Contoh survey lingkungan belajar Guru SD

 



Aspek dan Contoh SOAL SURVEI LINGKUNGAN BELAJR.

Ada 5 aspek yang diukurdalamSurveiLingkunganBelajarantara lain:

1.Iklim keamanansekolah, terdiridari:

keamanan dan kesejahteraanpesertadidik

sikap dan keyakinan guru

kebijakan dan program sekolah

2. Iklimkebhinekaansekolah, terdiridari:

praktikmultikultural di kelas

sikap dan keyakinan guru maupunkepalasekolah

kebijakan dan program sekolah

3. Indekssosialekonomi, meliputi:

pendidikan orang tua

profesi orang tua

fasilitasbelajar di rumah

4. Kualitaspembelajaran, terdiridari:

manajemenkelas

dukunganafektif

aktivitaskonektif

5. Pengembangan guru, meliputi

refleksi dan pengembanganpembelajaran

dukunganuntukrefleksi guru



Pilih salah satujawaban yang bertuliskan hitam bold dan pilihsatuataulebihuntukpilihanbertuliskan warnabiru!

1. Untukmembangunlingkunganbelajar yang kondusif, saranafisik yang adadilingkungansekolah yang harusdiperhatikanyaitu,

aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan

ruangbelajar yang bersih, nyaman dan tertatadenganrapi

segalasesuatu yang berhubungandengantempat proses pembelajaran

ruangkelas dan sarana dan prasarananya, pengudaraan, alatatau media belajar, pencahayaan, pewarnaannya, dan pajanganhinggapenataannya

2. Untukmenumbuhkanminatataumemotivasianakdalammelaksanakankegiatanbelajar, lingkunganbelajarharusdifasilitasiuntukmerefleksikanekspektasitinggidalammeraihkesuksesananaksecaraindividu.Kondisiataulingkunganpembelajaran yang kondusifwajibditerapkanuntukmemaksimalkankegiatanbelajarmengajar. Lalu, bagaimanacaramenciptakanlingkungan yang kondusif?

Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, mengadakanpembelajaran di luarsekolahterus-menerus

Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, kerjasamadengan orang tuauntukpengadaanfasilitassekolah

Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaikeinginannya

Menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaiimajinasnya, dan menyepakatiaturanbersama

3. Untukmenciptakankelaskondusif, guru harusbisamemberikanaturan yang disepakati oleh siswa. Sehinggasiswatidakbisamembuatkeributan di kelas yang membuatsuasanabelajartidakkondusifkarenamerekatelahmembuataturan yang disepakati. Berikuthukumanringan yang cocokuntuksiswa yang melanggarkesepakatanbersama

Membersihakanruangankelas, mengahafalkanmateripelajaran, dan mengerjakantugas yang belumdiselesaikan

Berdiri di depankelas, larikelilinglapangan, dan membersihkankamar mandi

Membayardenda, disuruhkeluarkelas, disuruhpulang

Tidakperluadahukumanfisik


4. Apa yang dilakukan guru agar siswatidaktakutmerasa salah ketikamenjawabpertanyaanataubertanyakepada guru.

Guru harusbersikapdemokratis

Pembelajarantidakselaludinilaidariperolehanangka yang tinggi

Suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkanmembuatsiswamenjadisemangatbelajar dan pembelajaranakanlebihbermakna

Memberikesempatananak yang pandai dan pemberani

5. Meskipunsiswamelakukankegiatanbelajarmengajar di kelas, namunlingkunganluarkelas juga berpengaruh pada proses pembelajaransiswa.Lingkunganluarkelas yang kondusifmembuatsiswabelajardenganbaik, namunsebaliknya, jikalingkunganluartidakkondusif dan terjadimasalahmakakonsentrasisiswaakanterganggu. Bagaimancaramenciptakanlingkunganluarsekolah yang kondusif?

Kerjasama yang baikantarpihak yang bersangkutanmulaidarisiswa, guru, kepalasekolah, staff hinggapetugaskebersihan

Menjalinkomunikasi yang baikdenganberbagaipihak

Lingkungansekolah juga menjadiacuanpenilaiankualitassekolah, sehinggaharusdijagadenganbaik

Mencaridonatursebanyak-banyaknyauntukmelengkapifasilitas di sekolah

6. Salah satucaramembuatlingkunganbelajar yang kondusifadalahmembiarkansiswaberkreasisesuaiimajinasinya. Apa yang dilakukan guru agar siswamerasasenang dan semangatuntukberkreasi?

Guru bertindaksebagaifasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukungpembelajaransiswa

Guru tidakbolehbersifatotoriter dan menguasaipembelajaran, tetapi guru harusberanimemberikankesempatankeduauntuksiswaterusberkereasi

Guru harusmemberikanapresiasikepadasiswa yang telahberkreasi

Guru memberikanpenilaiansecaraterbuka


7. Penataanruangkelasmerupakanlingkunganutamauntukmenciptakankegiatanbelajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan teratadengandenganrapiakanmendukungpembelajaranlebihbaik. Menataruangkelasmerupakantugasbersamaantarasiswadenganwalikelas yang bersangkutan. Pihaksekolah juga bisaberkontribusiuntukpenataanruangkelas yang kondusif. Berikutcontohkegiatan yang dapatdilakukanpihaksekolah.

Mengadakanlombakebersihankelassecaraberkala

Melengkapisaranaprasarana di kelas

Memotivasianakuntukmenciptakanruangankelas yang bersih, rapi dan nyaman

MengadakankerjabaktisetiaphariJumat di lingkungansekolah

8. Menataruangkelasbukanhanyamenjajarkankursi dan mejadenganteratur, melainkanmelengkapinyadenganadministrasikelas. Conntohadministrasikelasdiantaranya:

denahtempat duduk, jadwalpelajaran, strukturkelas, dan daftar piket

aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan

lukisanhasilsiswaataukalimatpositif yang memotivasibelajarsiswa

kalender, jam dinding, alatkebersihan


Guna membuatlingkunganbelajar yang terbaik, saranafisik yang ada di lingkungansekolahharusdiperhatikanyakni?

A. Memasangaksesorisdindingkelas demi menciptakanketenanganjiwa.

B. Lingkungankelas yang bersih dan tertatarapi.

C. Segalasesuatu yang berhubungandengan murid didik.

D. Ruang kelas dan saranaprasarananya, pengudaraan, pencahayaan, hinggapewarnaan, pajangan dan penataan



ContohLainnya:


Latihan SoalSurveiLingkunganBelajarTahun 2021

Berikutadalah contohlatihansoalSurveiLingkunganBelajar AN untuk Guru tahun 2021. ContohsoalSurveiLingkunganBelajariniberbentukPilihan Ganda denganempatalternatifjawaban dan sudahdilengkapikuncijawabannya.

Petunjuk

Pilih salah satujawaban yang bertandalingkaran❍ dan pilihsatuataulebihjawabanuntukpilihanbertanda❏

Pertanyaan 1

Untukmembangunlingkunganbelajar yang kondusif, saranafisik yang adadilingkungansekolah yang harusdiperhatikanadalah ….

❍aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan

 ruangbelajar yang bersih, nyaman dan tertatadenganrapi

❍segalasesuatu yang berhubungandengantempat proses pembelajaran

❍ ruangkelas dan sarana dan prasarananya, pengudaraan, alatatau media belajar, pencahayaan, pewarnaannya, dan pajanganhinggapenataannya

Pertanyaan 2

Di dalamupayamenumbuhkanminatataumemotivasianakdalammelaksanakankegiatanbelajar, lingkunganbelajarharusdifasilitasiuntukmerefleksikanekspektasitinggidalammeraihkesuksesananaksecaraindividu. Kondisiataulingkunganpembelajaran yang kondusifwajibditerapkanuntukmemaksimalkankegiatanbelajarmengajar.

Bagaimanacaramenciptakanlingkungan yang kondusif?

❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, mengadakanpembelajaran di luarsekolahterus-menerus

❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, kerjasamadengan orang tuauntukpengadaanfasilitassekolah

❍menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaikeinginannya

❍ menataruangkelas, suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkan, lingkunganluarkelas yang kondusif, komunikasisertahubungansosial yang harmonisantarasiswa dan guru, menjadi guru yang menyenangkan, membiarkansiswaberkreasi dan bermainsesuaiimajinasnya, dan menyepakatiaturanbersama

Pertanyaan 3

Untukmenciptakankelaskondusif, guru harusbisamemberikanaturan yang disepakati oleh siswa, sehinggasiswatidakbisamembuatkeributan di kelas yang membuatsuasanabelajartidakkondusif.

Berikutinihukumanringan yang cocokuntuksiswa yang melanggarkesepakatanbersamaadalah ….

❍ membersihakanruangankelas, mengahafalkanmateripelajaran, dan mengerjakantugas yang belumdiselesaikan

❍berdiri di depankelas, larikelilinglapangan, dan membersihkankamar mandi

❍membayardenda, disuruhkeluarkelas, disuruhpulang

❍tidakperluadahukumanfisik

Pertanyaan 4

Apa yang dilakukan guru agar siswatidaktakutmerasa salah ketikamenjawabpertanyaanataubertanyakepada guru?

❏ Guru harusbersikapdemokratis

❏pembelajarantidakselaludinilaidariperolehanangka yang tinggi

❏suasanabelajar dan mengajar yang menyenangkanmembuatsiswamenjadisemangatbelajar dan pembelajaranakanlebihbermakna

❏memberikesempatananak yang pandai dan pemberani

Pertanyaan 5

Meskipunsiswamelakukankegiatanbelajarmengajar di kelas, namunlingkunganluarkelas juga berpengaruh pada proses pembelajaransiswa. Lingkunganluarkelas yang kondusifmembuatsiswabelajardenganbaik, namunsebaliknya, jikalingkunganluartidakkondusif dan terjadimasalahmakakonsentrasisiswaakanterganggu. Bagaimanacaramenciptakanlingkunganluarsekolah yang kondusif?

❏ kerjasama yang baikantarpihak yang bersangkutanmulaidarisiswa, guru, kepalasekolah, staff hinggapetugaskebersihan

❏menjalinkomunikasi yang baikdenganberbagaipihak

❏lingkungansekolah juga menjadiacuanpenilaiankualitassekolah, sehinggaharusdijagadenganbaik

❏mencaridonatursebanyak-banyaknyauntukmelengkapifasilitas di sekolah

Pertanyaan 6

Salah satucaramembuatlingkunganbelajar yang kondusifadalahmembiarkansiswaberkreasisesuaiimajinasinya. Apa yang dilakukan guru agar siswamerasasenang dan semangatuntukberkreasi?

❏ Guru bertindaksebagaifasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukungpembelajaransiswa

❏ Guru tidakbolehbersifatotoriter dan menguasaipembelajaran, tetapi guru harusberanimemberikankesempatankeduauntuksiswaterusberkereasi

❏ Guru harusmemberikanapresiasikepadasiswa yang telahberkreasi

❏ Guru memberikanpenilaiansecaraterbuka

Pertanyaan 7

Penataanruangkelasmerupakanlingkunganutamauntukmenciptakankegiatanbelajar dan mengajar yang menyenangkan. Ruang belajar yang bersih, nyaman dan teratadengandenganrapiakanmendukungpembelajaranlebihbaik. Menataruangkelasmerupakantugasbersamaantarasiswadenganwalikelas yang bersangkutan. Pihaksekolah juga bisaberkontribusiuntukpenataanruangkelas yang kondusif.

Contohkegiatan yang dapatdilakukanpihaksekolahadalah ….

❏ mengadakanlombakebersihankelassecaraberkala

❏melengkapisaranaprasarana di kelas

❏memotivasianakuntukmenciptakanruangankelas yang bersih, rapi dan nyaman

❏mengadakankerjabaktisetiaphariJumat di lingkungansekolah

Pertanyaan 8

Menataruangkelasbukanhanyamenjajarkankursi dan mejadenganteratur, melainkanmelengkapinyadenganadministrasikelas. Contohadministrasikelasadalah ….

❏ denahtempat duduk, jadwalpelajaran, strukturkelas, dan daftar piket

❏aksesorisdindingkelasuntukmenciptakansuasana yang menyenangkan

❏ lukisanhasilsiswaataukalimatpositif yang memotivasibelajarsiswa

❏kalender, jam dinding, dan alatkebersihan

Demikian yang dapat kami bagikanmengenai contohlatihanSoalSurveiLingkunganBelajar AN untuk Guru Tahun 2021. Semogabermanfaat.






Subscribe to receive free email updates: