SKENARIO DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.3
GURU PENGGERAK KABUPATEN PIDIE
ANGKATAN 10
Coach : assalamualikum pak, hari ini izin melaksankan
coaching ya pak…
Observer : iya baik bu, sebagaimana
sudah kita sepakati kemarin bahwasanya
ibu hari ini akan melakukan praktik coaching ya bu ya? Saya disini akan
melihat,mengamati dan juga menilai praktik yang akan ibu lakukan dengan ibu
khairul amna ,,,inshaallah pada hari ini bu ya? Disini saya bertindak sebagai
observer dengan praktik coaching menggunakan alur TIRTA dimana nanti ada
tujuan, kemudian ada identifikasi masalah, rencana aksi dan juga tanggung
jawab, seperti itu bu ya? Namun sebelum kita melakuakn observasi coaching, pada
hari ini izinkan saya ya bu mengajukan beberapa pertanyaan terkait perencanaan coaching
yang akan kita lukan hari ini
Pertanyaan yang pertama adalah
Kompetensi coaching apa yang
nantinya akan ibu lakukan?
Coach : baik pak,
nanti kompetensi
yang akan saya lakukan yaitu yang pertama
kehadiran penuh terus saya juga mendengarkan aktif, yg ketiga adalah mengajukan
pertanyaan pertanyaan yang berbobot pada coachee saya nanti pak
Observer : ok, baik bu. Berarti kompetensi yang ingin
ibu kembangkan hari ini itu adalah kehadiran penuh, mendengar aktif dan juga
mengajukan pertanyaan yang berbobot ya
bu ya?
Coach : iya benar pak
Observer: kompetensi yang ingin
dikembangkan memang inshaallah bisa terlaksana dengan baik dan maksimal.
Baik Pertanyaan Saya yang kedua
adalah
Kompetensi mana nanti yang secara
aktif dan juga spesifik yang akan ibu lakukan?
Coach: iya pak,
emmmm yang jelas nanti itu kompetensi yang spesifiknya saya akan mendengarkan
aktif pak, kemudian saya juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot
kepada coachee saya bpak, itu yang lebih spesifik buat saya bu
Observer: beraarti disini ada dua
kompetensi bu ya,kompetensi yang dikembangkan yang lebih spesifiknya itu yaitu
mendengarkan secara aktif dan mengajukan peertanyaan yang berbobot ya bu ya?
Coach:iya pak
benar.
Observer: selanjutnya izinkan saya
mengajukan pertanyaan ketiga ni bu…?
Coach: iya boleh
pak.
Observer: pertanyaan saya adalah
indikator dari pencapaian tujuan pengembangan yang ingin dicapai dari proses
coaching hari ini itu apa bu…?
Coach: emmm
indikator yang saya inginkan pak di dalam coaching saya kali ini saya sebagai
coach, emmm coachee saya itu mendapatkan solusi dan dapat menyelesaikan
permaslahan-permasalahan melalui Langkah-langkah yang telah disampaikan oleh
coachee saya pak, itu indikator saya pak.
Observer : jadi ibu indikator
pencapaiannya itu adalah supaya coachee nantinya bisa menemukan sendiri solusi
atas permasalahan yang dihadapi, begitu bu ya?
Coach : iya benar bu
Observer : bu mungkin hanya tiga
pertanyaan yang saya ajukan, coaching ini bisa terlaksanakan dengan maksimal,
proses coaching ini bisa memberikan mamfaat untuk keduanya, memberikan
pembelajran yang mungkin tersirat didalam percakapan coachingnya
Coach: eemmm iya
pak
Observer : mungkin ibu dan ibu…
sudah bisa kita mulai proses coachingnya
Coach : iya pak
Observer : disini saya sebagai
observer saya akan melakukan penilaian sesuai dengan rubrik penilaian yang
sudah ibu lihat sebelumnya, gitu bu ya
Coach : eeu eum
iya pak
Observer : baik bu…sudah bisa dimulai
proses coachingnya dengan bu khairul amna
Coach : baik pak
,terimaksih ya pak..
Observer : sama-sama
Tujuan
Coach : Assalamualaikum Bu mahya
Coache : waalaikumsalam Bu amna
Coach: Bu mahya apa khabar
Coache : Alhamdulillah baik, Bu amna
apa
khabar ?
Coach : Alhamdulillah baik juga Ibu
Coache : Alhamdulillah, Ibu Saya ingin sedikit
berbagi cerita ini
Coach : O iya boleh ibu, silakan, ibu mau cerita apa ini
Coache : Begini ibu, saya ingin bercerita
tentang masalah anak-anak dikelas ibu
Coach : memangnya setelah ibu berbagi cerita, hal apa yang
ingin ibu harapkan
Coache : setelah saya berbagi cerita, saya
ingin menemukan solusi dari permasalahan yang saya hadapi ini ibu
Identifikasi
Coach : ok, kalo boleh saya tau permasalahannya seperti apa
ya bu
Coache : Begini ibu… dikelas saya ada
anak-anak yang lambat dalam memahami pembelajaran, padahal sudah saya mengulang-ngulang
sampai beberapa kali bu pelajarannya.
Coach : ok, kalau boleh tau apa ya bu penyebab anak-anak ibu
lambat dalam memahami pembelajaran
Coache : Sepertinya ada beberapa faktor ini bu
yang menjadi penyebabnya
Coach : Apa saja faktor tersebut ibu
Coache : Diantaranya itu bu,, memang anak
tersebut memiliki daya serap yang lambat ibu, dan kurang perhatian orang tua,
lingkungan, dan juga lalai dengan hp bu
Coach : ok bu,, jadi sebenarnya seberapa besar harapan ibu
terhadap murid tersebut dalam menerima pembelajaran yang ibu sampaikan
Coache : harapan saya itu bu, setidaknya
anak-anak setelah saya menerangkan pembelajaran itu mereka paham, dengan
menanggapi pertanyaan saya dan fokus ibu, tidak hanya seperti diam, melamun
atau menggeleng-geleng saja gitu
ibu…
Rencana Aksi
Coach : iya ya,, paling tidak memberikan respon yang baik,
yang positif terhadap pembelajaran, baik ibu, setelah ibu mengetahui beberapa
penyebab permasalahan ini, kira-kira bagaimana langkah ibu untuk mengatasinya…
Coache : iya bu, Saya berfikir akan memberikan
bimbingan yang lebih terhadap anak tersebut daripada teman-teman yang lainnya,
atau memberikan metode yang tepat agar dapat memunculkan fokus anak tersebut
Coach : baik ibu, itu rencana yang sangat bagus menurut
saya, dimana ibu memberi perhatian penuh kepada anak yang lambat pemahaman tersebut, nah jadi menurut ibu
bimbingan seperti apa yang akan ibu berikan…
Coache : iya ibu, bimbingan itu saya berikan
berupa latihan soal, misalnya hari ini setelah saya menjelaskan kemudian saya
berikan soal. Jadi besoknya anak tersebut sudah
sedikit memahami
Coach : jadi tidak lepas dari bimbingan terus bu ya
Coache : iya
bu
Coach : baik ibu, kapan ibu akan melaksanakan bimbingan
tersebut
Coache : Insyaallah secepatnya ibu, dalam
minggu depan akan mulai saya terapkan, tentunya ibu,
semua bimbingan ini dilakukan tidak menganggu teman-teman yang lain,
biasanya disaat jam pulang sambil menunggu jemputan anak tersebut
Tanggung
Jawab
Coach : o iya, Bagus itu ibu, kemudian apa komitmen ibu
terhadap rencana penyelesaian masalah ibu ini, yang ibu terapkan nanti
Coache : tentunya saya akan melakukannya
secara terus menerus dan konsisten ibu sampai terlihat perubahan yang terjadi
dalam diri sianak tersebut ibu
Coach : o iya bu, terus kira-kira siapa saja yang bisa
membantu ibu dalam menjaga komitmen ini
Coache : Tentunya dengan dukungan kepala
sekolah, bantuan rekan guru dan kerja sama dengan orang tua juga bu
Coach : iya bu,, saling berkolaborasi ya bu ya untuk hasil
yang lebih baik, ok ibu, kemudian ibu bagaimana tindak lanjut ibu yang akan ibu
lakukan untuk kedepannya
Coache : iya saya akan menjalin komunikasi
yang baik dengan orang tua dan menjaga komitmen ini agar sama-sama memberikan
bimbingan kepada anak yang membutuhkan ibu
Refleksi
Coach : berarti untuk kedepannya agar siswa ibu lebih dapat
fokus dan memahami apa yang ibu sampaikan, ibu akan menjalin komunikasi yang
baik dengan orang tua, ibu juga memberikan bimbingan lebih kepada yang
membutuhkan bu ya, baik ibu, dari perbincangan kita ini kira-kira bagaimana sih
perasaan ibu sekarang ?
Coache : iya ibu, Alhamdulillah sedikit lega
ibu karena sudah berbagi cerita dengan ibu,dan
saya mendapatkan solusi yang baik untuk permasalahan yang terjadi
dikelas saya bu…
Coach : Alhamdulillah kalau begitu ibu ya,, ini saya rasa
juga perbincangannya sungguh luar biasa dan saya harap ibu mudah-mudahan bisa
melaksanakan apa yang sudah ibu rencanakan tadi dengan penuh semangat bu ya
Coache : iya Insyaallah bu, saya akan terus
semangat untuk membimbing murid-murid saya
Coach : Amin, baik ibu, kira-kira ada hal lain yang ingin
ibu bicarakan ?
Coache : saya rasa sudah cukup ibu
Coach : Baik
Coache : baik ibu terima kasih banyak ibu atas
waktunya yang sudah bersedia mendengarkan keluh kesah saya
Coach : Sama-sama ibu, baik ibu kalo begitu saya mohon undur
diri dulu ya, sampai jumpa lagi dilain waktu dan lain kesempatan
Coache : baik ibu terima kasih banyak ibu,
Assamualaikum ibu
Coach : Waalaikumsalam
Observer : terima kasih kepada ibu mahyaton
dan ibu khairul amna atas praktek coachingnya. Ini saya Kembali ke ibu mahyaton Kira2 indikator apa saja yang
menjadi pencapaian kompetrensi yang di inginkan di coaching tadi?
Coach : indicator yang tecapai di sini saya liat coachenya
sendiri sudah menemukan solusi atas permasalahnya.
Observer. Iya ibu.. berdasarkan yang saya
amati tadi selama proses coaching sudah berjalan sangat baik, dimana alur
tirtanya mulai dari tujuan, identifikasi, rencana dan tanggung jawab sudah
terstruktur kalimatnya dan pertanyaannya juga sudah berbobot dan juga
pertanyaan ringan tidak membebankan, serta mengalir seperti percakapan
sehari-hari. Jadi menurut saya pencapaiannya sudah bagus untuk praktik
coachingnya.
Baiklah ibu mahyaton terima kasih atas
waktunya….wassalamualaikum wr.wb.