Berikut contoh kegiatan kokurikuler lintas mata pelajaran antara IPAS dan Bahasa Indonesia untuk kelas 6 SD:
"Jelajah Alam, Cerita dari Lingkungan Sekitar"
1. Siswa memahami jenis-jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya (IPAS).
2. Siswa mampu membuat laporan pengamatan dalam bentuk tulisan deskriptif (Bahasa Indonesia).
1. Pengantar Materi (di kelas):
Guru IPAS menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam (SDA) terbarukan dan tidak terbarukan.
Guru Bahasa Indonesia mengenalkan teks deskriptif dan cara menulis laporan pengamatan.
2. Kegiatan Lapangan (Kokurikuler):
Siswa melakukan pengamatan lingkungan sekitar sekolah atau desa.
Mencatat jenis-jenis SDA yang ditemukan (air, batu, tanah, tanaman, hewan).
Mengambil foto atau menggambar hasil pengamatan (jika memungkinkan).
3. Diskusi Kelas:
Siswa berdiskusi tentang hasil temuan bersama kelompok.
Menjawab pertanyaan: “Apa yang kamu lihat?”, “Bagaimana kondisi SDA tersebut?”, “Apa manfaatnya bagi masyarakat?”
4. Menulis Teks Deskriptif:
Siswa menulis laporan singkat 1–2 paragraf tentang hasil pengamatan dalam bentuk teks deskriptif.
Contoh: “Di belakang sekolah terdapat sungai kecil yang airnya mengalir jernih. Air sungai ini digunakan warga untuk menyiram tanaman.”
5. Presentasi Hasil:
Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan dan tulisan mereka.
Guru memberi umpan balik dari sisi isi (IPAS) dan struktur bahasa (Bahasa Indonesia).
IPAS: Pemahaman terhadap jenis dan manfaat sumber daya alam.
Bahasa Indonesia: Kemampuan menulis teks deskriptif dan menyampaikan informasi lisan
Siswa membuat poster lingkungan berisi hasil pengamatan mereka.
Bisa dipajang di kelas atau lorong sekolah.