KISI – KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : IPAS
MATERI |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
Melihat karena
Cahaya, Mendengar karena Bunyi |
Pemahaman IPAS 1. Peserta didik melakukan simulasi dengan
menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh
manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan
cara menjaga kesehatan organ tubuhnya dengan benar. Peserta didik menyelidiki
bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat
memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya. 2. Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep
gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mendeskripsikan
adanya ancaman krisis energi yang dapat terjadi serta mengusulkan upaya-
upaya individu maupun kolektif yang dapat dilakukan untuk menghemat
penggunaan energi dan serta penemuan
sumber energi alternatif yang dapat digunakan menggunakan
sumber daya yang ada di sekitarnya. 3. Peserta didik mendemonstrasikan
bagaimana sistem tata surya bekerja dan kaitannya dengan gerak rotasi dan
revolusi bumi. Peserta didik merefleksikan bagaimana perubahan kondisi alam
di permukaan bumi terjadi akibat faktor alam maupunperbuatan manusia, me-ngidentifikasi pola hidup yang
menyebabkan terjadinya permasalahan lingkungan serta memprediksi dampaknya
terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, ekonomi. Keterampilan 1. Mengamati Pada
akhir fase C, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana
dengan menggunakan panca indra, mencatat hasil pengamatannya, serta mencari
persamaan dan perbedaannya. 2. Mempertanyakan dan Memprediksi Dengan
panduan, peserta didik dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk
memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan
ilmiah. 3. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Secara
mandiri, peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang
sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu
pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat. 4. Memproses, Menganalisis Data dan
Informasi Menyajikan
data dalam bentuk tabel atau grafik serta menjelaskan hasil pengamatan dan
pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital. Membandingkan
data dengan prediksi dan menggunakannya sebagai bukti dalam menyusun
penjelasan ilmiah. 5. Mengevaluasi dan Refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan
teori yang ada. Merefleksikan proses investigasi, termasuk merefleksikan
validitas suatu tes. 6. Mengomunikasikan Hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang
ditunjang dengan argumen, bahasa, serta konvensi sains yang umum sesuai
format yang ditentukan. |
1. Peserta didik dapat menjelaskan
sifat-sifat bunyi dan cahaya melalui percobaan sederhana. 2. Peserta didik dapat mendemonstrasikan
bagaimana sistem pendengaran dan penglihatan manusia bekerja. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
1 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
2 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis cermin yang ada di
kehidupan sehari-hari dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
3 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi-fungsi alat panca indera
dengan tepat |
Pilihan Ganda |
4 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan asal bunyi dengan tepat |
Pilihan Ganda |
5 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat
sifat cahaya dengan tepat |
Essay |
1 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian salah satu organ
panca indera serta menjelaskan fungsinya dengan tepat. |
Essay |
2 |
|||
Mari Berkenalan
dengan Bumi Kita |
1. Peserta didik dapat menganalisis
hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk jaring-jaring
makanan. 2. Peserta didik dapat mendeskripsikan
proses transformasi antarmakhluk hidup dalam suatu ekosistem. 3. Peserta didik dapat mendeskripsikan
bagaimana transformasi energi dalam suatu
ekosistem berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh lingkungan abiotik dan
biotik dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
6 |
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan makna rantai makanan dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
7 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan peran produsen dan konsumen dengan
tepat. |
Pilihan Ganda |
8 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengurutkan rantai makanan yang terjadi dalam
suatu ekosistem dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
9 |
|||
Disajikan rantai
makanan, peserta didik mampu menentukan populasi yang terjadi pada rantai
makanan tersebut dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
10 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menuliskan perbedaan antara rantai makanan
dan jaring-jaring makanan dengan tepat |
Essay |
3 |
|||
Magnet, Listrik,
dan Teknologi untuk Kehidupan |
1.
Peserta didik dapat memanfaatkan gaya magnet untuk
menjalani aktivitas sehari-hari. 2.
Peserta didik dapat mendeskripsikan bagaimana energi
listrik diperoleh dan digunakan. 3.
Peserta didik dapat menggunakan perangkat teknologi
yang memanfaatkan perubahan energi listrik. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan reaksi gaya magnet jika dua buah
kutub didekatkan dengan benar. |
Pilihan Ganda |
11 |
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan cara membuat magnet dengan
tepat |
Pilihan Ganda |
12 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian magnet dengan tepat |
Pilihan Ganda |
13 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan nama ilmuan penemu dari salah
satu barang elektronik dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
14 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan nama ilmuan penemu dari salah
satu barang elektronik dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
15 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan alat-alat
yang menggunakan pemanfaatan magnet dengan tepat. |
Essay |
4 |
|||
Mari Berkenalan
dengan Bumi Kita |
1.
Peserta didik dapat mengetahui struktur lapisan Bumi
(litosfer, hidrosfer, dan atmosfer)
dan kenampakan alam yang ada di daratan maupun perairan. 2.
Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya siklus
air dan perubahan-perubahan di permukaan Bumi. 3.
Peserta didik dapat menceritakan kembali proses
pergerakan lempeng Bumi yang terjadi akibat arus konveksi cairan di mantel
Bumi |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi sesuai dengan
letaknya dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
16 |
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi
dari lapisan ozon di atmosfer dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
17 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan karakter dari masing-masing
lapisan atmosfer bumi dengan tepat |
Pilihan Ganda |
18 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi sesuai dengan
karkateristiknya dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
19 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi dengan tepat. |
Pilihan Ganda |
20 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan tentang lapisan-lapisan atmosfer
bumi dengan tepat |
Essay |
5 |