KISI – KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER SENI RUPA

 


KISI – KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Kelas/Semester            : V/1

Mata Pelajaran : SENI RUPA

 

MATERI

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NO SOAL

Mengenal Unsur dan Prinsip Seni Rupa pada Objek di Sekitar Kita

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mampu mengalami, merasakan, meresepon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era.

2.      Peserta didik mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa.

 

Elemen Merefleksikan

1.      Peserta didik menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik.

 

Elemen Berdampak

1.      Peserta didik memilih, menganalisa, menghasilkan karya untuk membangun kepribadian dan karakter yang berdampak pada diri sendiri dan orang lain.

1.      Peserta didik dapat menemukan minimal tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.

2.      Peserta didik dapat mendeteksi unsur seni rupa yang terdapat dalam objek yang membentuk ritme tertentu di lingkungan sekitar.

3.      Peserta didik dapat menyimpulkan konsep prinsip ritme dalam seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar dengan benar.

4.      Peserta didik dapat menggambar prinsip ritme dalam seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur dasar dari seni rupa dengan benar. 

Pilihan Ganda

1

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan contoh bentuk geometris dan non geometris dengan benar. 

Pilihan Ganda

2

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur seni rupa bidang dengan benar. 

Pilihan Ganda

3

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan unsur unsur-unsur karya seni rupa dengan benar.

Uraian

1

Menggambar Prinsip Ritme dalam Seni Rupa

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

 

Elemen Menciptakan

1.      Peserta didik mampu mempelajari bagaimana menggunakan aneka aneka media, bahan alat, teknologi dan proses dengan keterampilan dan keluwesan yang makin meningkat.

 

Elemen Merefleksikan

1.      Peserta didik mampu mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik.

1.      Peserta didik dapat menemukan prinsip ritme dalam sebuah karya seni atau objek yang terdapat di lingkungan sekitar.

2.      Peserta didik dapat menganalisis prinsip ritme dalam sebuah karya seni atau objek yang terdapat di lingkungan sekitar.

3.      Peserta didik dapat menyimpulkan unsur seni rupa yang membentuk ritme dalam seni rupa.

4.      Peserta didik dapat menggambar ekspresif dengan menunjukkan prinsip ritme seni rupa di dalamnya.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan ritme dari unsur suatu garis dengan benar. 

Pilihan Ganda

4

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan fungsi prinsip seni rupa dengan benar. 

Pilihan Ganda

5

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan ritme yang ditunjukkan oleh gambar dengan benar. 

Pilihan Ganda

6

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan ritme dalam seni rupa dengan benar. 

Uraian

2

Mengenal dan Mengeksplorasi Ikatan dan Simpul

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era.

2.      Peserta didik mampu mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa.

 

Elemen Menciptakan

1.      Peserta didik mampu memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

 

Elemen Merefleksikan

1.      Peserta didik mampu mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik.

1.      Peserta didik dapat menentukan produk karya seni ikatan dan menyimpul.

2.      Peserta didik dapat menganalisis cara pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul yang berada di daerah sekitar.

3.      Peserta didik dapat memilih aneka bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan karya seni ikatan dan menyimpul.

4.      Peserta didik dapat merancang karya seni dengan teknik ikatan dan menyimpul sesuai ide dan kreatifitasnya sendiri.

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan simpul yang digunakan pada gambar dengan benar. 

Pilihan Ganda

7

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan simpul yang digunakan pada gambar dengan benar. 

Pilihan Ganda

8

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis-jenis sampul dalam pembuatan karya seni dengan benar. 

Uraian

3

Membuat Karya Seni Makrame Sederhana

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

2.      Peserta didik mampu mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa.

 

Elemen Menciptakan

1.      Peserta didik mampu memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

1.      Peserta didik dapat menemukan karya seni makrame.

2.      Peserta didik dapat menguraikan aneka bahan yang dapat digunakan untuk karya seni makrame.

3.      Peserta didik dapat menganalisis aneka simpul dalam penciptaan karya seni makrame.

4.      Peserta didik dapat memilih simpul untuk proses penciptaan karya seni makrame.

5.      Peserta didik dapat menciptakan karya seni makrame sesuai ide dan kreativitasnya sendiri.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan benda yang menggunakan teknik makrame dengan benar.

Pilihan Ganda

9

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bahan alam maupun bahan buatan untuk pembuatan makrame dengan benar.

Pilihan Ganda

10

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan hasil karya makrame dengan benar.

Pilihan Ganda

11

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya makrame berdasarkan fungsinya dengan benar.

Pilihan Ganda

12

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan makrame dengan benar.

Uraian

4

Mengenal dan Mengeksplorasi Aneka Anyaman

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mampu mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era.

2.      Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

 

Elemen Merefleksikan

1.      Peserta didik mampu menghargai pengalaman dan pembelajaran artistik.

2.      Peserta didik mampu mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik.

1.      Peserta didik dapat menentukan tiga nama karya seni anyaman di daerah sekitar.

2.      Peserta didik dapat menguraikan tiga jenis bahan untuk membuat karya seni anyaman di daerah sekitar.

3.      Peserta didik dapat menyusun langkah-langkah dalam proses pembuatan karya seni anyaman.

4.      Peserta didik dapat menciptakan karya seni anyaman sederhana dengan aneka media sesuai kreatifitasnya sendiri.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya dari anyaman dengan benar

Pilihan Ganda

13

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya dari anyaman dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Pilihan Ganda

14

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan pengertian seni anyaman dengan benar.

Pilihan Ganda

15

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan bahan-bahan pembuat anyaman dengan benar.

Pilihan Ganda

16

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan perbedaan anyaman dua dimensi dengan anyaman tiga dimensi dengan benar.

Pilihan Ganda

19

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hasil karya anyaman berdasarkan fungsinya dengan benar.

Pilihan Ganda

20

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis/Teknik menganyam dengan benar.

Uraian

5

Membuat Souvenir dari Anyaman

Elemen Mengalami

1.      Peserta didik mampu mengalami, merasakan, merespon dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni rupa dari berbagai budaya dan era.

2.      Peserta didik mampu mengeksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses.

3.      Peserta didik mampu mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi rupa.

 

Elemen Menciptakan

1.      Peserta didik mampu memilih, menggunakan dan/atau menerapkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

1.      Peserta didik dapat menentukan tiga nama kerajinan souvenir anyaman.

2.      Peserta didik dapat menguraikan tiga bahan kerajinan souvenir anyaman.

3.      Peserta didik dapat mengevaluasi aneka jenis kerajinan souvenir dengan berbagai teknik pembuatannya.

4.      Peserta didik dapat menciptakan karya seni kerajinan souvenir dengan teknik anyaman sesuai kreatifitasnya sendiri.

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat souvenir dengan benar.

Pilihan Ganda

17

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan jenis-jenis souvenir dengan benar.

Pilihan Ganda

18

 

 

Subscribe to receive free email updates: