BEST PRACTICE PPG DALJAB
KATEGORI A TAHUN 2023
DI KELAS II SD NEGERI GLEE CUT
Disusun Oleh
YURAITA
PPG DALAM JABATAN
UNIVERSITAS
BINA BANGSA GETSEMPENA
TAHUN 2023
Menyusun
Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi
Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SD Negeri Glee Cut |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan yang ingin dicapai |
1) Setelah melakukan kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan model Problem Based Learning mengamati video tentang
uang, peserta didik dapat menganalisis nilai
dan kesetaraan pecahan mata uang dengan benar.(C2) 2) Setelah melakukan kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan media video
tentang uang,
peserta didik dapat mengelompokkan pecahan
mata uang dengan
tepat. (C6) 3) Setelah melakukan kegiatan pembelajaran
dengan diskusi bersama teman, peserta didik dapat menilai sekelompok pecahan uang
yang setara dengan
benar. (P5) |
Penulis |
Yuraita |
Tanggal |
7 Desember 2023 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang
masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran
dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi
latar belakang masalah : Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru
kelas II di SD Negeri Glee Cut, diketahui bahwa minat belajar peserta
didik masih rendah dalam pembelajaran Matematika materi pecahan
mata uang. Peserta didik juga mengalami
kesulitan untuk mengidentifikasi Nilai-nilai mata uang. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh
rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan
keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam
menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Mengapa praktik ini
penting untuk dibagikan ? Hal ini
sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam
kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam
pembelajaran Matematika materi pecahan mata uang, serta menjadi
upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik.
Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru
dalam
menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas. Apa yang menjadi
peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini? Dalam kegatan PPG ini,
peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 1 yang ternyata menjadi alternatif
solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai
guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang
ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika
materi pecahan mata uang. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk
mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Apa saja yang
menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Setelah melakukan analisis
terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk
mencapai tujuan tersebut
antara lain : 1. Rendahnya tingkat belajar peserta didik. 2. Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung. 3. Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan. 4. Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan
belajar mengajar. Siapa saja yang
terlibat? Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu : 1. Dosen pembimbing dan guru
pamong PPG Dalam Jabatan Kategori A Universitas Bina Bangsa Getsempena 2. Kepala
SD Negeri Glee Cut 3. Rekan
guru di SD Negeri Glee Cut 4. Peserta
didik kelas II SD Negeri Glee Cut |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk
menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana
prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang
diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah yang
harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain : 1.
Identifikasi
masalah yang ada di dalam kelas. 2.
Eksplorasi penyebab
masalah yang dihadapi di dalam kelas. 3.
Penentuan penyebab
masalah. 4.
Masalah yang
terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membbuat rencana aksi. Strategi apa yang
digunakan : 1.
Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam
kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL) 2.
Guru memanfaatkan Video animasi sebagai media
pembelajaran Matematika. 3.
Membuat bahan ajar di PPT. 4.
Memanfaatkan LKPD Bagaimana prosesnya,
siapa saja yang terlibat 1. Kegiatan
rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran
dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami
materi. Dalam pelaksanaannya peserta didik sangat antusias dan bersemangat
dengan kegiatan pembelajaran hari itu. 2. Mula-mula
saya menyampaikan tujuan pembelajarannya, kemudian saya mengarahkan siswa
untuk memperhatikan media berupa tayangan video tentang pecahan mata uang.
Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok
dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan mata uang. Dalam
kegiatan memecahkan masalah siswa terlibat aktif berdiskusi agar pemecahan
masalahnya terselesaikan. 3. Dalam
mengerjakan evaluasi siswa juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut
dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah
memahami materi yang telah disampaikan. 4. Pada
aksi pertama ini, perangkat yang saya gunakan antara lain ; laptop, LCD,
Proyektor, speaker, tripod. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat
untuk mengambil video pada
saat pembelajaran. Sumber
daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah : 1.
Pengetahuan mengenai model pembelajaran 2.
Penyusunan media pembelajaran melalui
aplikasi 3.
Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik. 4.
Penyusunan soal evaluasi yang menarik. 5.
Laptop, HP, dan proyektor |
Refleksi Hasil dan
dampak Bagaimana dampak dari aksi dari
Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak
efektif? Mengapa? Bagaimana respon
orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Dampak
dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar
siswa dalam pembelajaran Matematika pecahan mata uang. Selain itu Pemahaman siswa tentang materi tersebut sangat baik. Apakah
hasilnya efektif? Atau tidak efektif?
Mengapa? Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan
hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran
yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran
yang melibatkan keaktifan siswa. Bagaimana
respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 1. Kepala
sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering
memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi
rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna. 2. Respon
dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif
terhadap aksi yang saya lakukan. 3. Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan
pada penguasaan guru terhadap
media pembelajaran, metode, model
dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut Pembelajaran yang dapat
diperoleh dari proses praktik |
Rencana Tindak Lanjut
Berdasarkan
hasil refleksi LK 3.1 serta saran dan masukan dari Dosen Pembimbing, guru
pamong dan rekan-rekan peserta PPG, Rencana Tindak Lanjut setelah kegiatan ini
saya jabarkan dalam tabel berikut:
No |
Rencana Tindak Lanjut (RTL) |
Waktu |
Tempat |
Pihak yang terlibat |
1
|
Akan
tetap membuat rancangan perangkat
pembelajaran berupa RPP model
pembelajaran inovatif yang memuat sintaks model pembelajaran, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan instrument evaluasi. |
Setiap Mengajar |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
2
|
Membagikan pengalaman selama melaksanakan aksi kepada teman sejawat di sekolah yang
mungkin dapat menginspirasi mereka dalam mengajar dan agar memperoleh kritik serta
masukan yang membangun berupa
kegiatan Deseminasi Model Pembelajaran Inovatif |
Di waktu luang |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah dan semua guru |
3
|
Melakukan
Refleksi secara berkelanjutan, baik
dalam hal Refleksi RPP, LKPD,
Bahan Ajar, Media maupun instrumen evaluasi, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Setiap akhir semester |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah, Teman
sejawat, saya sendiri, dan siswa |
4
|
Berupaya
melakukan pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta penggunaan aplikasi pembelajaran virtual
untuk menunjang aktivitas belajar
peserta didik yang terintegrasi dengan
TPACK. |
Setiap bulan |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
5
|
Melakukan
evaluasi berdsarkan instrumen evaluasi yang telah disusun dengan melibatkan
soal-soal berbasis HOTS. |
Setiap bulan |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
6 |
Selalu
mencari kreativitas baru dari berbagai sumber dalam rangka pemberian Penguatan dan upaya meningkatkan
motivasi belajar peserta didik seperti
penggunaan yel-yel, ice breaking atau
sejenisnya. |
Setiap bulan |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
7
|
Mencari
referensi tentang model-model pembelajaran lain yang relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan
memperhatikan karakteristik peserta didik dan perkembangan zaman. |
Setiap bulan |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
8
|
Berkoordinasi
dengan kepala sekolah dan teman sejawat serta
meminta masukan dalam pembuatan
rancangan pembelajaran sebelum
melaksanakannya. |
Sebelum
semester baru dimulai |
SD Negeri Glee Cut |
Kepala Sekolah,
Teman sejawat, saya sendiri, dan siswa |
9
|
Membagikan
di blog pribadi atau di forum media
sosial tentang kegiatan dan
setiap praktik baik pembelajaran yang saya lakukan dalam rangka memberikan informasi dan ilmu serta mendapatkan umpan balik berupa saran dan masukan dari khalayak komunitas pendidikan yang lain |
Setiap bulan |
SD Negeri Glee Cut |
Sahabat komunitas, saya sendiri, dan siswa |
10
|
Selalu berupaya mengupgrade
dan meningkatkan kapasitas Pengembangan Keprofesian dan Kompetensi saya sebagai Guru dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti Diklat, Bimtek, workshop, pelatihan dan seminar baik offline maupun online baik dari pemerintah maupun swasta. |
|
Komunitas |
workshop, Platform
Merdeka Mengajar |
BUKTI LINK PPL 1
Link Video PPL 1
https://drive.google.com/file/d/1t1Q901xyiATqBZ6wMcxDd7XwsMuwy3b4/view?usp=drive_link
Observasi pembelajaran
Refleksi
kebutuhan instrument