LK 2.3 Pembuatan Rencana Aksi

 

NAMA      : YURAITA

LK 2.3 Pembuatan Rencana Aksi

 


 

Perangkat Pembelajaran Inovatif

Tujuan

Bukti penilaian

 Kegiatan belajar dan asesmen formative

(1)

(2)

(3)

Apa hasil yang diinginkan?

Tujuan ini diturunkan dari CP/ KD dokumen kurikulum dan dikaitkan dengan permasalahan yang diidentifikasi.

Apakah bukti penilaian yang harus ada untuk membuktikan bahwa siswa telah mencapai/ menuju tujuan pembelajaran?

Kegiatan atau aktivitas apa yang secara bertahap dapat membantu siswa memberikan bukti penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran?

 

Kegiatan atau aktivitas apa yang dilakukan guru (dan siswa) untuk mengetahui hambatan siswa dan memantau ketercapaian tujuan?

v  Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

Ø  Dengan mengamati video  tentang  uang, siswa   dapat menganalisis  nilai  dan kesetaraan pecahan mata uang dengan benar.

Ø  Dengan mengamati video tentang uang dan diskusi mengerjakan LKPD 2 , siswa dapat mengelompokkan pecahan mata uang dengan tepat.

Ø  Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menilai sekelompok pecahan uang yang setara dengan benar.

 

 

 

 

 

PENILAIAN (ASESMEN)

 

    Penilaian Sikap

Ø  Teknik : Observasi selama kegiatan pembelajaran. Instrumen : Lembar observasi sikap

    Penilaian Pengetahuan

 

·         Teknik : Tes

Ø  Instrumen : Soal evaluasi, yang mencakup materi:

 

    Matematika : Pecahan Mata Uang

•Penilaian Keterampilan Teknik : Penilaian kinerja Instrumen : Rubrik Penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 Sintak- Sintak yang harus dilakukan adalah  :

v PENDAHULUAN

1)      Guru        melakukan      pembukaan      dengan mengucapkan salam.

2)      Berdoa bersama sebelum memulai kegiatan. (PPK :Religius)

3)      Guru dan siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk menanamkan rasa cinta akan bangsa dan tanah air Indonesia (PPK : Nasionalisme)

4)      Siswa melakukan tepuk semangat supaya bersemangat mengikuti pembelajaran.

5)      Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari. “Nah, anak- anak hari ini kita akan belajar Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 1, tentang mata uang.

6)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

v  KEGIATAN INTI

Fase 1 : Orientasi siswa pada masalah ( PBL )

7)      Siswa mengamati video pembelajaran tentang mata uang.

Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=ffs7D6KaxM0)

8)      Guru menanyakan kepada siswa : “Apakah anak-anak membawa uang saku? Untuk apa uang saku itu?”

9)      Guru mengenalkan uang logam dan uang kertas kepada siswa.

10)  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang uang.

Fase 2: Mengorganisasi siswa dalam belajar (PBL)

11)  guru  membimbing tentang tugas  (LKPD  )  yang  akan  mereka  kerjakan  selanjutnya  dan memberi tanggungjawab mengajarkannya kepada kelompoknya (communication ).

Fase 3 : Membimbing siswa ( PBL )

12)  Siswa bersama kelompoknya berdiskusi mengerjakan LKPD .

13)  Guru memandu siswa untuk menuliskan hasil diskusinya pada LKPD

Fase 4 : Mengembangkan/ menyajikan hasil karya ( PBL )

14)  Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil LKPD dengan benar.

Fase 5: Mengembangkan/ menyajikan hasil pekerjaan siswa ( PBL)

15)  Guru memberikan penguatan tentang materi.

16)  Guru membagikan soal evaluasi kepada siswa

17)  Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh guru

 

v  PENUTUP

18)  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti

19)  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar.

20)  Melakukan penilaian hasil belajar.

21)  Mengajak  semua  siswa  berdo’a  menurut  agama  dan  keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

 

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates: