Aspek dan Contoh SOAL SURVEI LINGKUNGAN BELAJR.
Ada 5 aspek yang diukurdalamSurveiLingkunganBelajarantara lain:
1.Iklim keamanansekolah, terdiridari:
• keamanan dan kesejahteraanpesertadidik
• sikap dan keyakinan guru
• kebijakan dan program sekolah
2. Iklimkebhinekaansekolah, terdiridari:
• praktikmultikultural di kelas
• sikap dan keyakinan guru maupunkepalasekolah
• kebijakan dan program sekolah
3. Indekssosialekonomi, meliputi:
• pendidikan orang tua
• profesi orang tua
• fasilitasbelajar di rumah
4. Kualitaspembelajaran, terdiridari:
• manajemenkelas
• dukunganafektif
• aktivitaskonektif
5. Pengembangan guru, meliputi
• refleksi dan pengembanganpembelajaran
• dukunganuntukrefleksi guru
Pilih salah satujawaban yang bertuliskan hitam bold dan pilihsatuataulebihuntukpilihanbertuliskan warnabiru!
1. Untukmembangunlingkunganbelajar yang kondusif, saranafisik yang adadilingkungansekolah yang harusdiperhatikanyaitu,
• aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan
• ruangbelajar yang bersih, nyaman dan tertatadenganrapi
• segalasesuatu yang berhubungandengantempat proses pembelajaran
• ruangkelas dan sarana dan prasarananya, pengudaraan, alatatau media belajar, pencahayaan, pewarnaannya, dan pajanganhinggapenataannya
2. Untukmenumbuhkanminatataumemotivasianakdalammelaksanakankegiatanbelajar, lingkunganbelajarharusdifasilitasiuntukmerefleksikanekspektasitinggidalammeraihkesuksesananaksecaraindividu.Kondisiataulingkunganpembelajaran yang kondusifwajibditerapkanuntukmemaksimalkankegiatanbelajarmengajar. Lalu, bagaimanacaramenciptakanlingkungan yang kondusif?
• Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, mengadakanpembelajaran di luarsekolahterus-menerus
• Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, kerjasamadengan orang tuauntukpengadaanfasilitassekolah
• Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaikeinginannya
• Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaiimajinasnya, dan menyepakatiaturanbersama
3. Untukmenciptakankelaskondusif, guru harusbisamemberikanaturan yang disepakati oleh siswa. Sehinggasiswatidakbisamembuatkeributan di kelas yang membuatsuasanabelajartidakkondusifkarenamerekatelahmembuataturan yang disepakati. Berikuthukumanringan yang cocokuntuksiswa yang melanggarkesepakatanbersama
• Membersihakanruangankelas, mengahafalkanmateripelajaran, dan mengerjakantugas yang belumdiselesaikan
• Berdiri di depankelas, larikelilinglapangan, dan membersihkankamar mandi
• Membayardenda, disuruhkeluarkelas, disuruhpulang
• Tidakperluadahukumanfisik
4. Apa yang dilakukan guru agar siswatidaktakutmerasa salah ketikamenjawabpertanyaanataubertanyakepada guru.
• Guru harusbersikapdemokratis
• Pembelajarantidakselaludinilaidariperolehanangka yang tinggi
• Suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkanmembuatsiswamenjadisemangatbelajar dan pembelajaranakanlebihbermakna
• Memberikesempatananak yang pandai dan pemberani
5. Meskipunsiswamelakukankegiatanbelajarmengajar di kelas, namunlingkunganluarkelas juga berpengaruh pada proses pembelajaransiswa.Lingkunganluarkelas yang kondusifmembuatsiswabelajardenganbaik, namunsebaliknya, jikalingkunganluartidakkondusif dan terjadimasalahmakakonsentrasisiswaakanterganggu. Bagaimancaramenciptakanlingkunganluarsekolah yang kondusif?
• Kerjasama yang baikantarpihak yang bersangkutanmulaidarisiswa, guru, kepalasekolah, staff hinggapetugaskebersihan
• Menjalinkomunikasi yang baikdenganberbagaipihak
• Lingkungansekolah juga menjadiacuanpenilaiankualitassekolah, sehinggaharusdijagadenganbaik
• Mencaridonatursebanyak-banyaknyauntukmelengkapifasilitas di sekolah
6. Salah satucaramembuatlingkunganbelajar yang kondusifadalahmembiarkansiswaberkreasisesuaiimajinasinya. Apa yang dilakukan guru agar siswamerasasenang dan semangatuntukberkreasi?
• Guru bertindaksebagaifasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukungpembelajaransiswa
• Guru tidakbolehbersifatotoriter dan menguasaipembelajaran, tetapi guru harusberanimemberikankesempatankeduauntuksiswaterusberkereasi
• Guru harusmemberikanapresiasikepadasiswa yang telahberkreasi
• Guru memberikanpenilaiansecaraterbuka
7. Penataanruangkelasmerupakanlingkunganutamauntukmenciptakankegiatanbelajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan teratadengandenganrapiakanmendukungpembelajaranlebihbaik. Menataruangkelasmerupakantugasbersamaantarasiswadenganwalikelas yang bersangkutan. Pihaksekolah juga bisaberkontribusiuntukpenataanruangkelas yang kondusif. Berikutcontohkegiatan yang dapatdilakukanpihaksekolah.
• Mengadakanlombakebersihankelassecaraberkala
• Melengkapisaranaprasarana di kelas
• Memotivasianakuntukmenciptakanruangankelas yang bersih, rapi dan nyaman
• MengadakankerjabaktisetiaphariJumat di lingkungansekolah
8. Menataruangkelasbukanhanyamenjajarkankursi dan mejadenganteratur, melainkanmelengkapinyadenganadministrasikelas. Conntohadministrasikelasdiantaranya:
• denahtempat duduk, jadwalpelajaran, strukturkelas, dan daftar piket
• aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan
• lukisanhasilsiswaataukalimatpositif yang memotivasibelajarsiswa
• kalender, jam dinding, alatkebersihan
Guna membuatlingkunganbelajar yang terbaik, saranafisik yang ada di lingkungansekolahharusdiperhatikanyakni?
A. Memasangaksesorisdindingkelas demi menciptakanketenanganjiwa.
B. Lingkungankelas yang bersih dan tertatarapi.
C. Segalasesuatu yang berhubungandengan murid didik.
D. Ruang kelas dan saranaprasarananya, pengudaraan, pencahayaan, hinggapewarnaan, pajangan dan penataan
ContohLainnya:
Latihan SoalSurveiLingkunganBelajarTahun 2021
Berikutadalah contohlatihansoalSurveiLingkunganBelajar AN untuk Guru tahun 2021. ContohsoalSurveiLingkunganBelajariniberbentukPilihan Ganda denganempatalternatifjawaban dan sudahdilengkapikuncijawabannya.
Petunjuk
Pilih salah satujawaban yang bertandalingkaran❍ dan pilihsatuataulebihjawabanuntukpilihanbertanda❏
Pertanyaan 1
Untukmembangunlingkunganbelajar yang kondusif, saranafisik yang adadilingkungansekolah yang harusdiperhatikanadalah ….
❍aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan
ruangbelajar yang bersih, nyaman dan tertatadenganrapi
❍segalasesuatu yang berhubungandengantempat proses pembelajaran
❍ ruangkelas dan sarana dan prasarananya, pengudaraan, alatatau media belajar, pencahayaan, pewarnaannya, dan pajanganhinggapenataannya
Pertanyaan 2
Di dalamupayamenumbuhkanminatataumemotivasianakdalammelaksanakankegiatanbelajar, lingkunganbelajarharusdifasilitasiuntukmerefleksikanekspektasitinggidalammeraihkesuksesananaksecaraindividu. Kondisiataulingkunganpembelajaran yang kondusifwajibditerapkanuntukmemaksimalkankegiatanbelajarmengajar.
Bagaimanacaramenciptakanlingkungan yang kondusif?
❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, mengadakanpembelajaran di luarsekolahterus-menerus
❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, kerjasamadengan orang tuauntukpengadaanfasilitassekolah
❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaikeinginannya
❍ menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaiimajinasnya, dan menyepakatiaturanbersama
Pertanyaan 3
Untukmenciptakankelaskondusif, guru harusbisamemberikanaturan yang disepakati oleh siswa, sehinggasiswatidakbisamembuatkeributan di kelas yang membuatsuasanabelajartidakkondusif.
Berikutinihukumanringan yang cocokuntuksiswa yang melanggarkesepakatanbersamaadalah ….
❍ membersihakanruangankelas, mengahafalkanmateripelajaran, dan mengerjakantugas yang belumdiselesaikan
❍berdiri di depankelas, larikelilinglapangan, dan membersihkankamar mandi
❍membayardenda, disuruhkeluarkelas, disuruhpulang
❍tidakperluadahukumanfisik
Pertanyaan 4
Apa yang dilakukan guru agar siswatidaktakutmerasa salah ketikamenjawabpertanyaanataubertanyakepada guru?
❏ Guru harusbersikapdemokratis
❏pembelajarantidakselaludinilaidariperolehanangka yang tinggi
❏suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkanmembuatsiswamenjadisemangatbelajar dan pembelajaranakanlebihbermakna
❏memberikesempatananak yang pandai dan pemberani
Pertanyaan 5
Meskipunsiswamelakukankegiatanbelajarmengajar di kelas, namunlingkunganluarkelas juga berpengaruh pada proses pembelajaransiswa. Lingkunganluarkelas yang kondusifmembuatsiswabelajardenganbaik, namunsebaliknya, jikalingkunganluartidakkondusif dan terjadimasalahmakakonsentrasisiswaakanterganggu. Bagaimanacaramenciptakanlingkunganluarsekolah yang kondusif?
❏ kerjasama yang baikantarpihak yang bersangkutanmulaidarisiswa, guru, kepalasekolah, staff hinggapetugaskebersihan
❏menjalinkomunikasi yang baikdenganberbagaipihak
❏lingkungansekolah juga menjadiacuanpenilaiankualitassekolah, sehinggaharusdijagadenganbaik
❏mencaridonatursebanyak-banyaknyauntukmelengkapifasilitas di sekolah
Pertanyaan 6
Salah satucaramembuatlingkunganbelajar yang kondusifadalahmembiarkansiswaberkreasisesuaiimajinasinya. Apa yang dilakukan guru agar siswamerasasenang dan semangatuntukberkreasi?
❏ Guru bertindaksebagaifasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukungpembelajaransiswa
❏ Guru tidakbolehbersifatotoriter dan menguasaipembelajaran, tetapi guru harusberanimemberikankesempatankeduauntuksiswaterusberkereasi
❏ Guru harusmemberikanapresiasikepadasiswa yang telahberkreasi
❏ Guru memberikanpenilaiansecaraterbuka
Pertanyaan 7
Penataanruangkelasmerupakanlingkunganutamauntukmenciptakankegiatanbelajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan teratadengandenganrapiakanmendukungpembelajaranlebihbaik. Menataruangkelasmerupakantugasbersamaantarasiswadenganwalikelas yang bersangkutan. Pihaksekolah juga bisaberkontribusiuntukpenataanruangkelas yang kondusif.
Contohkegiatan yang dapatdilakukanpihaksekolahadalah ….
❏ mengadakanlombakebersihankelassecaraberkala
❏melengkapisaranaprasarana di kelas
❏memotivasianakuntukmenciptakanruangankelas yang bersih, rapi dan nyaman
❏mengadakankerjabaktisetiaphariJumat di lingkungansekolah
Pertanyaan 8
Menataruangkelasbukanhanyamenjajarkankursi dan mejadenganteratur, melainkanmelengkapinyadenganadministrasikelas. Contohadministrasikelasadalah ….
❏ denahtempat duduk, jadwalpelajaran, strukturkelas, dan daftar piket
❏aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan
❏ lukisanhasilsiswaataukalimatpositif yang memotivasibelajarsiswa
❏kalender, jam dinding, dan alatkebersihan
Demikian yang dapat kami bagikanmengenai contohlatihanSoalSurveiLingkunganBelajar AN untuk Guru Tahun 2021. Semogabermanfaat.