A. KOMPETENSI AWAL
- Peserta didik mengenal konsep sudut. B. PROFIL PELAJAR PANCASILA Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
- Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda- bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
- Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
- Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.
- Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan- pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
- Kreatif dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi. C. SARANA DAN PRASARANA
- Ruang Kelas
- LCD Projector
- Laptop
- Jaringan Internet/Wifi
- Alat tulis
- Kertas yang dilipat menjadi sudut siku-siku
- Penggaris
- Busur derajat
- Buku Siswa dan Buku Guru MATEMATIKA Kelas 5 serta sumber referensi lain yang relevan dengan materi pembelajaran D. TARGET PESERTA DIDIK Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus) E. Model Pembelajaran
- Tatap Muka KOMPETENSI INTI A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menemukan sudut siku-siku di lingkungan sekitar dengan
benar.
2. Peserta didik dapat memahami bagian-bagian sudut dengan benar.
3. Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis sudut dengan benar.
4. Peserta didik dapat mengelompokkan sudut berdasarkan ciri-cirinya dengan
benar.
5. Peserta didik dapat mengukur besar sudut dengan menggunakan busur
derajat dengan benar.
6. Peserta didik dapat membandingkan besar sudut dengan benar.
7. Peserta didik dapat melukis sudut dengan ukuran tertentu dengan benar.
8. Peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan sudut
dengan benar.
9. Peserta didik dapat membuat rancangan peta kota dengan menggunakan
konsep sudut dengan benar.
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir Fase C. peserta didik memperluas pemahaman dan
intuisi bilangan (number sense) dan operasi aritmetika pada
bilangan cacah; membandingkan dan mengurutkan pecahan,
mengubah bentuk pecahan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan pecahan serta melakukan operasi perkalian dan
pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengisi
nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang
berkaitan dengan operasi aritmetika; mengidentifikasi, meniru, dan
mengembangkan pola bilangan membesar yang melibatkan
perkalian dan pembagian; menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan kelipatan persekutuan terkecil (KPK), faktor persekutuan
terbesar (FPB) dan yang berkaitan dengan uang; serta bernalar
secara proporsional menggunakan operasi perkalian dan pembagian
dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio dan/atau
yang terkait dengan proporsi. Mereka dapat menentukan keliling,
luas, mengonstruksi dan mengurai dari bangun datar dan gabungan;
mengenali visualisasi spasial; membandingkan karakteristik
antarbangun datar dan antar bangun ruang, serta menentukan
lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. Mereka dapat
mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data
banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk beberapa
tampilan untuk mendapatkan informasi serta menentukan seberapa
mungkin kejadian dalam suatu percobaan acak.
Capaian Pembelajaran setiap elemen mata pelajaran Matematika
adalah sebagai berikut.
Elemen
Capaian Pembelajaran
Bilangan
Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman
dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka
3/29