KISI – KISI SOALSUMATIF AKHIR SEMESTER Kelas/Semester : V/1

 


KISI – KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Kelas/Semester            : V/1


KISI – KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER

 

Kelas/Semester            : V/1

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

 

MATERI

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NO SOAL

Aku yang Unik

1.      Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur dengan mengidentifikasikan ciri objek dan urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio

2.      Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual.

3.      Berbicara dan Mempresen-tasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, kreatif, dan kritis; mempresen-tasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Menulis

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki   makna   denotatif,   konotatif,   dan   kiasan.

Peserta  didik  menyampai-kan  perasaan  berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosa-kata secara kreatif.

1.      Melalui kegiatan berbicara dengan volume dan konteks yang tepat dan jelas, peserta didik dapat memperkenalkan diri di depan kelas.

2.      Melalui kegiatan menulis puisi akrostik, peserta didik dapat terampil dan terbiasa menulis indah.

3.      Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat membandingkan objek berdasarkan pemahamannya terha-dap tulisan dan gambar.

4.      Melalui kegiatan menyimak, peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman dan pemaknaannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.

5.      Melalui pemahaman kosakata tentang kata sifat, peserta didik dapat menerangkan dan mendeskripsikan sifatnya.

6.      Melalui kegiatan berbicara, peserta didik dapat mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain.

7.      Melalui kegiatan mengenal dan membaca kamus, peserta didik dapat menggunakan kamus untuk mencari informasi, menemukan makna kata sifat secara tepat dan akurat.

8.      Melalui kegiatan pengenalan atas kata berimbuhan pe-, peserta didik dapat mengetahui bagaimana membentuk kata sifat dengan penambahan kata berimbuhan pe-.

9.      Melalui kegiatan membaca, peserta didik dapat membandingkan objek atau keadaan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar.

10.  Melalui penggunaan kamus, peserta didik dapat menentukan persamaan kata (sinonim) dan lawan kata (antonim) dari daftar kata sifat yang ada secara tepat dan akurat.

11.  Melalui membaca contoh penulisan jurnal membaca, peserta didik dapat belajar menyampaikan pendapatnya tentang buku cerita yang dibaca.

12.  Melalui kegiatan menulis, peserta didik mampu menuliskan kalimat majemuk setara dengan menggu-nakan kata hubung yang tepat.

13.  Melalui kegiatan berbicara, peserta didik dapat mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain.

14.  Melalui kegiatan menulis dengan struktur deskripsi, peserta didik dapat membuat teks sederhana dan bermakna tentang persahabatan.

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan sinonim dari sebuah kata dengan benar.

Pilihan Ganda

1

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan antonim dari sebuah kata dengan benar.

Pilihan Ganda

2

Disajikan kalimat tunggal, peserta didik mampu menyebutkan kata penghubung agar menjadi kalimat majemuk  dengan benar.

Pilihan Ganda

3

Disajikan teks, peserta didik mampu menentukan makna dari sebuah kata dengan benar

Pilihan Ganda

 

4

 

Buku Jendela Dunia

1.      Melalui kegiatan presentasi, peserta didik dapat menginformasikan secara runut hasil pengamatannya dengan menyertakan contoh atau petunjuk untuk mendukung pendapatnya.

2.      Melalui kegiatan menyimak dan membaca dalam hati, peserta didik mampu mengenali fungsi tanda baca dan pengaruhnya pada intonasi yang membuat pembaca mampu memahami isi bacaan dengan lebih baik.

3.      Melalui kegiatan menyimak dengan saksama, peserta didik mampu memahami unsur-unsur intrinsik cerita.

4.      Melalui kegiatan presentasi, peserta didik dapat dan mempraktikkan penggunaan intonasi dan teknik presentasi cerita yang tepat sehingga dapat menarik perhatian atau minat pendengarnya.

5.      Melalui pembahasan tentang gaya bahasa, peserta didik mampu memahami cara pemilihan bahasa oleh penulis untuk menyampaikan pesan tertentu dengan makna kiasan.

6.      Melalui pembahasan  penulisan kalimat langsung  dan tidak langsung, peserta didik mampu memahami fungsi tanda baca dan cara membaca kalimat tersebut dengan tepat.

7.      Melalui kegiatan  membaca “Serba-Serbi Kelinci”, peserta didik dapat mengidentifikasi sumber informasi lain yang menyebutkan karakter yang sama seperti teks lainnya dengan konsep tujuan penulisan yang berbeda.

8.      Melalui pengetahuan atas cara membedakan informasi yang bersifat fakta dan fiksi, peserta didik dapat mengklasifikasi pemahamannya dan  meningkatkan kemampuan literasi-nya.

9.      Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu menceritakan secara runut proses membuat buku beserta orang-orang yang berperan di dalamnya.

10.  Melalui kegiatan pengenalan bagian-bagian buku, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks dari isi buku tersebut: apakah teks naratif atau informasional.

11.  Melalui kegiatan jurnal membaca, peserta didik dapat berlatih menuliskan pendapatnya atas buku yang sudah dibaca.

12.  Melalui pemahaman akan unsur intrinsik cerita, penggunaan tanda baca pada teks naratif yang menggunakan dialog, dan penggunaan proses menulis, peserta didik mampu menulis sebuah teks naratif sederhana yang menarik pembaca.

Disajikan penggalan teks cerita, peserta didik mampu menyebutkan tokoh dalam teks cerita tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

5

Disajikan puisi, peserta didik mampu menentukan majas yang digunakan dalam puisi tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

6

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan makna dari kata kiasan yang ada pada kalimat tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

7

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan tugas dari ilustrator, editor, desain grafis, dan penerbit dengan benar.

Pilihan Ganda

8

Disajikan teks cerita, peserta didik mampu menemukan dan menuliskan majas pada cerita tersebut dengan benar.

Essay

1

Ekspresi Diri Melalui Hobi

1.      Melalui kegiatan menyimak petunjuk yang diberikan dengan saksama, peserta didik dapat belajar memahami dan menganalisis petunjuk untuk menemukan jawaban.

2.      Melalui kosakata baru, peserta didik mampu mengenali dan mengucapkan kata-kata baru yang digunakan dalam teks “Ekspresi Diri melalui Hobi”.

3.      Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu mengenal jenis imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.

4.      Melalui kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu menganalisis maupun mengaplikasikan jenis imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah.

5.      Melalui kegiatan presentasi/ bercerita, peserta didik dapat berbagi dengan menceritakan tentang hobinya ke peserta didik lain.

6.      Melalui pembahasan tentang menulis surat pribadi kepada seseorang/tokoh dalam artikel sebagai apresiasi dari kegiatan yang dilakukan orang tersebut.

7.      Melalui kegiatan membaca konsep teks prosedur, peserta didik dapat memahami definisi, tujuan, ciri-ciri, struktur, dan penggunaan teks prosedur.

8.      Melalui kegiatan menyimak panduan membuat kreasi, peserta didik dapat menuliskan kembali langkah-langkah tersebut ke dalam buku tulis kemudian mempraktikkannya.

9.      Melalui kegiatan menulis, peserta didik dapat berbagi dengan cara menulis kalimat prosedur untuk mengajarkan cara melakukan atau membuat sesuatu sesuai dengan hobi atau kegemaran peserta didik.

Disajikan teks prosedur, peserta didik mampu mengurutkan kalimat-kalimat agar menjadi teks prosedur yang benar.

Pilihan Ganda

9

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan judul yang tepat untuk teks prosedur.

Pilihan Ganda

10

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan imbuhan yang tepat untuk kata pada kalimat tersebut.

Pilihan Ganda

11

Disajikan surat, peserta didik mampu menentukan kalimat penutup surat dengan benar.

Pilihan Ganda

12

Disajikan gambar prosedur, peserta didik mampu mengurutkan gambar tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

13

Disajikan teks cerita hobi, peserta didik mampu menyebutkan hobi dalam cerita tersebut dengan benar

Pilihan Ganda

14

Disajikan teks prosedur, peserta didik mampu menuliskan akhiran yang tepat untuk kalimat yang terdapat pada teks prosedur dengan benar.

Essay

2

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menuliskan cerita tentang hobi dengan benar.

Essay

4

Belajar Berwirausaha

1.      Melalui kegiatan membaca tabel hasil survei yang berisi gambar dan angka, peserta didik dapat memahami informasi yang terdapat di dalam tabel tersebut dan menentukan apa yang perlu dilakukan berdasarkan data tersebut.

2.      Melalui kegiatan menulis, peserta didik dapat membuat kalimat berdasarkan kosa-kata baru yang didapat dari teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”.

3.      Melalui kegiatan membaca teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”, peserta didik dapat memahami isi teks dengan bantuan kata tanya panduan seperti apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.      Setelah memahami teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusaha-an”, peserta didik berdiskusi dengan peserta didik lain mengenai isi teks tersebut kemudian mempresentasikannya di depan kelas.

5.      Melalui latihan ini, peserta didik dapat menentukan ide pokok pada setiap paragraf dari teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”.

6.      Melalui kegiatan bahas bahasa mengenai idiom, peserta didik dapat memahami dan mengidentifikasi idiom beserta maknanya.

7.      Melalui kegiatan berdiskusi berpasangan, peserta didik dapat menyajikan data sesuai dengan tujuan dilakukannya wawancara.

8.      Melalui kegiatan bermain peran, peserta didik dapat berlatih kemampuan berbi-cara saat wawancara. Saat latihan, peserta didik juga sambil  melengkapi bagian yang rumpang dari teks wawancara yang sedang diperankan.

9.      Melalui kegiatan kreativitas, peserta didik dapat melakukan praktik wawan-cara secara langsung dan mendapatkan pengalaman nyata dalam melakukan wawancara.

10.  Melalui kegiatan menulis, peserta didik dapat menulis sebuah teks deskripsi yang ia kembangkan berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan di kegiatan sebelumnya.

11.  Melalui kegiatan jurnal membaca, peserta didik dapat membaca buku atau teks yang menceritakan hidup seorang tokoh (biografi). Dengan begitu peserta didik akan mendapatkan kisah tokoh yang menginspirasi dari sumber lain yang mungkin salah satu yang peserta didik baca berhubungan dengan dunia kewirausahaan.

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan pertanyaan wawancara berdasarkan gambar dengan benar.

Pilihan Ganda

15

Disajikan pertanyaan wawancara, peserta didik mampu melengkapi pertanyaan tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

16

Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menentukan ide pokok pada bacaan tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

17

Disajikan teks, peserta didik mampu menyebutkan sikap tokoh berdasarkan teks cerita dengan benar.

Pilihan Ganda

18

Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan makna kiasan pada kalimat tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

19

Disajikan teks jawaban wawancara, peserta didik mampu menentukan pertanyaan yang sesuai berdasarkan jawaban tersebut dengan benar.

Pilihan Ganda

20

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu membuat daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.

Essay

3

Disajikan teks percakapan wawancara, peserta didik mampu melengkapi teks percakapan wawancara tersebut dengan benar.

Essay

5

 


Subscribe to receive free email updates: