NAMA : YURAITA
LK 2.3 Pembuatan Rencana Aksi
Perangkat Pembelajaran Inovatif
Tujuan |
Bukti penilaian |
Kegiatan belajar dan asesmen formative |
(1) |
(2) |
(3) |
Apa hasil yang diinginkan? Tujuan ini diturunkan dari CP/ KD dokumen
kurikulum dan dikaitkan dengan permasalahan yang diidentifikasi. |
Apakah bukti penilaian yang harus ada untuk
membuktikan bahwa siswa telah mencapai/ menuju tujuan pembelajaran? |
Kegiatan
atau aktivitas apa yang secara bertahap dapat membantu siswa memberikan bukti
penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran? Kegiatan
atau aktivitas apa yang dilakukan guru (dan siswa) untuk mengetahui hambatan
siswa dan memantau ketercapaian tujuan? |
v Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang. Ø Dengan
mengamati video tentang uang, siswa dapat menganalisis nilai
dan kesetaraan pecahan mata uang dengan benar. Ø Dengan
mengamati video tentang uang dan diskusi mengerjakan LKPD 2 , siswa dapat
mengelompokkan pecahan mata uang dengan tepat. Ø Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menilai sekelompok pecahan uang yang setara
dengan benar. |
PENILAIAN (ASESMEN) •
Penilaian Sikap Ø Teknik :
Observasi selama kegiatan pembelajaran. Instrumen : Lembar observasi sikap •
Penilaian Pengetahuan ·
Teknik
: Tes Ø Instrumen :
Soal evaluasi, yang mencakup materi: •
Matematika : Pecahan Mata Uang •Penilaian
Keterampilan Teknik : Penilaian kinerja Instrumen : Rubrik Penilaian |
Sintak- Sintak
yang harus dilakukan adalah : v
PENDAHULUAN 1)
Guru melakukan pembukaan dengan mengucapkan salam. 2)
Berdoa
bersama sebelum memulai kegiatan. (PPK :Religius) 3)
Guru
dan siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk menanamkan rasa cinta akan
bangsa dan tanah air Indonesia (PPK : Nasionalisme) 4)
Siswa
melakukan tepuk semangat supaya bersemangat mengikuti pembelajaran. 5)
Guru
menginformasikan materi yang akan dipelajari. “Nah, anak- anak hari ini kita
akan belajar Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 1, tentang mata uang. 6)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. v KEGIATAN INTI Fase 1 : Orientasi siswa pada masalah ( PBL ) 7)
Siswa mengamati video pembelajaran tentang mata uang. Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=ffs7D6KaxM0) 8)
Guru menanyakan kepada siswa : “Apakah anak-anak membawa uang saku?
Untuk apa uang saku itu?” 9)
Guru mengenalkan uang logam dan uang kertas kepada siswa. 10) Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang uang. Fase 2: Mengorganisasi siswa dalam belajar (PBL) 11) guru membimbing tentang tugas (LKPD
) yang akan
mereka kerjakan selanjutnya
dan memberi tanggungjawab mengajarkannya kepada kelompoknya
(communication ). Fase 3 : Membimbing siswa ( PBL ) 12) Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi mengerjakan LKPD . 13) Guru
memandu siswa untuk menuliskan hasil diskusinya pada LKPD Fase 4 : Mengembangkan/ menyajikan hasil karya ( PBL ) 14) Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil LKPD dengan benar. Fase 5: Mengembangkan/ menyajikan hasil pekerjaan siswa ( PBL) 15) Guru
memberikan penguatan tentang materi. 16) Guru
membagikan soal evaluasi kepada siswa 17) Siswa
mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh guru v PENUTUP 18) Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti 19) Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar. 20) Melakukan
penilaian hasil belajar. 21) Mengajak semua
siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran) |
|
|
|