KISI – KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Semester : V/1
KISI – KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Semester : V/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
MATERI |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
Aku yang Unik |
1. Menyimak Peserta didik mampu menganalisis
informasi berupa fakta, prosedur dengan mengidentifikasikan ciri objek dan
urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks informatif
dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan
dan/atau didengar) dan audio 2. Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu membaca
kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta
memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal,
konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter.
Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi
dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan
pantun, puisi) dari teks dan/atau audiovisual. 3. Berbicara dan Mempresen-tasikan Peserta didik mampu menyampaikan
informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur
sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru yang memiliki makna
denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat sesuai dengan norma
budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik
menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan
orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan
penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan gagasan,
hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, kreatif,
dan kritis; mempresen-tasikan imajinasi secara kreatif. 4. Menulis Peserta didik mampu menulis teks
eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan,
pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan
hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan
kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan
norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna
denotatif, konotatif, dan
kiasan. Peserta didik
menyampai-kan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri
sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi
dengan penggunaan kosa-kata secara kreatif. |
1. Melalui
kegiatan berbicara dengan volume dan konteks yang tepat dan jelas, peserta
didik dapat memperkenalkan diri di depan kelas. 2. Melalui
kegiatan menulis puisi akrostik, peserta didik dapat terampil dan terbiasa
menulis indah. 3. Melalui
kegiatan membaca, peserta didik dapat membandingkan objek berdasarkan
pemahamannya terha-dap tulisan dan gambar. 4. Melalui
kegiatan menyimak, peserta didik dapat menjelaskan makna kosakata baru pada
teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman dan pemaknaannya terhadap tulisan
dan gambar pendukung. 5. Melalui
pemahaman kosakata tentang kata sifat, peserta didik dapat menerangkan dan
mendeskripsikan sifatnya. 6. Melalui
kegiatan berbicara, peserta didik dapat mengelaborasi perasaan diri sendiri
dan orang lain. 7. Melalui
kegiatan mengenal dan membaca kamus, peserta didik dapat menggunakan kamus
untuk mencari informasi, menemukan makna kata sifat secara tepat dan akurat. 8. Melalui
kegiatan pengenalan atas kata berimbuhan pe-, peserta didik dapat mengetahui bagaimana
membentuk kata sifat dengan penambahan kata berimbuhan pe-. 9. Melalui
kegiatan membaca, peserta didik dapat membandingkan objek atau keadaan
berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar. 10. Melalui
penggunaan kamus, peserta didik dapat menentukan persamaan kata (sinonim) dan
lawan kata (antonim) dari daftar kata sifat yang ada secara tepat dan akurat. 11. Melalui
membaca contoh penulisan jurnal membaca, peserta didik dapat belajar
menyampaikan pendapatnya tentang buku cerita yang dibaca. 12. Melalui
kegiatan menulis, peserta didik mampu menuliskan kalimat majemuk setara
dengan menggu-nakan kata hubung yang tepat. 13. Melalui
kegiatan berbicara, peserta didik dapat mengelaborasi perasaan diri sendiri
dan orang lain. 14. Melalui
kegiatan menulis dengan struktur deskripsi, peserta didik dapat membuat teks
sederhana dan bermakna tentang persahabatan. |
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan sinonim dari sebuah kata dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
1 |
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan antonim dari sebuah kata dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
2 |
|||
Disajikan
kalimat tunggal, peserta didik mampu menyebutkan kata penghubung agar menjadi
kalimat majemuk dengan benar. |
Pilihan Ganda |
3 |
|||
Disajikan teks,
peserta didik mampu menentukan makna dari sebuah kata dengan benar |
Pilihan Ganda |
4 |
|||
Buku Jendela
Dunia |
1. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik dapat menginformasikan secara runut hasil
pengamatannya dengan menyertakan contoh atau petunjuk untuk mendukung
pendapatnya. 2. Melalui
kegiatan menyimak dan membaca dalam hati, peserta didik mampu mengenali
fungsi tanda baca dan pengaruhnya pada intonasi yang membuat pembaca mampu
memahami isi bacaan dengan lebih baik. 3. Melalui
kegiatan menyimak dengan saksama, peserta didik mampu memahami unsur-unsur
intrinsik cerita. 4. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik dapat dan mempraktikkan penggunaan
intonasi dan teknik presentasi cerita yang tepat sehingga dapat menarik
perhatian atau minat pendengarnya. 5. Melalui
pembahasan tentang gaya bahasa, peserta didik mampu memahami cara pemilihan
bahasa oleh penulis untuk menyampaikan pesan tertentu dengan makna kiasan. 6. Melalui
pembahasan penulisan kalimat
langsung dan tidak langsung, peserta
didik mampu memahami fungsi tanda baca dan cara membaca kalimat tersebut
dengan tepat. 7. Melalui
kegiatan membaca “Serba-Serbi
Kelinci”, peserta didik dapat mengidentifikasi sumber informasi lain yang
menyebutkan karakter yang sama seperti teks lainnya dengan konsep tujuan
penulisan yang berbeda. 8. Melalui
pengetahuan atas cara membedakan informasi yang bersifat fakta dan fiksi,
peserta didik dapat mengklasifikasi pemahamannya dan meningkatkan kemampuan literasi-nya. 9. Melalui
kegiatan presentasi, peserta didik mampu menceritakan secara runut proses membuat
buku beserta orang-orang yang berperan di dalamnya. 10. Melalui
kegiatan pengenalan bagian-bagian buku, peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis teks dari isi buku tersebut: apakah teks naratif atau informasional. 11. Melalui
kegiatan jurnal membaca, peserta didik dapat berlatih menuliskan pendapatnya
atas buku yang sudah dibaca. 12. Melalui
pemahaman akan unsur intrinsik cerita, penggunaan tanda baca pada teks
naratif yang menggunakan dialog, dan penggunaan proses menulis, peserta didik
mampu menulis sebuah teks naratif sederhana yang menarik pembaca. |
Disajikan
penggalan teks cerita, peserta didik mampu menyebutkan tokoh dalam teks
cerita tersebut dengan benar. |
Pilihan Ganda |
5 |
|
Disajikan puisi,
peserta didik mampu menentukan majas yang digunakan dalam puisi tersebut
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
6 |
|||
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan makna dari kata kiasan yang ada pada
kalimat tersebut dengan benar. |
Pilihan Ganda |
7 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan tugas dari ilustrator, editor,
desain grafis, dan penerbit dengan benar. |
Pilihan Ganda |
8 |
|||
Disajikan teks
cerita, peserta didik mampu menemukan dan menuliskan majas pada cerita
tersebut dengan benar. |
Essay |
1 |
|||
Ekspresi Diri
Melalui Hobi |
1. Melalui
kegiatan menyimak petunjuk yang diberikan dengan saksama, peserta didik dapat
belajar memahami dan menganalisis petunjuk untuk menemukan jawaban. 2. Melalui
kosakata baru, peserta didik mampu mengenali dan mengucapkan kata-kata baru
yang digunakan dalam teks “Ekspresi Diri melalui Hobi”. 3. Melalui
kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu mengenal jenis imbuhan, yakni
imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan dan -lah. 4. Melalui
kegiatan bahas bahasa, peserta didik mampu menganalisis maupun
mengaplikasikan jenis imbuhan, yakni imbuhan berawalan me- dan akhiran -kan
dan -lah. 5. Melalui
kegiatan presentasi/ bercerita, peserta didik dapat berbagi dengan
menceritakan tentang hobinya ke peserta didik lain. 6. Melalui
pembahasan tentang menulis surat pribadi kepada seseorang/tokoh dalam artikel
sebagai apresiasi dari kegiatan yang dilakukan orang tersebut. 7. Melalui
kegiatan membaca konsep teks prosedur, peserta didik dapat memahami definisi,
tujuan, ciri-ciri, struktur, dan penggunaan teks prosedur. 8. Melalui
kegiatan menyimak panduan membuat kreasi, peserta didik dapat menuliskan
kembali langkah-langkah tersebut ke dalam buku tulis kemudian
mempraktikkannya. 9. Melalui
kegiatan menulis, peserta didik dapat berbagi dengan cara menulis kalimat
prosedur untuk mengajarkan cara melakukan atau membuat sesuatu sesuai dengan
hobi atau kegemaran peserta didik. |
Disajikan teks
prosedur, peserta didik mampu mengurutkan kalimat-kalimat agar menjadi teks
prosedur yang benar. |
Pilihan Ganda |
9 |
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan judul yang tepat untuk teks
prosedur. |
Pilihan Ganda |
10 |
|||
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan imbuhan yang tepat untuk kata pada
kalimat tersebut. |
Pilihan Ganda |
11 |
|||
Disajikan surat,
peserta didik mampu menentukan kalimat penutup surat dengan benar. |
Pilihan Ganda |
12 |
|||
Disajikan gambar
prosedur, peserta didik mampu mengurutkan gambar tersebut dengan benar. |
Pilihan Ganda |
13 |
|||
Disajikan teks
cerita hobi, peserta didik mampu menyebutkan hobi dalam cerita tersebut
dengan benar |
Pilihan Ganda |
14 |
|||
Disajikan teks
prosedur, peserta didik mampu menuliskan akhiran yang tepat untuk kalimat
yang terdapat pada teks prosedur dengan benar. |
Essay |
2 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menuliskan cerita tentang hobi dengan benar. |
Essay |
4 |
|||
Belajar Berwirausaha |
1. Melalui
kegiatan membaca tabel hasil survei yang berisi gambar dan angka, peserta
didik dapat memahami informasi yang terdapat di dalam tabel tersebut dan
menentukan apa yang perlu dilakukan berdasarkan data tersebut. 2. Melalui
kegiatan menulis, peserta didik dapat membuat kalimat berdasarkan kosa-kata
baru yang didapat dari teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”. 3. Melalui
kegiatan membaca teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”,
peserta didik dapat memahami isi teks dengan bantuan kata tanya panduan
seperti apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 4. Setelah
memahami teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusaha-an”, peserta
didik berdiskusi dengan peserta didik lain mengenai isi teks tersebut
kemudian mempresentasikannya di depan kelas. 5. Melalui
latihan ini, peserta didik dapat menentukan ide pokok pada setiap paragraf
dari teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”. 6. Melalui
kegiatan bahas bahasa mengenai idiom, peserta didik dapat memahami dan
mengidentifikasi idiom beserta maknanya. 7. Melalui
kegiatan berdiskusi berpasangan, peserta didik dapat menyajikan data sesuai
dengan tujuan dilakukannya wawancara. 8. Melalui
kegiatan bermain peran, peserta didik dapat berlatih kemampuan berbi-cara
saat wawancara. Saat latihan, peserta didik juga sambil melengkapi bagian yang rumpang dari teks
wawancara yang sedang diperankan. 9. Melalui
kegiatan kreativitas, peserta didik dapat melakukan praktik wawan-cara secara
langsung dan mendapatkan pengalaman nyata dalam melakukan wawancara. 10. Melalui
kegiatan menulis, peserta didik dapat menulis sebuah teks deskripsi yang ia
kembangkan berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan di kegiatan
sebelumnya. 11. Melalui
kegiatan jurnal membaca, peserta didik dapat membaca buku atau teks yang
menceritakan hidup seorang tokoh (biografi). Dengan begitu peserta didik akan
mendapatkan kisah tokoh yang menginspirasi dari sumber lain yang mungkin
salah satu yang peserta didik baca berhubungan dengan dunia kewirausahaan. |
Disajikan gambar,
peserta didik mampu menentukan pertanyaan wawancara berdasarkan gambar dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
15 |
|
Disajikan
pertanyaan wawancara, peserta didik mampu melengkapi pertanyaan tersebut
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
16 |
|||
Disajikan teks
bacaan, peserta didik mampu menentukan ide pokok pada bacaan tersebut dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
17 |
|||
Disajikan teks,
peserta didik mampu menyebutkan sikap tokoh berdasarkan teks cerita dengan
benar. |
Pilihan Ganda |
18 |
|||
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan makna kiasan pada kalimat tersebut
dengan benar. |
Pilihan Ganda |
19 |
|||
Disajikan teks
jawaban wawancara, peserta didik mampu menentukan pertanyaan yang sesuai
berdasarkan jawaban tersebut dengan benar. |
Pilihan Ganda |
20 |
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu membuat daftar pertanyaan untuk melakukan
wawancara. |
Essay |
3 |
|||
Disajikan teks
percakapan wawancara, peserta didik mampu melengkapi teks percakapan
wawancara tersebut dengan benar. |
Essay |
5 |