contoh Penilaian terbaru Kurikulum Merdeka Tahun 2023

Belajar   merupakan   suatu   tindakan   dan   perilaku   siswa   yang   sangat   kompleks   dalam  mencari   dan   menerima   suatu   ilmu   pengetahuan.   Dalam   belajar   terdapat   interaksi  antara   guru   sebagai   pendidik   dengan   siswa   sebagai   peserta   didik   untuk   mencapai  tujuan   pembelajaran.   Tujuan   pembelajaran   akan  tercapai  jika  penerapan  pembelajaran  sesuai   dengan   kondisi   peserta   didik   yang   beragam.   Selama   ini   proses   belajar   hanya  bertumpu   kepada   peserta   didik   sebagai   sumber   utama  sehingga   peserta   didik   kurang  terlibat   dalam   pembelajaran,   karena   peserta   didik   dikatakan   belajar   apabila   mereka  mampu   mengingat   dan   menghafal   informasi   atau  pelajaran   yang  telah   tersampaikan.  Krisis   pembelajaran   yang   telah   terjadi   sekian   lama   tersebut,   diperburuk   dengan  Pandemi   Covid-19   yang   seketika   membawa   perubahan   pada   wajah   pendidikan   di  Indonesia.   Perubahan   yang   paling   nyata   tampak   pada   proses   pembelajaran   yang  awalnya   bertumpu   pada   metode   tatap   muka  beralih   menjadi   pembelajaran   jarak   jauh  (PJJ).  Kurikulum   adalah   seperangkat   rencana   dan   pengaturan   mengenai   tujuan,   isi,  dan   bahan   pelajaran   serta   cara   yang   digunakan   sebagai   pedoman   penyelenggaraan  kegiatan   pembelajaran   untuk   mencapai   tujuan   Pendidikan   Tinggi.   Kurikulum   yang  sebelumnya   dipakai   adalah  kurikulum   2013  atau  biasa  disebut   K13  dan  akibat  terjadi  Covid-19   yang   membuat   Indonesia   harus   membuat   kurikulum   darurat   yaitu   belajar  secara  online  atau  belajar  dirumah  dan  sekarang  karena  wabah  covid-19  sudah  mereda  maka   menteri   pendidikan   membuat   kurikulum   terbaru   yaitu   kurikulum   Merdeka  Belajar.   Apa   itu   kurikulum   merdeka   belajar?   Nadiem   mengatakan   Merdeka   Belajar  merupakan   konsep   yang   dibuat   agar   siswa   bisa   mendalami   minat   dan   bakatnya  masing-masing.   Misalnya,   kata  Nadiem,  jika   dua  anak  dalam   satu   keluarga   memiliki  minat   yang   berbeda,   maka   tolok   ukur   yang   dipakai   untuk   menilai   tidak   sama.  Kemudian  anak  juga  tidak   bisa  dipaksakan   mempelajari   suatu  hal  yang  tidak  disukai.  "Kita   sebagai   orang   tua   tentu   tidak   bisa   memaksakan   anak  kita   yang  menyukai   seni  untuk   belajar   secara   mendalam   komputer   dan   sebaliknya,"   kata   Nadiem.   Nadiem  mengatakan,   anak   itu   pada   dasarnya   memiliki   rasa   ingin   tahu  dan  keinginan   belajar.  "Jadi     tidak     ada     anak     pemalas     atau     anak     yang     tidak     bisa,".  Kurikulum   Merdeka  dirancang   sebagai  bagian  dari  upaya  Kemendikbud  Ristek  untuk  mengatasi   krisis   belajar   yang   telah   lama   kita   hadapi,   dan   menjadi   semakin   parah  karena  pandemi.  Krisis   ini  ditandai  oleh  rendahnya  hasil  belajar  peserta  didik,  bahkan  dalam   hal   yang   mendasar   seperti   literasi   membaca.   Krisis   belajar   juga  ditandai   oleh  ketimpangan   kualitas   belajar   yang   lebar   antar   wilayah   dan   antar   kelompok  sosial-ekonomi.  Jadi   kesimpulannya   adalah   Kurikulum   yang   sekarang   digunakan   oleh   beberapa  sekolah   yang   ada   di   Indonesia   adalah   Kurikulum   Merdeka   Belajar   dimana   siswa  mampu   mengembangkan   diri   dan  memaksimalkan   potensi   yang  dimiliki   dan  sekolah  yang     akan     memfasilitasi. 



kami sediakan  telah disediakan sebuah contoh format penilaian Kurikulum Merdeka yang mana sahabat

 guru yang membutuhkannya untuk penilaiannnya




berikut tampilan dari penilaian tersebut



demikian contoh Penilaian Kurikulum Merdeka semoga bermanfaat buat sahabat semua

Subscribe to receive free email updates: