RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD Negeri 1 Kalee
Kelas/Semester :
IV/1 (satu)
Mata Pelajaran :
PJOK
Materi Pokok :
Sepakbola (Menendang dan Menghentikan bola)
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit (2 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI
1 : Menerima, menjalankan dan mengharai
ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru,
dan tetangganya
KI
3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI 4 :
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.1
Memahami variasi gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulative sesuai
dengan konsep
tubuh, ruang usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional |
3.1.1 Mengidentifikasi
cara
menendang bola 3.1.2 Mengidentifikasi cara menghentikan bola |
4.2
Mempraktikkan
variasi
gerak dasar lokomotor,
non lokomotor, dan
manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional |
4.1.1. Mempraktikkan gerak menendang
bola 4.1.2. Mempraktikkan gerak
menghentikan bola |
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pembelajaran menggunakan metode problem
base learning dengan pendekatan saintifik peserta
didik diharpakan dapat menambah sikap : Religius ( berdoa, bersukur, sebelum
dan sesudah belajar), tanggung
jawab, disiplin, dan toleransi selama proses pembelajaran dan dapat Memahami variasi
gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulative sesuai
dengan
konsep tubuh, ruang
usaha, keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana serta mempraktikkannya dengan benar
D. Materi Pembelajaran.
Sepak Bola :
·
Menendang bola
·
Menghentikan bola
E. Metode Pembelajaran
Metode :Diskusi, Tanya jawab, dan Praktik langsung
Model Pembelajaran : Problem
Base Learning
F. Media, Alat dan Bahan
·
Bola sepak
·
Peluit
G. Sumber Belajar :
- Buku Pelajaran Olahraga Kelas IV (lihat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 147/P/2016, tentang Penetapan Judul
Buku Teks Pelajaran Matematika serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk
kelas IV SD/MI
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
waktu |
|||
Pendahuluan |
ü Membariskan peserta
didik, melakukan
pengecekan kehadiran, kondisi kesehatan peserta
didik serta berdoa
bersama ü Penjelasan kepada peserta didik tentang tujuan, aktivitas,
dan manfaat yang terkait dengan materi pembelajaran. ü Peserta
didik
melakukan pemanasan di
bagi
menjadi
2
kelompok,
dengan
permainan bola
secara
estafet ke belakang
melalui
selangkangan
dan
pemain paling
belakang langsung
lari
ke barisan paling
depan saat
menerima bola
|
10 menit |
|||
Kegiatan Inti |
ü Guru membagi peserta
didik menjadi 5 kelompok ü Guru memberikan
stimulus video pembelajaran Sumber Pembelajaran Video menendang bola https://m.youtube.com/watch?v=0NKTrsUtirY&pp=ygUcbWVuZW5kYW5nIGJvbGEgYmFnaWFuIGRhbGFtIA%3D%3D ü Dengan memperhatikan contoh guru, peserta
didik melakukan kegiatan menendang dengan atau tanpa bola ü Guru membagikan LKPD
dan meminta peserta didik dalam kelompok
mengerjakan LKPD ü Tiap kelompok
menempelkan hasil diskusi di dinding kelas ü Tiap kelompok
presentasi dan penilaian antar Kelompok |
45 menit |
|||
Penutup |
Resume: ü Pendinginan yang
dipimpin oleh salah satu siswa yang didampingi oleh salah satu siswa ü Guru membimbing
peserta didik membuat kesimpulan
tentang Menendang dan menghentikan
bola Refleksi: ü Memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk
mengrefleksi pembelajaran pada hari
ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran di
pertemuan selanjutnya ü Guru memberikan
evaluasi kepada peserta didik ü Guru menyampaikan
rencana pembelajaran selanjutnya |
15 menit |
I. Penilaian
ü Tehnik penilaian
· Penilaian Sikap : Obsevasi/Pengamatan
· Penilaian Pengertahuan : Tes Tertulis
· Penilaian ketrampilan : Praktik
ü Bentuk Penilaian
· Obsevasi :
Lembar pengamatan aktifitas
· Tes tertulis :
Uraian
· Unjuk Kerja :
Lembar penilaian praktik
ü Intrumen penilaian
· Remedial
Pembelajaran remedial akan dilaksanakan
apabila nila peserta didik tidak memenuhi KKM
yaitu 75 dan bisa dilaksanakan pada saat KBM berlangsung atau bisa juga
diluar jam pelajaran
· Pengayaan
Peserta didik yang telah mencapai KKM,
Diberikan pengayaan dengan langkah sebagai berikut :
-
Peserta
didik yang mencapai nilai 75 sampai 80 diberikan materi dalam cakupan KD dengan
pedalaman sebagai pengetahuan tambahan
-
Siswa
yang mencapai nilai 81 sampai 100 materi melebihi cakupan KD dengan pedalaman
sebagai pengetahuan
Lampiran 1
1. Penilaian sikap spiritual dan
sosial
Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan teknik observasi oleh guru mata pelajaran (selama proses
pembelajaran pada jam pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal. Berikut ini
lembar observasi selama satu semester.
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
a. Penilaian Sikap Spiritual
NO |
Tangal |
Nama Siswa |
Butir Sikap Spiritual |
Ket |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
b. Penilaian Sikap Sosial
No |
Tanggal |
Nama Siswa |
Butir sikap |
Ttd tangan |
Tindak lanjut |
|||
Sportivitas |
Tanggung jawab |
Disiplin |
Kerjasama |
|||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a) sikap yang dicatat dalam jurnal pada dasarnya adalah mereka yang menunjukkan perilaku yang sangat baik atau
kurang baik
secara alami ( siswa-siswi yang menunjukkan sikap baik tidak harus dicatat dalam jurnal)
b) perilaku sangat baik
atau kurang baik yang dicatat dalam jurnal tersebut tidat terbatas
pada butir-butir nilai sikap (perilaku) yang hendak ditanamkan melalui pembelajaran yang saat itu sedang berlangsung sebagaimana dirancang dalam RPP, tetapi juga butir- butir nilai sikap lainya yang ditumbuhkan dalam semester itu selama sikap tersebut ditunjukkan oleh siswa melalui perilakunya secara alami.
c) Apabila siswa tertentu PERNAH
menunjukkan sikap kurang baik, ketika yang
bersangkutan telah (mulai) menunjukkan sikap yang baik (sesuai harapan), sikap yang
(mulai) baik tersebut harus dicatat dalam jurnal.
Pada akhir semester guru
mata
pelajaran meringkas
perkembangan sikap spiritual dan sikap
sosial setiap siswa dan menyerahkan ringkasan tersebut kepada wali kelas untuk diolah
lebih lanjut.
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
Sekolah : SDN 1 Kalee
Mapel : Penjas
Topik/Materi : Permainan Bola Besar
Kelas/
Semester : IV/I
Tahun : 2023/2024
Aspek yang diamati
: Gerak dasar menendang dan menghentikan bola
Indikator Pengetahuan
1) Mengidentifikasi variasi gerak dasar menendang bola
2) Mengidentifikasi variasi gerak dasar
menghentikan bola
SOAL
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
1. Gambar
di samping menendang bola menggunakan kaki bagian....
2. Gambar
di samping menendang bola menggunakan kaki bagian...
3. Sebutkan 2 saja bagian kaki yang di gunakan
menendang bola....
4. Sebutkan 2 saja bagian kaki dan tubuh yang
di gunakan menghentikan bola....
5. Permainan sepak bola dimainkan oleh …… orang
dalam 1 tim
KUNCI
JAWABAN
1. Kaki bagian ujung
2. Kaki bagian dalam
3. Kaki bagian dalam, bagian luar, bagian
punggung, bagian ujung
4. Kaki bagian dalam, bagian telapak, bagian
luar, bagian punggung kaki, paha dan tubuh bagian perut, dada
5. 11 ( sebelas )
Lampiran
2b
PENENTUAN SKOR
PENGETAHUA N
Petunjuk
penentuan skor
1.
Jawaban betul = skor 2 NILAI =
2.
Jawaban salah = skor 1
3.
Tidak dijawab = skor 0
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) minimal 75
No |
Nama |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Ʃ Nilai |
Nilai |
||||||||||
0 |
1 |
2 |
0 |
1 |
2 |
0 |
1 |
2 |
0 |
1 |
2 |
0 |
1 |
2 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KETRAMPILAN
Sekolah : SDN 1 Kalee
Mapel : Penjas
Topik/Materi : Permainan Bola Besar
Kelas/
Semester : IV/I
Tahun : 2023/2024
Aspek yang diamati
: Gerak dasar menendang dan menghentikan bola
IndikatorPengetahuan
1) Mempraktikkan variasi gerak dasar menendang bola
2) Mempraktikkan variasi gerak dasar
menghentikan bola
No. |
Aspek yang
dinilai |
Kualitas Gerakan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Menendang bola |
Kaki tidak
sempurna
mengenai bola |
Kaki sempurna mengenai bola
tapi melenceng arahnya |
Kaki sempurna mengenai bola
dan mengarah
ke sasaran tapi bola terlalu
pelan sehingga tidak
sampai sasaran |
Kaki sempurna mengenai bola dan bola
sampai sasaran |
2. |
Menghentikan bola
dengan
semua bagian
tubuh sesuai aturan |
Tidak mengenai bola sehingga bola
tidak berhenti |
Mengenai bola
tetapi bola tidak berhenti |
Mengenai bola
tetapi bola memantul tak
beraturan |
Bola berhenti
sempurna |
|
JumlahSkor |
8 |
Pedoman Penentuan Skor:
1. Skor 1-
4
2. Skor total 8
No |
Nama |
menendang |
Menghentikan |
Ʃ Nilai |
Nilai |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran3b
Petunjuk penentuan skor kompetensi keterampilan
NILAI
1 =
DAFTAR NILAI
No |
NamaSiswa |
Nilai |
Ket. |
|
Pengetahuan |
Keterampilan |
|||
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) adalah 75
KONVERSI NILAI:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir = 86 <Skor Akhir ≤ 100
Baik (B) :
apabila memperoleh Skor Akhir = 76 <Skor Akhir ≤ 85
Cukup (C) : apabila memperoleh
Skor Akhir = 75 <Skor Akhir ≤
REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Guru perlu melakukan refle5ksi terhadap
proses pembelajaran yang telah dilakukan pada bab ini untuk menemukan hal-hal
yang menjadi kendala untuk diperbaiki pada pembelajaran selanjutnya. Guru juga
perlu melakukan refleksi terhadap konsep-konsep yang sulit dipahami siswa dan
cenderung menjadi miskonsepsi untuk dicatat dan ditekankan pada pembelajaran
selanjutnya.
Mengetahui
,
Kepala
Sekolah Laweueng, 27 November 2023
Mahasiswa
PPG
Didik
Harianto, S.Pd, SD Mukhlis,
S.Pd
NIP.
NI
PPPK.