KISI – KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : SENI RUPA
MATERI |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
Mengenal Unsur
dan Prinsip Seni Rupa pada Objek di Sekitar Kita |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mampu mengalami,
merasakan, meresepon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya
seni rupa dari berbagai budaya dan era. 2. Peserta didik mengamati, merekam dan
mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. Elemen Merefleksikan 1. Peserta didik menghargai pengalaman dan
pembelajaran artistik. Elemen Berdampak 1. Peserta didik memilih, menganalisa,
menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang berdampak
pada diri sendiri dan orang lain. |
1. Peserta didik dapat menemukan minimal
tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar. 2. Peserta didik dapat mendeteksi unsur
seni rupa yang terdapat dalam objek yang membentuk ritme tertentu di
lingkungan sekitar. 3. Peserta didik dapat menyimpulkan konsep
prinsip ritme dalam seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar
dengan benar. 4. Peserta didik dapat menggambar prinsip
ritme dalam seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur dasar dari seni rupa dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
1 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh bentuk geometris dan non
geometris dengan benar. |
Pilihan Ganda |
2 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur
seni rupa bidang dengan benar. |
Pilihan Ganda |
3 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur
unsur-unsur karya seni rupa dengan benar. |
Uraian |
1 |
|||
Menggambar
Prinsip Ritme dalam Seni Rupa |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka
media, bahan, alat, teknologi dan proses. Elemen Menciptakan 1. Peserta didik mampu mempelajari
bagaimana menggunakan aneka aneka media, bahan alat, teknologi dan proses
dengan keterampilan dan keluwesan yang makin meningkat. Elemen Merefleksikan 1. Peserta didik mampu mengamati,
memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain
sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik. |
1. Peserta didik dapat menemukan prinsip
ritme dalam sebuah karya seni atau objek yang terdapat di lingkungan sekitar. 2. Peserta didik dapat menganalisis prinsip
ritme dalam sebuah karya seni atau objek yang terdapat di lingkungan sekitar. 3. Peserta didik dapat menyimpulkan unsur
seni rupa yang membentuk ritme dalam seni rupa. 4. Peserta didik dapat menggambar ekspresif
dengan menunjukkan prinsip ritme seni rupa di dalamnya. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan ritme dari unsur suatu garis
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
4 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi
prinsip seni rupa dengan benar. |
Pilihan Ganda |
5 |
|||
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan ritme yang ditunjukkan oleh gambar
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
6 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan ritme
dalam seni rupa dengan benar. |
Uraian |
2 |
|||
Mengenal dan
Mengeksplorasi Ikatan dan Simpul |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mengalami, merasakan,
merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari
berbagai budaya dan era. 2. Peserta didik mampu mengamati, merekam
dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. Elemen Menciptakan 1. Peserta didik mampu memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan tertentu. Elemen Merefleksikan 1. Peserta didik mampu mengamati,
memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain
sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik. |
1. Peserta didik dapat menentukan produk
karya seni ikatan dan menyimpul. 2. Peserta didik dapat menganalisis cara
pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul yang berada di daerah sekitar. 3. Peserta didik dapat memilih aneka
bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul. 4. Peserta didik dapat merancang karya seni
dengan teknik ikatan dan menyimpul sesuai ide dan kreatifitasnya sendiri. |
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan simpul yang digunakan pada gambar
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
7 |
Disajikan
gambar, peserta didik mampu menentukan simpul yang digunakan pada gambar
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
8 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan
jenis-jenis sampul dalam pembuatan karya seni dengan benar. |
Uraian |
3 |
|||
Membuat Karya
Seni Makrame Sederhana |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka
media, bahan, alat, teknologi dan proses. 2. Peserta didik mampu mengamati, merekam
dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. Elemen Menciptakan 1. Peserta didik mampu memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan tertentu. |
1. Peserta didik dapat menemukan karya seni
makrame. 2. Peserta didik dapat menguraikan aneka
bahan yang dapat digunakan untuk karya seni makrame. 3. Peserta didik dapat menganalisis aneka
simpul dalam penciptaan karya seni makrame. 4. Peserta didik dapat memilih simpul untuk
proses penciptaan karya seni makrame. 5. Peserta didik dapat menciptakan karya
seni makrame sesuai ide dan kreativitasnya sendiri. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan benda yang menggunakan teknik
makrame dengan benar. |
Pilihan Ganda |
9 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bahan alam maupun bahan buatan
untuk pembuatan makrame dengan benar. |
Pilihan Ganda |
10 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan hasil karya makrame dengan benar. |
Pilihan Ganda |
11 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya makrame berdasarkan
fungsinya dengan benar. |
Pilihan Ganda |
12 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan makrame dengan benar. |
Uraian |
4 |
|||
Mengenal dan
Mengeksplorasi Aneka Anyaman |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mampu mengalami,
merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni
rupa dari berbagai budaya dan era. 2. Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka
media, bahan, alat, teknologi dan proses. Elemen Merefleksikan 1. Peserta didik mampu menghargai
pengalaman dan pembelajaran artistik. 2. Peserta didik mampu mengamati,
memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain
sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik. |
1. Peserta didik dapat menentukan tiga nama
karya seni anyaman di daerah sekitar. 2. Peserta didik dapat menguraikan tiga
jenis bahan untuk membuat karya seni anyaman di daerah sekitar. 3. Peserta didik dapat menyusun
langkah-langkah dalam proses pembuatan karya seni anyaman. 4. Peserta didik dapat menciptakan karya
seni anyaman sederhana dengan aneka media sesuai kreatifitasnya sendiri. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya dari anyaman dengan
benar |
Pilihan Ganda |
13 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya dari anyaman dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar. |
Pilihan Ganda |
14 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan pengertian seni anyaman dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
15 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bahan-bahan pembuat anyaman
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
16 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan perbedaan anyaman dua dimensi
dengan anyaman tiga dimensi dengan benar. |
Pilihan Ganda |
19 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya anyaman berdasarkan
fungsinya dengan benar. |
Pilihan Ganda |
20 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis/Teknik
menganyam dengan benar. |
Uraian |
5 |
|||
Membuat Souvenir
dari Anyaman |
Elemen Mengalami 1. Peserta didik mampu mengalami, merasakan, merespon dan
bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai
budaya dan era. 2. Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka
media, bahan, alat, teknologi dan proses. 3. Peserta didik mampu mengamati, merekam
dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa. Elemen Menciptakan 1. Peserta didik mampu memilih, menggunakan
dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang
sesuai dengan tujuan tertentu. |
1. Peserta didik dapat menentukan tiga nama
kerajinan souvenir anyaman. 2. Peserta didik dapat menguraikan tiga
bahan kerajinan souvenir anyaman. 3. Peserta didik dapat mengevaluasi aneka
jenis kerajinan souvenir dengan berbagai teknik pembuatannya. 4. Peserta didik dapat menciptakan karya
seni kerajinan souvenir dengan teknik anyaman sesuai kreatifitasnya sendiri. |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam
membuat souvenir dengan benar. |
Pilihan Ganda |
17 |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis-jenis souvenir dengan benar. |
Pilihan Ganda |
18 |