasilkan citra pekerjaan kita yang semakin baik bagi masyarakat maupun bagi diri sendiri.Hasil proses pembelajaran yang baik juga mampu meningkatkan motivasi belajar dan prestasi peserta didik.Dengan demikian pengembangan diri sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik dalam membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih maju dalam bersaing dengan 

luar. 

5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

 

 5.1.Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

Dalam beberapa tahun terahir ini saya pernah mengembangkan teman sejawat tentang penggunaan media pembelajaran yang berbasis IT,disini saya menjadi fasilitator untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan media pembelajaran power point.Untuk memudahkan guru dalam proses belajar mengajar didalam kelas.Kegiatan ini diberikan pada jam istirahat berlangsung agar tidak menyita waktu belajar siswa.Yang memotivasi saya untuk memberikan pelatihan ini yaitu melihat guru disekolah saya mengajar masih menggunakan media pembelajaran manual.Sehingga berinisiatif untuk memberikan ilmu yang saya miliki.Selanjutnya pernah menjadi pelatih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) disekolah pada tahun 2021.Disini saya melatih anak dalam mengerjakan soal-soal online,kegiatan ini dilakukan pada sore hari setelah mereka pulang sekolah.Disini saya mengharapkan semua siswa mampu menjawab soal-soal yang diberikan sesuai yang diharapkan.Dalam mengikuti pelatihan ini semua siswa sangat antusias mengikutinya,orang tua mereka juga sangat mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diselenggarakan disekolah anak mereka,terlihat dari setiap sore mereka mengantarkan anaknya kesekolah.  

 5.2 Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.

Yang menjadi fokus dalam pengembangan ini adalah Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) salah satu program pemerintah yang diselenggarakan diseluruh Indonesia.Saya salah satu pelatih dari program tersebut sehingga program ini berjalan lancar.Pengembangan ini dilakukan setiap sore hari mulai hari senin sampai hari kamis,dikhususkan untuk kelas lima.Program ini untuk melatih wawasan siswa dalam menghadapi ujian secara online nantinya ,dan diharapkan siswa dapat mengaplikasikan computer diusia dini dengan baik.Program ini didukung seluruh masyarakat,kepala desa,kepala sekolah,komite,pengawas dan guru-guru disekolah.Dengan adanya musyawarah bersama para tokoh tersebut diatas sehingga program ini sangat antusias diikuti oleh siswa kami.Dan membuat saya sebagai bagian dari program ini semangat dalam melatih mereka setiap harinya.Dengan adanya program ini terwujudlah semua keinginan peserta didik untuk mengoperasikan computer secara maksimal.Walaupun ada sebagian peserta didik yang kurang mampu menaplikasikan computer karena belum terbiasa mereka lakukan sebelumnya.Dengan adanya program ini diharapkan dapat membawa perubahan seperti yang kita harapkan.

 

5.3.Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Dukungan yang saya berikan kepada peserta didik untuk mendukung program Asesmen Nasional Berbasis Komputer yaitu dengan memberikan motivasi,kata-kata semangat,tindakan yang mendukung peserta didik agar berlangsungnya program ini dengan baik.Dalam kesempatan ini saya sebagai pelatih ANBK bagi siswa terus memberikan yang terbaik dalam mengerjakan soal-soal dan mencari referensi referensi dimedia social untuk mendukung berjalannya program yang dilaksanakan agar peserta didik mampu mengaplikasikan computer dalam menjawab soal-soal online secara maksimal.Dalam pelaksanaan program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak berjalan sesuai yang diharapkan karena adanya kendala.Hambatan-hambatan yang saya alami yaitu kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik dalam hal mengantar anaknya ketempat pelatihan yang dilaksanakan disekolah lain,soalnya tempat pelaksanaannya jauh dari rumah mereka masing-masing.Hambatan selanjutnya yaitu kurangnya alat bantu dalam pelaksanaan ANBK tersebut,kurangnya alat penunjang seperti infokus dan leptop yang masih kurang disekolah kami,begitu juga dengan jaringan disekolah kami yang kurang mendukung sehingga kami susah pada saat melakukan pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).Akhirnya saya berinisiatif untuk mengatasinya dengan memakai sekolah lain yang jauh dari sekolah kami untuk pelaksanaan Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK).Disini saya terus memberikan upaya -upaya untuk meningkatkan motivasi siswa supaya mereka mengikuti program ANBK ini dengan baik.

5.4.Bagaimana hasilnya?

Setelah saya menerapkan solusi dengan cara-cara diatas saya dapat melihat dan merasakan bahwa guru-guru disekolah saya sudah mulai memakai media pembelajaaran yang berbasis IT yang berbentuk power poin .dan sekarang begitu aktifnya proses belajar mengajar dikelas pada saat pembelajaran berlangsung.Selanjutnya dampak yang saya lihat dari peserta didik mereka lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dikelas dari sebelum mengenal computer.Sehingga dengan adanya program ANBK ini sekarang peserta didik lebih semangat aktif dan kreatif dalam mengaplikasikan media komputer dalam mengikuti simulasi ANBK.

 

 

 


Subscribe to receive free email updates: