SKENARIO DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.3 GURU PENGGERAK KABUPATEN PIDIE ANGKATAN 10

 

SKENARIO DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.3

GURU PENGGERAK KABUPATEN PIDIE

ANGKATAN 10

 


Coach    :  assalamualikum pak, hari ini izin melaksankan coaching ya pak…

Observer : iya baik bu, sebagaimana sudah kita sepakati kemarin bahwasanya  ibu hari ini akan melakukan praktik coaching ya bu ya? Saya disini akan melihat,mengamati dan juga menilai praktik yang akan ibu lakukan dengan ibu khairul amna ,,,inshaallah pada hari ini bu ya? Disini saya bertindak sebagai observer dengan praktik coaching menggunakan alur TIRTA dimana nanti ada tujuan, kemudian ada identifikasi masalah, rencana aksi dan juga tanggung jawab, seperti itu bu ya? Namun sebelum kita melakuakn observasi coaching, pada hari ini izinkan saya ya bu mengajukan beberapa pertanyaan terkait perencanaan coaching yang akan kita lukan hari ini

Pertanyaan yang pertama adalah

Kompetensi coaching apa yang nantinya akan ibu lakukan?

Coach : baik pak,

nanti kompetensi yang akan saya lakukan yaitu yang pertama  kehadiran penuh terus saya juga mendengarkan aktif, yg ketiga adalah mengajukan pertanyaan pertanyaan yang berbobot pada coachee saya nanti pak

Observer  : ok, baik bu. Berarti kompetensi yang ingin ibu kembangkan hari ini itu adalah kehadiran penuh, mendengar aktif dan juga mengajukan pertanyaan yang berbobot ya  bu ya?

Coach      : iya benar pak

Observer: kompetensi yang ingin dikembangkan memang inshaallah bisa terlaksana dengan baik dan maksimal.

Baik Pertanyaan Saya yang kedua adalah

Kompetensi mana nanti yang secara aktif dan juga spesifik yang akan ibu lakukan?

Coach: iya pak, emmmm yang jelas nanti itu kompetensi yang spesifiknya saya akan mendengarkan aktif pak, kemudian saya juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot kepada coachee saya bpak, itu yang lebih spesifik buat saya bu

Observer: beraarti disini ada dua kompetensi bu ya,kompetensi yang dikembangkan yang lebih spesifiknya itu yaitu mendengarkan secara aktif dan mengajukan peertanyaan yang berbobot ya bu ya?

Coach:iya pak benar.

Observer: selanjutnya izinkan saya mengajukan pertanyaan ketiga ni bu…?

Coach: iya boleh pak.

Observer: pertanyaan saya adalah indikator dari pencapaian tujuan pengembangan yang ingin dicapai dari proses coaching hari ini itu apa bu…?

Coach: emmm indikator yang saya inginkan pak di dalam coaching saya kali ini saya sebagai coach, emmm coachee saya itu mendapatkan solusi dan dapat menyelesaikan permaslahan-permasalahan melalui Langkah-langkah yang telah disampaikan oleh coachee saya pak, itu indikator saya pak.

Observer : jadi ibu indikator pencapaiannya itu adalah supaya coachee nantinya bisa menemukan sendiri solusi atas permasalahan yang dihadapi, begitu bu ya?

Coach : iya benar bu

Observer : bu mungkin hanya tiga pertanyaan yang saya ajukan, coaching ini bisa terlaksanakan dengan maksimal, proses coaching ini bisa memberikan mamfaat untuk keduanya, memberikan pembelajran yang mungkin tersirat didalam percakapan coachingnya

Coach: eemmm iya pak

Observer : mungkin ibu dan ibu… sudah bisa kita mulai proses coachingnya

Coach : iya pak

Observer : disini saya sebagai observer saya akan melakukan penilaian sesuai dengan rubrik penilaian yang sudah ibu lihat sebelumnya, gitu bu ya

Coach : eeu eum iya pak

Observer : baik bu…sudah bisa dimulai proses coachingnya dengan bu khairul amna

Coach : baik pak ,terimaksih ya pak..

Observer : sama-sama

 

 

Tujuan

Coach : Assalamualaikum Bu mahya

Coache : waalaikumsalam Bu amna

 

Coach:  Bu mahya apa khabar

Coache : Alhamdulillah baik, Bu amna apa khabar ?

 

Coach : Alhamdulillah baik juga Ibu

Coache : Alhamdulillah, Ibu Saya ingin sedikit berbagi cerita ini

 

Coach : O iya boleh ibu, silakan, ibu mau cerita apa ini

Coache : Begini ibu, saya ingin bercerita tentang masalah anak-anak dikelas ibu

 

Coach : memangnya setelah ibu berbagi cerita, hal apa yang ingin ibu harapkan

Coache : setelah saya berbagi cerita, saya ingin menemukan solusi dari permasalahan yang saya hadapi ini ibu

 

Identifikasi

Coach : ok, kalo boleh saya tau permasalahannya seperti apa ya bu

Coache : Begini ibu… dikelas saya ada anak-anak yang lambat dalam memahami pembelajaran, padahal sudah saya mengulang-ngulang sampai beberapa kali bu pelajarannya.

 

Coach : ok, kalau boleh tau apa ya bu penyebab anak-anak ibu lambat dalam memahami pembelajaran

Coache : Sepertinya ada beberapa faktor ini bu yang menjadi penyebabnya

 

Coach : Apa saja faktor tersebut ibu

Coache : Diantaranya itu bu,, memang anak tersebut memiliki daya serap yang lambat ibu, dan kurang perhatian orang tua, lingkungan, dan juga lalai dengan hp bu

 

Coach : ok bu,, jadi sebenarnya seberapa besar harapan ibu terhadap murid tersebut dalam menerima pembelajaran yang ibu sampaikan

Coache : harapan saya itu bu, setidaknya anak-anak setelah saya menerangkan pembelajaran itu mereka paham, dengan menanggapi pertanyaan saya dan fokus ibu, tidak hanya seperti diam, melamun atau menggeleng-geleng saja gitu ibu…

 

Rencana Aksi

Coach : iya ya,, paling tidak memberikan respon yang baik, yang positif terhadap pembelajaran, baik ibu, setelah ibu mengetahui beberapa penyebab permasalahan ini, kira-kira bagaimana langkah ibu untuk mengatasinya…

Coache : iya bu, Saya berfikir akan memberikan bimbingan yang lebih terhadap anak tersebut daripada teman-teman yang lainnya, atau memberikan metode yang tepat agar dapat memunculkan fokus anak tersebut

 

Coach : baik ibu, itu rencana yang sangat bagus menurut saya, dimana ibu memberi perhatian penuh kepada anak yang lambat pemahaman tersebut, nah jadi menurut ibu bimbingan seperti apa yang akan ibu berikan…

Coache : iya ibu, bimbingan itu saya berikan berupa latihan soal, misalnya hari ini setelah saya menjelaskan kemudian saya berikan soal. Jadi besoknya anak tersebut sudah sedikit memahami

Coach : jadi tidak lepas dari bimbingan terus bu ya

Coache : iya bu

 

Coach : baik ibu, kapan ibu akan melaksanakan bimbingan tersebut

Coache : Insyaallah secepatnya ibu, dalam minggu depan akan mulai saya terapkan, tentunya ibu, semua bimbingan ini dilakukan tidak menganggu teman-teman yang lain, biasanya disaat jam pulang sambil menunggu jemputan anak tersebut

 

Tanggung Jawab

Coach : o iya, Bagus itu ibu, kemudian apa komitmen ibu terhadap rencana penyelesaian masalah ibu ini, yang ibu terapkan nanti

Coache : tentunya saya akan melakukannya secara terus menerus dan konsisten ibu sampai terlihat perubahan yang terjadi dalam diri sianak tersebut ibu

 

Coach : o iya bu, terus kira-kira siapa saja yang bisa membantu ibu dalam menjaga komitmen ini

Coache : Tentunya dengan dukungan kepala sekolah, bantuan rekan guru dan kerja sama dengan orang tua juga bu

 

Coach : iya bu,, saling berkolaborasi ya bu ya untuk hasil yang lebih baik, ok ibu, kemudian ibu bagaimana tindak lanjut ibu yang akan ibu lakukan untuk kedepannya

Coache : iya saya akan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan menjaga komitmen ini agar sama-sama memberikan bimbingan kepada anak yang membutuhkan ibu

 

Refleksi

Coach : berarti untuk kedepannya agar siswa ibu lebih dapat fokus dan memahami apa yang ibu sampaikan, ibu akan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua, ibu juga memberikan bimbingan lebih kepada yang membutuhkan bu ya, baik ibu, dari perbincangan kita ini kira-kira bagaimana sih perasaan ibu sekarang ?

Coache : iya ibu, Alhamdulillah sedikit lega ibu karena sudah berbagi cerita dengan ibu,dan saya mendapatkan solusi yang baik untuk permasalahan yang terjadi dikelas saya bu…

 

Coach : Alhamdulillah kalau begitu ibu ya,, ini saya rasa juga perbincangannya sungguh luar biasa dan saya harap ibu mudah-mudahan bisa melaksanakan apa yang sudah ibu rencanakan tadi dengan penuh semangat bu ya

Coache : iya Insyaallah bu, saya akan terus semangat untuk membimbing murid-murid saya

 

Coach : Amin, baik ibu, kira-kira ada hal lain yang ingin ibu bicarakan ?

Coache : saya rasa sudah cukup ibu

 

Coach : Baik

Coache : baik ibu terima kasih banyak ibu atas waktunya yang sudah bersedia mendengarkan keluh kesah saya

 

Coach : Sama-sama ibu, baik ibu kalo begitu saya mohon undur diri dulu ya, sampai jumpa lagi dilain waktu dan lain kesempatan

Coache : baik ibu terima kasih banyak ibu, Assamualaikum ibu

 

Coach : Waalaikumsalam

 

Observer : terima kasih kepada ibu mahyaton dan ibu khairul amna atas praktek coachingnya. Ini saya Kembali ke  ibu mahyaton Kira2 indikator apa saja yang menjadi pencapaian kompetrensi yang di inginkan di coaching tadi?

Coach : indicator yang tecapai di sini saya liat coachenya sendiri sudah menemukan solusi atas permasalahnya.

Observer. Iya ibu.. berdasarkan yang saya amati tadi selama proses coaching sudah berjalan sangat baik, dimana alur tirtanya mulai dari tujuan, identifikasi, rencana dan tanggung jawab sudah terstruktur kalimatnya dan pertanyaannya juga sudah berbobot dan juga pertanyaan ringan tidak membebankan, serta mengalir seperti percakapan sehari-hari. Jadi menurut saya pencapaiannya sudah bagus untuk praktik coachingnya.

Baiklah ibu mahyaton terima kasih atas waktunya….wassalamualaikum wr.wb.

 

 

Subscribe to receive free email updates: