KISI – KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER

 


KISI – KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Kelas/Semester            : V/1

Mata Pelajaran : IPAS

 

MATERI

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NO SOAL

Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi

Pemahaman IPAS

1.      Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah) yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan organ tubuhnya dengan benar. Peserta didik menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.

2.      Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mendeskripsikan adanya ancaman krisis energi yang dapat terjadi serta mengusulkan upaya- upaya individu maupun kolektif yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan energi dan  serta  penemuan  sumber  energi  alternatif yang dapat digunakan menggunakan sumber daya yang ada di sekitarnya.

3.      Peserta didik mendemonstrasikan bagaimana sistem tata surya bekerja dan kaitannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi. Peserta didik merefleksikan bagaimana perubahan kondisi alam di permukaan bumi terjadi akibat faktor alam maupunperbuatan manusia, me-ngidentifikasi pola hidup yang menyebabkan terjadinya permasalahan lingkungan serta memprediksi dampaknya terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, ekonomi.

 

Keterampilan

1.      Mengamati

Pada akhir fase C, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan panca indra, mencatat hasil pengamatannya, serta mencari persamaan dan perbedaannya.

2.      Mempertanyakan dan Memprediksi

Dengan panduan, peserta didik dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah.

3.      Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Secara mandiri, peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

4.      Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital. Membandingkan data dengan prediksi dan menggunakannya sebagai bukti dalam menyusun penjelasan ilmiah.

5.      Mengevaluasi dan Refleksi

Mengevaluasi        kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Merefleksikan proses investigasi, termasuk merefleksikan validitas suatu tes.

6.      Mengomunikasikan Hasil

Mengomunikasikan           hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa, serta konvensi sains yang umum sesuai format yang ditentukan.

1.      Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi dan cahaya melalui percobaan sederhana.

 

2.      Peserta didik dapat mendemonstrasikan bagaimana sistem pendengaran dan penglihatan manusia bekerja.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya dengan tepat.

Pilihan Ganda

1

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya dengan tepat.

Pilihan Ganda

2

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis cermin yang ada di kehidupan sehari-hari  dengan tepat.

Pilihan Ganda

3

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi-fungsi alat panca indera dengan tepat

Pilihan Ganda

 

4

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan asal bunyi dengan tepat

Pilihan Ganda

 

5

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan sifat sifat cahaya dengan tepat

Essay

1

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian salah satu organ panca indera serta menjelaskan fungsinya dengan tepat.

Essay

2

Mari Berkenalan dengan Bumi Kita

1.      Peserta didik dapat menganalisis hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk jaring-jaring makanan.

 

2.      Peserta didik dapat mendeskripsikan proses transformasi antarmakhluk hidup dalam suatu ekosistem.

 

3.      Peserta didik dapat mendeskripsikan bagaimana transformasi energi dalam suatu  ekosistem berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh lingkungan abiotik dan biotik dengan tepat.

Pilihan Ganda

6

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan makna rantai makanan dengan tepat.

Pilihan Ganda

7

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan peran produsen dan konsumen dengan tepat.

Pilihan Ganda

8

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengurutkan rantai makanan yang terjadi dalam suatu ekosistem dengan tepat.

Pilihan Ganda

9

Disajikan rantai makanan, peserta didik mampu menentukan populasi yang terjadi pada rantai makanan tersebut dengan tepat.

Pilihan Ganda

10

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menuliskan perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan tepat

Essay

3

Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan

1.      Peserta didik dapat memanfaatkan gaya magnet untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

 

2.      Peserta didik dapat mendeskripsikan bagaimana energi listrik diperoleh dan digunakan.

 

3.      Peserta didik dapat menggunakan perangkat teknologi yang memanfaatkan perubahan energi listrik.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan reaksi gaya magnet jika dua buah kutub didekatkan  dengan benar. 

Pilihan Ganda

11

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan cara membuat magnet dengan tepat

Pilihan Ganda

12

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian magnet dengan tepat

Pilihan Ganda

13

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan nama ilmuan penemu dari salah satu barang elektronik dengan tepat.

Pilihan Ganda

14

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan nama ilmuan penemu dari salah satu barang elektronik dengan tepat.

Pilihan Ganda

15

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan alat-alat yang menggunakan pemanfaatan magnet dengan tepat.

Essay

4

Mari Berkenalan dengan Bumi Kita

1.      Peserta didik dapat mengetahui struktur lapisan Bumi (litosfer,  hidrosfer, dan atmosfer) dan kenampakan alam yang ada di daratan maupun perairan.

2.      Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya siklus air dan perubahan-perubahan di permukaan Bumi.

 

3.      Peserta didik dapat menceritakan kembali proses pergerakan lempeng Bumi yang terjadi akibat arus konveksi cairan di mantel Bumi

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi sesuai dengan letaknya  dengan tepat. 

Pilihan Ganda

16

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi dari lapisan ozon di atmosfer dengan tepat.

Pilihan Ganda

17

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan karakter dari masing-masing lapisan atmosfer bumi dengan tepat

Pilihan Ganda

18

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi sesuai dengan karkateristiknya dengan tepat. 

Pilihan Ganda

19

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan lapisan bumi dengan tepat. 

Pilihan Ganda

20

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan tentang lapisan-lapisan atmosfer bumi dengan tepat

Essay

5

 

Subscribe to receive free email updates: