KISI – KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : PPKN
MATERI |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
Pancasila dalam
Kehidupanku |
Elemen Pancasila. 1. Peserta
didik dapat: memahami hubungan antara satu sila pancasila dengan sila yang
lainnya sebagai suatu kesatuan; memahami makna ideologi, nilai, dan pandangan
hidup; menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan kelompok, serta
menunjukkan harapan positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan
kelompok; menyadari bahwa meskipun setiap orang memiliki otonominya
masing-masing, setiap orang membutuhkan orang lain dalam memenuhi
kebutuhannya; memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga
kepada/dari orang-orang di lingkungan, baik yang dikenal meupun tidak
dikenal; serta menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. |
1.
Peserta didik dapat menunjukkan dan
menceritakan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai satu
kesatuan dalam bentuk keimanan ketakwaan Tuhan Yang Maha Esa. 2.
Peserta didik dapat membiasakan perilaku
yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi, nilai, dan
pandangan hidup. 3.
Peserta didik dapat bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas nilai dan semangat gotong royong yang berkembang di
indonesia. 4.
Pesetra didik dapat menelaah kedudukan
manusia sebagai mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain. 5.
Peserta didik dapat menganalisis
perilaku terpuji yang harus ditunjukkan terhadap orang lain dimanapun berada.
6.
Peserta didik dapat menyajikan hasil
telaah terhadap perbedaan karakter yang ada dilingkungannya |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan kewajiban yang dilakukan di
sekolah, rumah, dan masyarakat dengan benar. |
Pilihan Ganda |
1 |
Disajikan gambar
lambang pancasila, peserta didik mampu menyebutkan sikap yang sesuai dengan
pengamalan pancasila yang di lambangkan dengan gambar tersebut dengan benar. |
Pilihan Ganda |
2 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan pengertian dari nilai material,
nilai vital, dan nilai kerohanian dengan benar. |
Pilihan Ganda |
3 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan contoh sikap tolong menolong,
toleransi, dan jujur dengan benar. |
Pilihan Ganda |
5 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan pengertian dari nilai material,
nilai vital, dan nilai kerohanian dengan benar. |
Pilihan Ganda |
7 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan perbedaan antara simpati dan
empati dengan benar. |
Pilihan Ganda |
8 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan
contoh perilaku empati, toleransi, dermawan, dan amanah dengan benar. |
Pilihan Ganda |
9 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan pengertian dari nilai material,
nilai vital, dan nilai kerohanian dengan benar. |
Pilihan Ganda |
11 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan manfaat dari gotong royong dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
13 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh perilaku toleransi,
empati, tolong menolong, dan jujur dengan benar. |
Pilihan Ganda |
15 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh perilaku toleransi,
amanah, sabar, dan jujur dengan benar. |
Pilihan Ganda |
19 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan hubungan antar manusia sebagai
makhluk sosial dengan benar. |
Pilihan Ganda |
20 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan terkait manusia sebagai makhluk
sosial dengan benar. |
Essay |
2 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan nilai material, nilai vital,
maupun nilai kerohanian dengan benar. |
Essay |
3 |
|||
Norma dalam
Kehidupanku |
Elemen Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945. 1. Peserta
didi dapat: mengidentifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan
kewajiban dalam kedudukannya sebagai peserta didik, serta menyadari bahwa
setiap orang mempunyai hak berpendapat sehingga harus dihindari sikap saling
memaksakan kehendak; serta mengkaji praktik sehingga melahirkan sejumlah
kesepakatan dengan menyajikan beberapa pendapat yang berbeda. |
1. Peserta didik dapat menyebutkan norma yang berlaku di
lingkungannya sebagai bentuk sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa. 2. Peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan
norma yang berlaku di lingkungannya. 3. Peserta didik dapat menelaah macam-macam norma beserta sumber
dan sanksinya. 4. Peserta didik dapat menyajikan hasil telaah tentang macam-macam
norma yang berlaku di lingkungannya. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sikap teladan Presiden RI yang
pertama dengan benar. |
Pilihan Ganda |
4 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan makna dari norma dengan benar. |
Pilihan Ganda |
6 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan norma-norma yang ada di Indonesia
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
10 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan norma-norma yang ada di Indonesia
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
12 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan norma-norma yang ada di Indonesia
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
14 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan norma-norma yang ada di Indonesia
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
16 |
|||
Disajikan pernyataan,
peserta didik mampu menyebutkan perbedaan hak antara manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk individu dengan benar. |
Pilihan Ganda |
17 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sikap teladan dari tokoh pangeran
Diponegoro dengan benar. |
Pilihan Ganda |
18 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan terkait norma-norma yang ada di
Indonesia dengan benar. |
Essay |
1 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap yang dapat
diteladani dari Ir. Soekarno dengan benar. |
Essay |
4 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap yang dapat
diteladani dari tokoh emansipasi wanita dengan benar. |
Essay |
5 |