1. Tidak ada yang kuasa menjelaskan waktu terjadinya kiamat dengan kabar dan pemberitahuan kecuali Allah swt.Hal itu disebut ?
A al-Takjil B al-Tajalliyah
C al-Tajliyah D al-Takhalliyah
E al-Ibrah
2. Qiyamat secara bahasa seakar dengan qiyam yang bermakna?
A Bangkit B Mati
C Tumbuh D Hancur
E Roboh
3. Kehendak Allah atas sesuatu pad azali untuk sebuah 'REALITAS ' pada saat sesuatu diluar azali kelak disebut ?
A Qaul B Qadar
C Qadim D Qadha
E Qadhi
4. Ketentuan Allah yang pasti terjadi dan tidak dapat berubah disebut ?
A Muallaq B Mubram
C Mubazir D Munasih
E Mutaqdir
5. Guru telah menetapkan berbagai pendekatan, strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut
A Profesional B Pedagogik
C Kepribadian D Sosial
6. Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan….
A Visual spasial B Kinestetis
C Verbal linguistic D Logis matematis
E Naturalis
7. guru akan melakukan analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar dengan mempertimbangkan pada kesesuaian indikator, penggunaan tabel/gambar, serta penggunaan istilah baku hal tersebut secara teoritis telaah soal difokuskan pada aspek …
Materi, konstruksi, dan teknik penulisan
A B
soal
Materi, konstruksi, dan bahasa
Materi, kebermaknaan butir, dan
C
keterbacaan soal
Materi, kebermaknaan butir, dan bahasa
D
E Materi, bahasa, dan data lapangan
8. Salah satu rumusan tujuan pembelajaran adalah peserta didik memiliki sikap kepedulian sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Bu Titik meminta peserta didik mengamati kemiskinan di sekitar sekolah. Manakah jenis penilaian holistik-otentik yang paling sesuai?
Menilai laporan hasil pengamatan yang
A B
disusun peserta didik
Mewawancarai peserta didik tingkat kemiskinan yang terjadi
Mengkatagorikan jenis-jenis kemiskinan
C D
yang ditemukan
Meminta peserta didik melukiskan kondisi masyarakat dan meminta pendapatnya
Meminta peserta didik mengerjakan tes
E
pemahaman
9. Pak Eros menyusun RPP dengan salah satu rumusan tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu memahami isi makna percakapan meliputi identifikasi fonem, pola intonasi, dan kemengertian isi wacana lisan. Jenis penilaian holistik-otentik yang cocok adalah….
Tes simak ulang, tes melengkapi kalimat
A dan atau kata, tes menjawab pertanyaan B
lisan dan merangkum
Guru membacakan wacana pendek peserta didik merangkum secara tertulis
Tes tertulis, unjuk kerja melakukan
C
percakapan, dan menulis puisi
Tes kecepatan membaca, kemampuan
D
melafalkan, dan tes cara berdialog
Melafalkan dan menuliskan percakapan, E menyuarakan kalimat pendek, dan
berbicara
10. Allah yang dimaksud oleh pancasila yang berkesesuaian dengan ajaran Islam adalah Tuhan yang ?
A Maha Kasih B Maha Adil
C Maha Sayang D Maha Kuasa
E Maha Esa
11. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan baik jika …
awaban pengecoh mengarahkan peserta
A B
tes untuk memilih jawaban yang benar
Tidak satupun peserta tes yang memilih jawaban pengecoh.
awaban pengecoh tidak terkait dengan
C
materi pertanyaan
Setidaknya 5% dari peserta tes memilih
D
jawaban tersebut
Jawaban pengecoh disusun dengan
E
kalimat yang sulit dipahami
12. Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan...
A Learning to understand B Learning to be
C Learning to learn D Learning to experience
13.
Hari kiamat merupakan Rukun Iman yang
ke ?
A satu B lima
C dua D empat
E tiga
14. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret mejahal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan….
A Kinestetis B Logis matematis
C Naturalis D Visual spasial
E Verbal linguistic
15. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu….
A Daftar cek (check list) B Benar salah (true false)
C Pilihan ganda (multiple choice) D Jawaban bebas (Completion test)
E Menjodohkan (matching)
16. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek bahasa antara lain….
Pilihan jawaban harus homogen dan
A
logis.
Butir tes tidak tergantung pada jawaban
B
sebelumnya.
Panjang rumusan pilihan jawaban relatif
C D
sama.
Soal harus sesuai dengan indikator.
E Soal dapat dipahami dengan mudah
17. Seorang guru menggunakan model pembelajaran yang memiliki keunggulan agar siswa dapat berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, model tersebut merupakan ….
A Discovery learning B Problem based learning
C Inquiry D Project based learning
E Role Playing
18. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut...
A Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio B Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio
Portofolio, projek, penugasan, dan tes
C
praktek
Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek
D
19. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....
A Silabus dan RPP B SKL
C RPP D Silabus
E Instrument evaluasi
20. Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan ...
Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,
A Proses, Standar Isi, dan Standar B Standar Proses, dan Standar Penilaian
Pengelolaan
Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Standar Kompetensi Lulusan, Standar
C Proses, Standar Pengelolaan, dan Sta ndar D Proses, Standar Penilaian, dan Standar
Penilaian Pembiayaan
21. Ar-rahman artinya maha pemurah kepada semua makhluk (baik yang kafir ataupun yang mukmin) sedangkan al-rahim maha penyayang kepada ?
A Umat Islam,Yahudi,Nasrani B Semua Makhluk
C Umat Yahudi D Umat Nasrani
E Umat Islam
22. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu ...
perencanaan, tindakan, pengamatan, A
refleksi
perencanaan, penerapan, evaluasi, B
refleksi
perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi
C D
perencanaan, tindakan, penerapan, refleksi
23. Mukjiazat nabi Muhammad yang paling besar adalah ?
A Al-Qur'an B Hadits
C Isra dan MI'raj D Membelah bulan
E Shalat
24. Howard Gardner berpendapat bahwa pada diri peserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multipleintelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multipleintelligence ialah:
kecerdasan linguistik dan kinestik
A
kecerdasan musikal dan logical
B
matematika
C kecerdasan intrapersonal dan spatial D kecerdasan spiritual dan emosional
25. Muhammad Quraish shihab,menginformasikan bahwa al-Thabathabai dalam tafsirnya AL- Mizan menyatakan bahwa jumlah al-Asma' al-Husna itu ada sebanyak ?
A 132 nama B 99 nama
C 1000 nama D 200 nama
E 127 nama
26. Pak Udin menemukan beberapa peserta didiknya yang prestasinya bagus selalu mencorat coret buku catatan dengan berbagai ilustrasi sehingga tidak pernah rapi dan terkesan kotor. Tindakan yang sebaiknya dilakukan guru adalah.
Menanyakan strategi belajar yang
A
dilakukan
Meminta peserta didik memindahkan
B
catatan ke buku baru
Menegur dan menasehati agar menjaga
C D
kerapian buku catatatan
Membiarkan dan tidak perlu mencampuri hak pribadi
Memberikan catatan penilaian dari aspek
E
kerapian
27. Kata Allah berasal dari kata al-llah.Kata itu dalam berbagai derivasinya memiliki beberapa pengertian ,salah satu diantaranya adalah rasa cinta yang mendalam ,yaitu ?
A 'abd B wala'a
C sakinah D 'illaha
E faza'a
28. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu….
A Butir Soal harus sesuai dengan indikator B Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
Menggunakan bahasa yang komunikatif
C D
dan mudah dimengerti
Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
Panjang rumusan pilihan jawaban relatif
E
sama
29. Penerapan aturan kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pemberian reward dan punishment merupakan merupakanperwujudan dari teori pendidikan …
A Behavioristik B Konstruktivistik
C Konektivistik D Kognitivistik
30. “Ing ngarso sung tulodo,Ingmadyo mangun karso,Tutwurihandayani” (Ki hajar Dewantoro).
Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bu k an sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...
guru memberikan penghargaan kepada
A B
siswa
guru menjadi sahabat belajar siswa
guru harus bisa menjadi contoh yang baik
C D
bagi anak didiknya
guru menjadi satu-satunya sumber belajar
31. Salah satu ulama islam yang menafsirkan secara rasional mukjizat adalah ?
A Ibnu katsir B Ibnu Malik
C Muhammad Quraish Shihab D Maulana Muhammad Ali
E Muhammad Hamka
32. Bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menulis teks narasi, ekspositori, persuasi, atau kombinasi berbeda dari teks-teks tersebut merupakan contoh peniaian otentik berbentuk….
A Menceritakan kembali teks B Menulis contoh teks
C Pertanyaan terbuka D Jurnal
E kinerja
33. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan lifeskills siswa. Tujuannya adalah agar siswa
...
A memiliki keunggulan akademik B memiliki ketrampilan vokasional
mampu mandiri
C
mampu mengerjakan setiap butir soal
D
dalam ujian
34. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu….
A Penilaian portofolio B Penilaian kinerja
C Penilaian proyek D Pertanyaan terbuka
E Penilaian diri
35. Penilaian otentik pada hakekatnya berbeda dengan penilaian tradisional yang bisa dilakukan oleh pendidik di kelas. Salah satu karakteristik penilaian otentik pada aspek sikap adalah….
Peserta didik mampu membuat soal dan
A B
jawaban materi yang diajarkan
Peserta didik mampu menambah materi yang diajarkan
Peserta didik mampu menghafalkan
C
materi yang diajarkan
Peserta didik mampu mempraktekan
D
semua materi yang diajarkan
Peserta didik mampu menghargai
E
pekerjaaan temansekelasnya
36. Tujuan pembelajaran dari RPP yang ingin dicapai adalah; (1) peserta didik dapat mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan dalam Bahasa Inggris, (2) peserta didik mampu berbicara sederhana menggunakan ujaran sapaan dan salam, dan (3) peserta didik mampul mengucapkan ujaran-ujaran bahasa Inggris dengan tepat. Bentuk peniaian yang paling tepat adalah…..
A Unjuk kerja B Tes esai
C Portofolio D Tes lisan
E Tes pemahaman
37. Karomah merupakan anugerah Allah kepada ?
A Malaikatullah B Nabiyullah
C Waliyullah D laknatullah
E Rasulullah
38. 'Malik " yang berarti "Raja" dan "Malik " yang diartikan ?
A Penguasa B Penilik
C Pengabdi D Pemilik
E Pemohon
39. Gambaran Hari Akhir dijelaskan dalam surat Juz Amma,yaitu ?
A surat al-kautsar B surat al-Asr
C surat al-Munafiqun D surat al-zalzalah
E surat al-Falaq
40. Pak Ali bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Ali mencerminkan prinsip model....
A Contextual learning B Discovery learning
C Problem based learning D Project based learn in g
E Problem solving learning
41. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu,tidak ada suatu apapun yang tersembunyi dari Nya,dan Allah maha mengetahui perbuatan manakah yang akan dipilih oleh si fulan dan apa yang akan terjadi padanya sesuai yang telah tertulis di ?
A Catatan Malaikat B Lauh Mahfudz
C Lauh AL-Mizan D Lauh al-Taqdir
E Catatan Munkar
42. Al-Qadha maknanya al-Khalq,artinya penciptaan ,dan al-Qadar maknanya at
A Kasih sayang B Pengampunan
C Ketentuan D Keadilan
E Kemahakuasaan
43. Pak Udin menemukan beberapa peserta didiknya yang prestasinya bagus selalu mencorat coret buku catatan dengan berbagai ilustrasi sehingga tidak pernah rapi dan terkesan kotor. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Pak Udin adalah…
Meminta peserta didik memindahkan
A
catatan ke buku baru
Memberikan catatan penilaian dari aspek
B
kerapian
Menegur dan menasehati agar menjaga
C D
kerapian buku catatatan
Memberikan catatan penilaian dari aspek kerapian
Menanyakan strategi belajar yang
E
dilakukan
44. Kiamat menurut sains dimungkinkan dengan ciri-cirinya jika bumi ?
A Tsunami B Gempa
C Banjir D Kacau balau
E ditabrak oleh Planet Asterioid lain
45. Model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran berikut..
A Discoverylearning B Inkuiri
C PjBL (Project Based Learing)
D PBL (Problem Based Learning)
46.
Sihir secara bahasa bermakna ?
A Buram B Samar-samar
C Nyata
D Jelas
E Tampak
47. Penciptaan ( realiasasi) Allah atas sesuatu pada kadar tertentu sesuai dengan kehendakNya pada azali disebut ?
A Qadim B Qadha
C Qadhi D Qadar
E Qaul
48. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….
A Peniaian portofolio B Peniaian kinerja
C Penilaian diri D Penilaian proyek
E Penilaian jurnal
49. Kemampuan manusia diluar kebiasaan yang diberikan oleh Allah kepada pemaksiat disebut ?
A Keramat B Istisqo
C Laknat D Istidraj
E Istikharah
50. Saat proses pembelajaran siswa diminta untuk berkumpul untuk berbagi pengalaman dengan teman yang berbeda-beda, upaya ini dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan….
A Intrapersonal B Intrepersonal
C Kinestetis D Verbal linguistic
E Visual spasial
jawaban
1. b
2. a
3. d
4. b
5. b
6. d
7. b
8. d
9. d
10. e
11. d
12. b
13. b
14. c
15. a
16. e
17. b
18. c
19. c
20. b
21. e
22. a
23. a
24. d
25. b
26. e
27. b
28. a
29. a
30. d
31. d
32. b
33. c
34. b
35. e
36. d
37. c
38. d
39. d
40. d
41. b
42. c
43. b
44. e
45. d
46. b
47. d
48. d
49. d
50. b