LK 1.3.9 b MAHASISWA siklus 1 PPL

 


 

 

 

BEST PRACTICE PPG DALJAB
KATEGORI
A TAHUN 2023
DI KELAS
II SD NEGERI GLEE CUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Disusun Oleh

YURAITA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PPG DALAM JABATAN

UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA

TAHUN 2023

 

 

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

 

 

 

 

Lokasi

SD Negeri Glee Cut

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

1)      Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning mengamati  video  tentang  uang, peserta didik dapat menganalisis  nilai  dan kesetaraan pecahan mata uang dengan benar.(C2)

2)      Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media video  tentang  uang, peserta didik dapat mengelompokkan pecahan mata uang dengan tepat. (C6)

3)      Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi bersama teman, peserta didik dapat menilai sekelompok pecahan uang yang setara dengan benar. (P5)

Penulis

Yuraita

Tanggal

7 Desember 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas II di SD Negeri Glee Cut, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi pecahan mata uang. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi Nilai-nilai mata uang. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi pecahan mata uang, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.

 

 

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Dalam kegatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 1 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan mata uang.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :

1.    Rendahnya tingkat belajar peserta didik.

2.    Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung.

3.    Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

4.    Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

 

Siapa saja yang terlibat?

Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :

1.      Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Kategori A Universitas Bina Bangsa Getsempena

2.      Kepala SD Negeri Glee Cut

3.      Rekan guru di SD Negeri Glee Cut

4.      Peserta didik kelas II SD Negeri Glee Cut

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

1.      Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas.

2.      Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas.

3.      Penentuan penyebab masalah.

4.      Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membbuat rencana aksi.

 

Strategi apa yang digunakan :

1.      Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL)

2.      Guru memanfaatkan Video animasi sebagai media pembelajaran Matematika.

3.      Membuat bahan ajar di PPT.

4.      Memanfaatkan LKPD

Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat

1.      Kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami materi. Dalam pelaksanaannya peserta didik sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu.

2.      Mula-mula saya menyampaikan tujuan pembelajarannya, kemudian saya mengarahkan siswa untuk memperhatikan media berupa tayangan video tentang pecahan mata uang. Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan mata uang. Dalam kegiatan memecahkan masalah siswa terlibat aktif berdiskusi agar pemecahan masalahnya terselesaikan.

3.      Dalam mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan.

4.      Pada aksi pertama ini, perangkat yang saya gunakan antara lain ; laptop, LCD, Proyektor, speaker, tripod. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran. 

 

Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

1.      Pengetahuan mengenai model pembelajaran
Problem Based Learning
(PBL).

2.      Penyusunan media pembelajaran melalui aplikasi
Canva.

3.      Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik.

4.      Penyusunan soal evaluasi yang menarik.

5.      Laptop, HP, dan proyektor

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pecahan mata uang. Selain itu Pemahaman siswa tentang materi tersebut sangat baik.

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

1.      Kepala sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.

2.      Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang saya lakukan.

3.      Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan pada penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

 

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik
aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah
guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran.

 

 

Rencana Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil refleksi LK 3.1 serta saran dan masukan dari Dosen Pembimbing, guru pamong dan rekan-rekan peserta PPG, Rencana Tindak Lanjut setelah kegiatan ini saya jabarkan dalam tabel berikut:

No

Rencana Tindak

Lanjut (RTL)

Waktu

Tempat

Pihak yang

terlibat

1

Akan tetap membuat rancangan perangkat  pembelajaran berupa  RPP model pembelajaran  inovatif yang memuat  sintaks model  pembelajaran, LKPD,  Bahan Ajar, Media  Pembelajaran dan  instrument evaluasi.

Setiap Mengajar

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

2

Membagikan pengalaman selama  melaksanakan aksi  kepada teman sejawat di sekolah yang mungkin  dapat menginspirasi  mereka dalam mengajar  dan agar memperoleh kritik serta masukan  yang membangun berupa kegiatan  Deseminasi Model  Pembelajaran Inovatif

Di waktu luang

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah  dan semua guru

3

Melakukan Refleksi secara berkelanjutan,  baik dalam hal Refleksi  RPP, LKPD, Bahan  Ajar, Media maupun  instrumen evaluasi, untuk mengetahui  kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang telah  dilaksanakan.

Setiap akhir  semester

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

4

Berupaya melakukan pembelajaran yang menggunakan teknologi  informasi dan  komunikasi serta  penggunaan aplikasi pembelajaran virtual untuk menunjang  aktivitas belajar peserta  didik yang terintegrasi dengan TPACK.

Setiap bulan

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

5

Melakukan evaluasi berdsarkan instrumen evaluasi yang telah disusun dengan melibatkan soal-soal berbasis HOTS.

Setiap bulan

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

6

Selalu mencari  kreativitas baru dari  berbagai sumber dalam  rangka pemberian  Penguatan dan upaya

meningkatkan motivasi belajar peserta didik  seperti penggunaan yel-yel, ice breaking atau  sejenisnya.

Setiap bulan

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

7

Mencari referensi  tentang model-model  pembelajaran lain yang  relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan perkembangan  zaman.

Setiap bulan

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

8

Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat serta  meminta masukan dalam  pembuatan rancangan  pembelajaran sebelum melaksanakannya.

Sebelum semester  baru dimulai

SD Negeri Glee Cut

Kepala Sekolah, Teman sejawat,  saya sendiri, dan  siswa

9

Membagikan di blog  pribadi atau di forum media sosial tentang  kegiatan dan setiap  praktik baik  pembelajaran yang saya  lakukan dalam rangka  memberikan informasi  dan ilmu serta  mendapatkan umpan  balik berupa saran dan masukan dari khalayak  komunitas pendidikan  yang lain

Setiap bulan

SD Negeri Glee Cut

Sahabat komunitas, saya  sendiri, dan siswa

10

Selalu berupaya mengupgrade dan  meningkatkan kapasitas  Pengembangan Keprofesian dan  Kompetensi saya  sebagai Guru dengan  mengikuti berbagai  kegiatan seperti Diklat, Bimtek, workshop,  pelatihan dan seminar  baik offline maupun  online baik dari pemerintah maupun  swasta.

 

Komunitas  

workshop, Platform

Merdeka Mengajar

 

BUKTI LINK PPL 1

Link Video PPL 1

https://drive.google.com/file/d/1t1Q901xyiATqBZ6wMcxDd7XwsMuwy3b4/view?usp=drive_link

Observasi pembelajaran

https://tinyurl.com/mryu2xna

Refleksi

https://tinyurl.com/5f9tvr5k

kebutuhan instrument

https://tinyurl.com/ypru5mns

https://tinyurl.com/4dw52fra

 

Subscribe to receive free email updates: