berikut kami sajikan contoh soal dan jawaban cgp angkatan 8 tahun 2023 untuk sobat
ini hanya sebagai tulisan ya bukan jadi pedoman sobat boleh tambahkan lainnya dengan pemikiran sobat masing masing
1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak
1. 1. Motivasi saya menjadi seorang
guru penggerak yang pertama saya ingin menambah ilmu pengetahuan terutama
dibidang IT.Selanjutnya dengan mengikuti program ini bisa menambah wawasan
tentang ilmu pengetahuan melalui diskusi-diskusi dengan teman teman seprofesi.Ikut
berpartisipasi dalam menghadirkan ide-ide baru pada dunia pendidikan dimasa
yang akan datang.Disini saya ingin menjadi insan yang apdate tentang
materi-materi khususnya dalam kegiatan belajar mengajar dan juga yang
berhubungan dengan dunia pendidikan.
1.2 Apa kelebihan yang mendukung peran
Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!
Adapun kelebihan yang saya miliki disini saya
sedikit banyaknya sudah menguasai IT.Saya aktif serta apdate dimedia
sosial,bisa berinteraksi dengan orang lain baik dengan individu maupun
kelompok.Selain itu saya mampu menerapkan metode-metode pembelajaran yang
menyenangkan dan juga mampu mempelajari materi tersebut sebelum menerapkan
kepada peserta didik saya.Alasan selanjutnya yaitu saya ingin mempelajari
lebih lanjut tentang filosofi pendidikan yang dirintis oleh bapak Kihajar
Dewantara selaku bapak pendidikan di Indonesia.Yng berkaitan dengan teori
belajar beliauyang notabene yang dijadikan acuan dalam merubah paradigma
kehiduan belajar diera sekarang ini yaitu dengan menerapkan pendidikan yang
menghamba kepada anak dengan pedoman tiga semboyan yaitu: seorang guru
apabila berada di belakang memberikan dorongan yang baik kepada siswa. Disini
saya harus menjadi yang terdepan mencari informasi yang berkaitan dengan
pembalajaran maupun dengan hal lainnya contohnya disekolah tentang materi yang
akan diajarkan besok jadi saya bisa mencari referensi-referensi baik diyoutube
maupun digoegle untuk mempermudah saya dalam memberikan pembelajaran yang lebih
bermakna kepada peserta didik.
1.3.Berikan contoh perubahan, inovasi,
pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan
inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut?
(Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya
yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain
yang terlibat bila ada.
Guru-guru disekolah saya masih menggunakan
pembelajaran model konvesional dan jarang menngunakan IT,pembelajaran masih
menggunakan metode-metode ceramah yang sering berpusat pada guru.Media yang
digunakan masih manual.Saya berinisiatif untuk memamfaatkan kemampuan yang saya
miliki dalam memanfaat IT untuk membuat media pembelajaran.Saya menyampaikan
inisiatif saya kepada kepala sekolah,ternyata kepala sekolah menyambut baik
inisiatif saya tersebut.Kepala sekolah meminta saya merencanakan kegiatan
tersebut sekaligus meminta saya menjadi instruktur dalam kagiatan ini.Kegiatan
ini berupa workshop pembuatan media pembelajaran berbasis IT saya membuat
perencanaan materi yang akan dipelajari dalam workshop tersebut.Kegiatan ini
kami lakukan sore hari selama enam hari yang sudah dilaksanakan pada awal tahun
ajaran 2021-2022.Dalam kegiatan ini saya mengajarkan guru-guru dalam membuat
media power point pada materi ajar masing-masing dalam melaksanaian
pembelajaran dikelas.Kegiatan ini memberi dampak yang sangat baik bagi guru
disekolah saya, mereka terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang
saya lakukan selama
enam hari tersebut.Saat ini guru-guru disekolah
saya sudah mampu menggunakan power point sebagai media
pembelajaran.Inovasi yang selanjutnya yaitu pada kegiatan ekstra kurikuler
tinggkat sekolah dasar yang dilombakan di kabupaten kami yang diadakan pada
tahun 2021-2022,disini saya ditunjukkan oleh kepala sekolah untuk melatih siswa
yang ikut lomba,seperti lomba membuat karya-karya inovasi seperti karya
anyaman,juga melatih siswa dalam mengikuti perlombaan mengenai bidang mata
pelajaran saya dipercayakan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.Disekolah
saya juga dipercayakan kepala sekolah untuk melatih siswa mengikuti ANBK untuk
anak kelas lima yang diadakan setiap tahunnya.Dari ulasan diatas saya merasa
perlu dan harus terlibat dalam berbagai program-program pemerintah terkait
pendidikan,salah satunya program guru penggerak yang sedang saya ikuti ini.Pada
era pendidikan berbasis TIK ini program guru penggerak merupakan program
unggulan pemerintah pusat melalui kementrian pendidikan,riset dan
teknologi.Dengan adanya program ini guru diseluruh Indonesia mendapatkan
kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus menjadi
penggerak bagi guru lainnya untuk meningkatkan profesionalisme
dibidangnya.Untuk menjadi bagian dari guru penggerak kita harus memiliki
motivasi yang kuat serta memiliki kelebihan –kelebihan untuk menunjang perannya
sebagai guru penggerak.Dengan motivasi dan keinginan yang kuat akan menjadi
dasar yang utama mengikuti program guru penggerak secara maksimal.
2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat
menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama
dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali
murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama,
instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka
berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.
2.1.Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda
hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan
mengapa? Gambarkan secara jelas!
Dalam mencapai suatu tujuan dibutuhkan komitmen
bersama dalam meraihnya,serta melalui komunikasi yang intensif.Pada
kenyataannya membangun komunikasi kesatu arah yang efektif tidak semudah yang kita
bayangkan.Di sini dibutuhkan pendekatan dan kesepahaman bersama terkait tujuan
yang akan kita capai.kesulitan dalam membangun komunikasi pasti bisa saja
terjadi baik ketika kita berada didepan umum maupun didalam kelas saat
pembelajaran berlangsung.Seperti yang pernah saya alami ketika saya ditunjukkan
sebagai protokol pada saat penerimaan sekaligus pelepasan kepala sekolah pada
bualn juli tahun 2021-2022.Pada saat itu saya sedikit kesulitan dalam
menyampaikan mukaddimah.Karena pada hari itu saya berhadapan dengan kepsek ,PNS
yang saat itu saya hanya berstatus honorer apalagi didepan komite dan tamu dari
dinas.Jadi meski situasi demikian saya mengupayakan tetap tenang dan santai
berkat dukungan dari rekan-rekan guru saya.Alhamdulillah acara hari itu berjalan
lancar kalau kita sama-sama mendukung dan bekerjasama.
2.2.Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat
bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi
tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situas
.tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap
fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?
Didalam bekerjasama dengan pihak lain secara umum
bagi saya tidaklah terlalu berat karena saya sendiri termasuk pribadi yang suka
berkolaborasi dan terbuka dengan pendapat orang lain.Sehingga jikapun terjadi
penolakan terhadap ide-ide dan gagasan yang saya berikan merupakan hal yang
wajar dalam sebuah tim.Pada intinya yang terpenting adalah tujuan akhirnya
dapat tercapai,baik dengan ide saya sendiri maupun ide dari orang lain yang sekiranya
lebih bagus atau cocok dengan tim yang kita sepakati.Menurut saya ide terbaik
dapat muncul dari mana saja dan siapa saja asalkan kita mau menerima pendapat
yang orang lain berikan.Dengan demikian ,tugas kita adalah melaksanakan suatu
program yang telah disepakati bersama dengan baik guna mewujudkan hasil kerja
yang sesuai dengan perencanaan sebelumnya.Keberhasilan sebuah program bukan
terletak pada kualitas ide melainkan akan tergantung pada kualitas kerja kita
masing-masing didalam sebuah kelompok.Dengan demikian ,orientasi kerja bagi
saya adalah proses dan hasil.Jadi disini saya meyakini bahwa kalau kita punya
komitmen dan cara-cara seperti yang saya tuangkan ini akan berdampak positif
terhadap keberlangsungan suatu organisasi atau tim work.
2.3.Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk
mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?
Secara umum sebagaimana yang telah saya uraikan
sebelumnya bahwa untuk mencapai tujuan bersama dibutuhkan komitmen bersama
melalui komunikasi yang sejalan yang lebih intensif.kenyataanya, membangun
sebuah komunikasi yang sejalan tidaklah mudah membalikan telapak tangan.Disini
sangat di butuhkan pendekataan dan kesepahaman bersama terkait tujuan yang akan
kita capai. Di dalam membangun komunikasi pasti terjadi kesulitan termasuk saya
sendiri, walaupun saya pribadi yang kolaboratif. Karena dalam sebuah tim work
pasti ada kesalah pahaman dan perbedaan pendapat. Dalam hal ini, upaya
terpenting yang saya lakukan dalam mencapai komitmen dengan berbagai pihak
dalam bekerja sama adalah upaya yang persuasif. Karena upaya ini saya yakini
lebih efektif dalam mengatasi berbagai kesulitan dalam mencapai kesepakatan
bersama.Upaya selanjutnya yaitu melakukan komunikasi yang baik dan benar.Dengan
melakukan komunikasi yang baik akan mendorong dan meyakinkan pihak lain
tertarik untuk melakukan sebuah kerjasama dengan kita dimana saja.Selanjutnya
melakukan kerjasam yang jelas dan tertukstur,serta kita memiliki sifat yang
amanah.
2.4.Bagaimana hasilnya?
Hasil yang dicapai dalam sebuah komitmen seperti
ulasan sebelumnya yaitu : Dengan melakukan komunikasi yang baik dan benar dalam
sebuah tin work akan mendorong dan meyakinkan pihak lain tertarik untuk
melakukan kerjasama dengan kita dalam hal apapun.Selanjutnya kerjasama yang
tertukstur akan berpotensi untuk mendapatkan daya tarik dari pihak lain seperti
kerjasama dengan orang tua siswa.Dalam sebuah komitmen juga harus amanah ,hal
ini sangat penting karena sangat berpengaruh .Oleh karena itu harus dapat
memberikan keyakinan bahwa kita dapat menjalankan amanah dengan baik dan benar
dalam sebuah tim kerjasama baik disekolah maupun dimana saja.
Beberapa upaya yang akan saya lakukan untuk
mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk kerja sama adalah meliputi :
• Melakukan
komunikasi yang baik dan benar. Dengan komunikasi yang baik akan mendorong dan
meyakinkan pihak lain tertarik untuk melakukan kerja sama.
• Melakukan
kerja sama yang jelas dan terstruktur. Dengan adanya kerja sama yang
terstruktur akan berpotensi untuk mendapatkan daya tarik dari pihak lain.
• Amanah.
Hal ini sangat penting karna sangat berpengaruh signifikan, oleh karena kita
harus dapat memberikan keyakinan bahwa kita dapat menjalankan amanah dengan
baik dan benar.
3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks
adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh
pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau
sulit saat menjalankan tugas Anda.
3.1.Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan,
tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara
jelas!
Pada kegiatan pembelajaran dikelas saya satu tahun
terahir dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode dan cara yang
lama.Sehingga antusiasme anak-anak masih sangat rendah pada kegiatan proses
belajar mengajar,mereka kurang fokus dan kurang semangat dalam belajar.Ini
terlihat dalam hasil evaluasi yang dilakukan nilai mereka masih dibawah
kriteria ketuntasan minimal(KKM).Dengan situasi ini membuat saya gelisah
gelisah dan risau terhadap keadaan mereka dikelas.Juga media pembelajaran pun
belum mendukung sepenuhnya, sehingga ini juga menjadi kendala atau permasalahan
dalam proses belajar mengajar anak-anak.
3.2.Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami
situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda
identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?
Dalam menghadapi situasi seperti ini butuh strategi
jitu,strategi atau upaya yang dilakukan yaitu dengan kolaborasi dan kerjasama
antara guru dan juga kepala sekolah untuk memecahkan masalah yang ada.Karena
setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.Disini sebagai guru kelas meminta
kepala sekolah untuk melengkapi alat dan bahan dalam mendukung pembelajaran
seperti leptoP dan infokus dan juga bahan-bahan TIK. kepala sekolah merespon
dengan baik terhadap permasalahan yang saya hadapi.Kepala sekolah juga
memberikan waktu dan tempat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang
dihadapi, menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Sehingga
kendala-kendala yang dihadapi dapat diselesaikan baik.Sehingga proses belajar
mengajar dikelas dapat tercapai dengan sukses berkat adanya solusi dari teman
sejawat di sekolah maupun solusi dari kepala sekolah sendiri untuk melengkapi
keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Alhamdulillah dengan adanya leptop dan infokus yang tersedia media pembelajaran
berbasis IT dapat terlaksana pada proses belajar mengajar dikelas.
3.3.Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa
saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda
gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
serta arus informasi di era digital saat ini sangat pesat sehingga sebagai
seorang pendidik perlu menguasai arus informasi yang serba digital
ini.Perkembangan ini mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk
lembaga-lembaga sosial maupun lembaga lainnya.Kemampuan dalam melakukan
penyesuian terhadap tuntutan era digital menjadi tantangan tersendiri bagi
seorang pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar.Sehingga dengan
perlengkapan TIK yang telah ada disekolah kami, bisa dimamfaatkan dengan
maksimal dalam kegiatan pembelajaran.Guru harus mampu menguasai teknologi abad
21 secara mumpuni untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK) di era ini.Tranformasi digitalisasi dunia pendidikan
mendorong guru harus mampu mengimbanginya.Kegiatan ini bisa dilakukan melalui
pelatihan,belajar kelompok, tutor sebaya,dan belajar secara mandiri.Dengan
kegiatan ini diharapkan guru mampu meningkatkan kemampuan menguasai TIK secara
maksimal.Sehingga seorang pendidik mampu menggunakan TIK dengan baik dalam
proses belajar mengajar.Seperti penggunaan infokus,untuk menampilkan media
power point.Pemamfaatan TIK dalam rangka mendukung pelaksanaan
pembelajaran,meningkatkan kualitas pembelajaran,memperluas akses terhadap
pendidikan dan pembelajaran,memperluas akses terhadappendidikan dan pembelajaran,serta
membantu mevisualkan ide-ide abstrak,mempermudah pemahaman materi yang sedang
dipelajari.Mamfaat lain yang bisa dirasakan dari penggunaan teknologi
informasi yang konsisten ,berkualitas , dan dapat di ulang penggunaannya
sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar.Dengan pemamfaatan beragam teknologi
informasi guru dapat menyanyikan materi mengajar lebih kreatif.
3.4.Tindakan apa yang kemudian anda ambil dan
bagaimana hasilnya?
Pada setiap proses belajar mengajar
membutuhkan cara dan media agar peserta didik fokus dan semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang kita sajikan.Apalagi di era digital ini banyak
media yang bisa kita sajikan untuk membuat proses belajar mengajar lebih
menyenangkan untuk mempermudah siswa dalam menyerap pelajaran yang kita berikan
pada setiap proses pembelajaran berlangsung.Jadi disini tindakan yang diberikan
yaitu membuat media pembelajaran dengan menggunakan power point.Supaya sianak
lebih terfokus dan termotivasi pada tayangan yang kita berikan di infokus
4.Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar
hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan
balik terkait kemampuan Anda
4.1.Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan
balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat
menerima masukan atau umpan balik tersebut?
Perkembangan ilmu pengetahuan diera serba digital
ini menuntut kita agar selalu mencari solusi pada setiap permasalahan yang kita
alami.Perkembangan ini mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia jadi sebagai
guru kita harus mampu mengimbangi terhadap kemajuan yang ada,sehingga kita
tidak mudah menyerah dalam setiap kesempatan yang diberikan baik oleh
pemerintah.Seperti dalam mengikuti program guru penggerak ini.Banyak
masukan-masukan dari kepala sekolah maupun rekan sejawat yang sudah
berpengalaman maupun yang belum berpengalaman memberikan masukan dalam proses
pengisian curriculum vitae dan pada pengisian essay.Pada seleksi guru penggerak
angkatan 8 yang diadakan tahun 2022 ini. .Pada seleksi guru penggerak angkatan
8 yang diadakan tahun 2022 ini dari masukan dan umpan balik yang diberikan
dapat mempermudah saya dalam mengikuti seleksi calon guru penggerak.saya secara
pribadi terus belajar meningkatkan kompetensi diri,dan terus belajar
mengembangkan bakat dari masukan dari teman-teman sejawat baik disekolah maupun
diluar sekolah.Bagi saya feedback atau umpan balik sangat penting untuk
mengukur sejauh mana kemampuan kita terhadap perkembangan ilmu yang kita
miliki.
4.2Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan
balik tersebut untuk pengembangan
diri Anda?
Bagi diri saya umpan balik atau feedbac merupakan
cermin untuk kita lebih kompoten dalam melakukan sesuatu untuk perubahan dimasa
mendatang.Karena pribadi yang baik adalah pribadi yang jujur dan terbuka dengan
kritik dan saran dari orang lain.Untuk itu saya mau menjadi pribadi yang mau
menerima kritan dan saran dari orang lain.Karena dengan kritikan tersebut kita
bisa mengukur kemampuan kita sejauh mana kemampuan yang kita miliki dalam
menggapai perubahan terhadap ilmu pendidikan di era 4.0 ini.Yang pada akhirnya
kita terus berusaha dan terus belajar untuk mengembangkan diri dengan mengikuti
pelatihan-pelatihan dan belajar secara mandiri.Karena setiap masukan dari orang
lain akan berdampak positif bagi kita pribadi kalau kita mau dan mampu untuk
menerimanya kearah yang lebih positif.Sebaliknya kalau kita menganggap masukan
dari orang lain untuk menjatuhkan kita, selamanya kita akan menjadi pribadi
yang tidak berkembang,karena kita merasa kita lebih mampu dalam segala aspek
ilmu pengetahuan.Saya pribadi dalam mengikuti program ini banyak sekali yang
perlu dikembangkan dan lanjutkan untuk mendapatkan perubahan baru dimasa
mendatang.Dengan adanya umpan balik dari teman-teman dan rekan sejawat.
4.3Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik
dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk
mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan
yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun
mendukung proses pembelajaran Anda?
Pengembangan diri selain umpan balik dari
teman-teman sejawat saya juga aktif dalam menguasai informasi melalui media
sosial seperti goegle,yuotube untuk mempermudah saya dalam pembelajaran.Selain
mengajar pengembangan diri saya merupakan kegiatan pendidikan diluar mata
pelajaran sebagai integral dari kurikulum sekolah.Pengembangan diri menjadi
salah satu upaya yang dilaksanakan disetiap lembaga pendidikan yang mengacu
pada kurikulum yang telah dirumuskan dilembaga tersebut.Namun demikian
pengembangan diri dilakukan diluar jam sekolah,seperti program guru penggerak
yang sedang berlangsung sekarang.Kegiatan program guru penggerak ini bertujuan
untuk pengembangan seorang guru agar lebih professional dalam mendidik anak
bangsa pada era 4.0,yang serba digital.Pada masa abad 21 ini kita butuh
informasi yang lebih uptude.Pengembangan diri juga dapat dilakukan dengan
melakukan kegiatan sosial,mengikuti seminar-seminar tentang pengembangan
diri,mendalami atau menyalurkan bakat yang kita sukai.Cara-cara diluar
kebiasaan yang membuat saya kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran
seperti menentukan jadwal pembelajaran yang disiplin,melakukan pembelajaran
dengan membaca banyak,melakukan latihan soal dengan menargetkan berapa soal
yang harus dikerjakan.
4.4.Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran
yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?
Sebagimana yang telah diuraikan diatas bahwa
pemamfaatan masukan dan umpan balik perlu dari rekan sejawat maupun dari media
social untuk dikembangkan bagi seorang pendidik. Pengembangan diri ini untuk
mendukung proses pembelajaran didalam kelas yang kita berikan setiap
harinya.Dengan pengembangan diri yang dilakukan ini diharapkan guru sebagai
ujung tombak pendidikan bisa membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih
maju,dalam persaingan abad 0.4 ini.Proses pembelajaran bisa berlangsung dengan
semangat apabila kita semangat dan mencintai profesi kita sebagai seorang
guru.Kualitas pekerjaan akan baik apabila didukung oleh aspek-aspek lainnya
seperti pemamfaatan TIK yang mendukung,sehingga proses belajar mengajar
berlangsung dengan yang kita harapkan.Dengan demikian dapat kita simpulkan
bahwa hasil proses pembelajaran sangat menpengaruhi kualitas pekerjaan yang
diampu.Pengelolaan pembelajaran dengan hasil yang baik dapat menghasilkan citra
pekerjaan kita yang semakin baik bagi masyarakat maupun bagi diri sendiri.Hasil
proses pembelajaran yang baik juga mampu meningkatkan motivasi belajar dan
prestasi peserta didik.Dengan demikian pengembangan diri sangat dibutuhkan oleh
seorang pendidik dalam membawa pendidikan Indonesia kearah yang lebih maju
dalam bersaing dengan
luar.
5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan
terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas,
tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset
ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau
lainnya.
5.1.Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda
kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?
Dalam beberapa tahun terahir ini saya pernah
mengembangkan teman sejawat tentang penggunaan media pembelajaran yang berbasis
IT,disini saya menjadi fasilitator untuk memberikan pengetahuan tentang
penggunaan media pembelajaran power point.Untuk memudahkan guru dalam proses
belajar mengajar didalam kelas.Kegiatan ini diberikan pada jam istirahat
berlangsung agar tidak menyita waktu belajar siswa.Yang memotivasi saya untuk
memberikan pelatihan ini yaitu melihat guru disekolah saya mengajar masih
menggunakan media pembelajaran manual.Sehingga berinisiatif untuk memberikan
ilmu yang saya miliki.Selanjutnya pernah menjadi pelatih Asesmen Nasional
Berbasis Komputer (ANBK) disekolah pada tahun 2021.Disini saya melatih anak
dalam mengerjakan soal-soal online,kegiatan ini dilakukan pada sore hari
setelah mereka pulang sekolah.Disini saya mengharapkan semua siswa mampu
menjawab soal-soal yang diberikan sesuai yang diharapkan.Dalam mengikuti
pelatihan ini semua siswa sangat antusias mengikutinya,orang tua mereka juga
sangat mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang
diselenggarakan disekolah anak mereka,terlihat dari setiap sore mereka
mengantarkan anaknya kesekolah.
5.2 Hal apa yang menjadi fokus pengembangan?
Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan
yang diharapkan.
Yang menjadi fokus dalam pengembangan ini adalah
Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) salah satu program pemerintah yang
diselenggarakan diseluruh Indonesia.Saya salah satu pelatih dari program
tersebut sehingga program ini berjalan lancar.Pengembangan ini dilakukan setiap
sore hari mulai hari senin sampai hari kamis,dikhususkan untuk kelas
lima.Program ini untuk melatih wawasan siswa dalam menghadapi ujian secara
online nantinya ,dan diharapkan siswa dapat mengaplikasikan computer diusia
dini dengan baik.Program ini didukung seluruh masyarakat,kepala desa,kepala
sekolah,komite,pengawas dan guru-guru disekolah.Dengan adanya musyawarah
bersama para tokoh tersebut diatas sehingga program ini sangat antusias diikuti
oleh siswa kami.Dan membuat saya sebagai bagian dari program ini semangat dalam
melatih mereka setiap harinya.Dengan adanya program ini terwujudlah semua
keinginan peserta didik untuk mengoperasikan computer secara maksimal.Walaupun
ada sebagian peserta didik yang kurang mampu menaplikasikan computer karena
belum terbiasa mereka lakukan sebelumnya.Dengan adanya program ini diharapkan
dapat membawa perubahan seperti yang kita harapkan.
5.3.Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang
tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang
tersebut?
Dukungan yang saya berikan kepada peserta didik
untuk mendukung program Asesmen Nasional Berbasis Komputer yaitu dengan
memberikan motivasi,kata-kata semangat,tindakan yang mendukung peserta didik
agar berlangsungnya program ini dengan baik.Dalam kesempatan ini saya sebagai
pelatih ANBK bagi siswa terus memberikan yang terbaik dalam mengerjakan
soal-soal dan mencari referensi referensi dimedia social untuk mendukung
berjalannya program yang dilaksanakan agar peserta didik mampu mengaplikasikan
computer dalam menjawab soal-soal online secara maksimal.Dalam pelaksanaan
program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak berjalan sesuai yang
diharapkan karena adanya kendala.Hambatan-hambatan yang saya alami yaitu
kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik dalam hal mengantar anaknya
ketempat pelatihan yang dilaksanakan disekolah lain,soalnya tempat
pelaksanaannya jauh dari rumah mereka masing-masing.Hambatan selanjutnya yaitu
kurangnya alat bantu dalam pelaksanaan ANBK tersebut,kurangnya alat penunjang
seperti infokus dan leptop yang masih kurang disekolah kami,begitu juga dengan
jaringan disekolah kami yang kurang mendukung sehingga kami susah pada saat
melakukan pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer
(ANBK).Akhirnya saya berinisiatif untuk mengatasinya dengan memakai sekolah lain
yang jauh dari sekolah kami untuk pelaksanaan Asesment Nasional Berbasis
Komputer (ANBK).Disini saya terus memberikan upaya -upaya untuk meningkatkan
motivasi siswa supaya mereka mengikuti program ANBK ini dengan baik.
5.4.Bagaimana hasilnya?
Setelah saya menerapkan solusi dengan cara-cara
diatas saya dapat melihat dan merasakan bahwa guru-guru disekolah saya sudah
mulai memakai media pembelajaaran yang berbasis IT yang berbentuk power poin
.dan sekarang begitu aktifnya proses belajar mengajar dikelas pada saat
pembelajaran berlangsung.Selanjutnya dampak yang saya lihat dari peserta didik
mereka lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dikelas dari sebelum
mengenal computer.Sehingga dengan adanya program ANBK ini sekarang peserta
didik lebih semangat aktif dan kreatif dalam mengaplikasikan media komputer
dalam mengikuti simulasi ANBK.