KISI – KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER Matematika

 


KISI – KISI SOAL

SUMATIF TENGAH SEMESTER

 

Kelas/Semester            : V/1

Mata Pelajaran : Matematika

 

MATERI

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NO SOAL

Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.

2.      Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tertentu.

 

Elemen Aljabar

1.      Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1.000 (Contohnya : 10 x …. = 900, dan 900  = 10)

1.      Peserta didik mampu memahami tentang bilangan bulat dan desimal melalui nilai tempat, serta mampu menerapkan dalam perhitungan.

2.      Peserta didik mampu memahami bahwa desimal memiliki struktur bilangan yang sama dengan bilangan bulat.

3.      Peserta didik mampu membuat bilangan dengan besaran 10 kali, 100 kali, 1/10, 1/100, dan sebagainya kemudian mengetahui hubungan satu dengan yang lainnya.

4.      Peserta didik mampu memahami ketika sebuah angka dikalikan dengan 10, 100, …., koma desimal bergerak ke kanan sebanyak satu digit.

5.      Peserta didik mampu memahami angka , 1/10, 1/100, …. dari sebuah angka memiliki koma desimal yang bergeser ke kiri sebanyak satu digit dan seterusnya.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan nilai tempat dengan benar.

Pilihan Ganda

3

 

Pengukuran per Kuantitas Unit

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000

2.      Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Elemen Aljabar

1.      Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1.000 (Contohnya : 10 x …. = 900, dan 900  = 10)

2.      Peserta didik dapat bernalar secara proposional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan.

3.      Peserta didik dapat menggunakan operasai perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

1.      Peserta didik mampu memahami arti, pengguna-an, dan ekspresi rata-rata.

2.      Peserta didik mampu menghitung rata-rata berbagai besaran.

3.      Peserta didik mampu memahami cara melakukan penyamarataan dalam perhitungan dan memaha-mi istilah serta arti dari “rata-rata”.

4.      Peserta didik mampu menggunakan ide rata-rata dalam situasi kehidupan sehari-hari.

5.      Peserta didik mampu memahami bahwa beberapa kuantitas seperti “kepadatan”, sebanding dalam ukuran per unit kuantitas.

6.      Peserta didik mampu memecahkan masalah mencari jumlah total, kepadatan, harga satuan, dll dengan menggunakan pengukuran persatuan besaran.

7.      Peserta didik mampu memahami bahwa hubungan antara dua besaran dapat dibuat besaran baru yang menunjukkan pengukuran persatuan besaran.

8.      Peserta didik mampu berpikir tentang pengukuran perkuantitas untuk memecahkan masalah sehari-hari secara matematis.

Disajikan data, peserta didik mampu menentukan nilai rata-rata berdasarkan data dengan benar.

Pilihan Ganda

5

Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menentukan harga satuan dengan benar.

Pilihan Ganda

6

Perkalian Bilangan Desimal

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.

2.      Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Elemen Aljabar

1.      Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1.000 (Contohnya : 10 x …. = 900, dan 900  = 10).

2.      Peserta didik dapat bernalar secara proposional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan.

3.      Peserta didik dapat menggunakan operasai perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

1.      Peserta didik mampu memahami arti perkalian desimal dan cara menghitungnya, serta mampu menggunakannya dengan tepat.

2.      Peserta didik mampu memahami arti perkalian jika pengali adalah bilangan desimal.

3.      Peserta didik mampu menjelaskan cara menghitung perkalian desimal dan mampu menghitung perkalian desimal.

4.      Peserta didik mampu memahami arti dari (bilangan bulat) x (bilangan desimal) dan cara menghitungnya.

5.      Peserta didik mampu memahami bagaimana cara menulis (bilangan bulat) x (bilangan desimal) dan menggeneralisasikannya.

6.      Peserta didik mampu mengetahui cara menghitung (bilangan desimal) x (bilangan desimal).

7.      Peserta didik mampu memahami dan menggeneralisasi cara menghitung (bilangan desimal) x (bilangan desimal).

8.      Peserta didik mampu memahami hukum pertukaran, asosiatif, dan distribusi yang sama berlaku untuk perkalian desimal dengan perkalian bilangan bulat.

9.      Peserta didik mampu memahami hukum pertukaran dan kombinasi berlaku untuk desimal.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung perkalian bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

1

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung perkalian bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

2

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung penjumlahan bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

4

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung perkalian bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

9

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung perkalian bilangan desimal dengan benar.

Essay

 

3

Kekongruenan dan Sudut dari Bangun Datar

Elemen Pengukuran

1.      Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya.

2.      Peserta didik dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

1.      Peserta didik mampu memahami arti dari kongruensi.

2.      Peserta didik mampu memahami cara menggambar segitiga dan segiempat yang kongruen, dengan fokus pada elemen yang menentukan bentuk dan ukuran gambar.

3.      Peserta didik mampu memahami istilah “yang sesuai” dan artinya.

4.      Peserta didik mampu memahami sifat-sifat sudut dan sudut kongruen.

5.      Peserta didik mampu menemukan simpul, sisi, dan sudut yang sesuai pada segi empat kongruen.

6.      Peserta didik mampu memahami bahwa jumlah dari ke-3 sudut segitiga adalah 180º terlepas dari bentuk dan ukurannya.

7.      Peserta didik mampu menghitung sudut menggunakan jumlah besar sudut dalam segitiga.

8.      Peserta didik mampu mengetahui jumlah semua sudut pada segi empat yaitu 360º.

9.      Peserta didik mampu memahami sifat dan karakter segiempat dengan menyusunnya.

10.  Peserta didik mampu mencari jumlah sudut dalam dari poligon.

11.  Peserta didik mampu mengetahui sifat atau karakter dari sudut sebuah jajargenjang.

12.  Peserta didik mampu mengetahui bangun ruang kongruen dengan memuat bangun ruang menggunakan tangram.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menghitung luas segitiga dengan benar.

Pilihan Ganda

7

Disajikan data segiempat yang kongruen, peserta didik mampu menyebutkan pernyataan yang benar berdasarkan ketentuan kekongruenan bangun datar.

Pilihan Ganda

8

Disajikan data, peserta didik dapat menghitung luas permukaan dan volume prisma dengan benar.

Pilihan Ganda

13

Pembagian Bilangan Desimal

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000.

2.      Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

Elemen Aljabar

1.      Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1.000 (Contohnya : 10 x …. = 900, dan 900  = 10)

2.      Peserta didik dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaiaan masalah sehari-hari yang terkait dengan proporsi.

1.      Peserta didik mampu memahami pembagian desimal dan menggunakan-nya dengan baik.

2.      Peserta didik mampu memahami arti pembagian jika pembaginya adalah desimal.

3.      Peserta didik mampu menemukan cara untuk menghitung pembagian desimal, dan mampu menghitungnya dengan tepat.

4.      Peserta didik mampu memahami pembagian bilangan bulat dengan desimal dan merumuskan-nya.

5.      Peserta didik mampu mempertimbangkan dan menemukan cara menghi-tung pembagian bilangan bulat dengan bilangan desimal.

6.      Peserta didik mampu menemukan cara membagi desimal dengan desimal.

7.      Peserta didik mampu memahami pembagian bersisa dari bilangan desimal.

8.      Peserta didik mampu memahami hubungan besaran antara hasil bagi dan pembagi dengan pembagi.

9.      Peserta didik mampu memahami sisa dari hasil pembagian, cara menghi-tung, dan cara memeriksa jawaban yang memiliki sisa.

10.  Peserta didik mampu memahami konsep dan metode membulatkan hasil bagi ke bilangan bulat terdekat.

11.  Peserta didik mampu mengetahui hubungan perkalian dan pembagian bilangan desimal serta dapat membuat keputusan aritmatika berdasarkan antar bilangan.

12.  Peserta didik mampu memperdalam pemahaman mengenal situasi dimana perkalian dan pembagian desimal digunakan untuk masalah/soal dimana metode tersebut digunakan.

Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menghitung pembagian dan perkalian bilangan bulat dengan benar.

Pilihan Ganda

10

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengjitung operasi pembagian bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

11

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengjitung operasi pembagian bilangan desimal dengan benar.

Pilihan Ganda

12

Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menghitung pembagian bilangan bulat dengan benar.

Essay

1

Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menghitung pembagian bilangan bulat dengan benar.

Pilihan Ganda

5

Volume

Elemen Geometri

1.      Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan  gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang.

2.      Peserta didik mampu membandingkan ukuran kubus dan persegi panjang dalam ruang tertutup.

3.      Peserta didik mampu memahami pengertian volume melalui pembuatan kubus sebesar 1 cm3 menggunakan balok susun.

4.      Peserta didik mampu memahami satuan cm3.

5.      Peserta didik mampu memahami rumus menghitung volume berbentuk balok/kubus.

6.      Peserta didik mampu mengembangkan pemahaman mengenai rumus volume dengan membuat kotak bervolume 200 cm3.

7.      Peserta didik mampu memahami ada beragam kotak yang bisa dibuat dengan volume yang sama.

8.      Peserta didik mampu memahami satuan m3.

9.      Peserta didik mampu memahami hubungan antara 1 m3 dan 1 cm3.

10.  Peserta didik mampu mengetahui cara menemukan luas balok yang panjang sisi-sisinya dinyatakan dalam cm dan meter.

11.  Peserta didik mampu memahami satuan unit 1 m3.

12.  Peserta didik mampu memahami hubungan cm3, m3, mL, dan L.

13.  Peserta didik mampu memahami cara mencari volume dari bentuk tidak beraturan.

14.  Peserta didik mampu memahami pengertian volume dan ukuran dalam, serta bisa menghitung volumenya.

Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menghitung volume dengan benar.

Pilihan Ganda

14

Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menghitung volume benda dengan tepat

Pilihan Ganda

15

Disajikan gambar, peserta didik mampu menghitung volume balok dengan benar.

Essay

4

Kelipatan dan Faktor

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengura-ngan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

2.      Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.

1.      Peserta didik mampu memperdalam pemahamannya tentang properti bilangan bulat bahwa bilangan bulat dapat diklasifikasikan menjadi bilangan genap dan ganjil dengan menentukan prespektifnya.

2.      Peserta didik mampu memahami konsep pembagi dan kelipatan.

3.      Peserta didik mampu memperdalam pemahaman tentang keteraturan kelipatan dengan melihat urutan dari kelipatannya.

4.      Peserta didik mampu memahami arti perkalian, kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil, serta dapat menghitunganya.

5.      Peserta didik mampu memahami arti dari kelipatan bilangan umum dan cara menemukan kelipatan bilangan umum.

6.      Peserta didik mampu memahami cara menyelesaikan soal yang membutuhkan bilangan kelipatan terkecil.

7.      Peserta didik mampu memahami makna dan bisa mencari pembagi, factor pembagi, dan pembagi persekutuan terbesar.

8.      Peserta didik mampu menemukan pembagi persekutuan terbesar dalam situasi tertentu.

9.      Peserta didik mampu memahami makna dan cara mencari pembagi dan pembagi persekutuan terbesar.

10.  Peserta didik mampu memahami hubungan dari kelipatan dan faktor.

11.  Peserta didik mampu mengungkapkan bahwa bilangan bulat sebagai hasil kali bilangan prima, dan menemukan faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil.

12.  Peserta didik mampu memahami bahwa bilangan bulat dapat diklasifikasikan menjadi bilangan genap dan ganjil, serta arti dan sifat bilangan genap dan ganjil.

13.  Peserta didik mampu memahami arti bilangan genap dan ganjil dan menggunakan dalam perhitungan.

Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menentukan KPK ataupun FPB dengan tepat.

Pilihan Ganda

16

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan faktorisasi dari bilangan bulat dengan benar.

Pilihan Ganda

17

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan kelipatan dari  bilangan ganjil dengan benar

Pilihan Ganda

20

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan faktoriasi prima dari suatu bilangan dengan tepat.

Essay

2

Pecahan

Elemen Bilangan

1.      Peserta didik mampu untuk mencari pecahan yang senilai.

2.      Peserta didik mampu membandingkan pecahan dengan mengubah bentuknya menggunakan penyebut yang sama.

3.      Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bilangan desimal dan bilangan bulat.

1.      Peserta didik dapat mengubah bilangan bulat dan desimal menjadi pecahan dan menyatakan pecahan sebagai desimal.

2.      Peserta didik dapat memahami bahwa hasil pembagian bilangan bulat selalu dapat dinyatakan sebagai bilangan tunggal jika pecahan digunakan.

3.      Peserta didik dapat memahami bahwa pecahan yang dibentuk dengan mengalikan dan membagi pembilang dan penyebut pecahan dengan bilangan yang sama menyatakan besarnya yang sama dengan pecahan aslinya.

4.      Peserta didik dapat memikirkan tentang persamaan dan ukuran penyebut, dan merangkum cara membandingkan penyebut besar dan kecil.

Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menghitung penjumlahan bilangan pecahan dengan benar.

Pilihan Ganda

18

Disajikan soal cerita, peserta didik mampu menentukan bentuk bilangan pecahan dengan benar.

Pilihan Ganda

19

 

Subscribe to receive free email updates: