Mengenal Komponen Excel

 

Pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan sedekit  tentang dasar-dasar Microsoft

Excell terutama tentang komponen-komponen Workbook excell beserta fungsinya.

1. Quick Access Toolbar

Secara default, Quick Access Toolbar berisi beberapa perintah-perintah yang sering digunakan

seperti Save, Undo dan Redo. Save digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang aktif.

Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir. Sedangkan Redo digunakan untuk

membatalkan proses Undo terakhir. Isi dari Quick Access Toolbar bisa rekan-rekan tambahkan

sesuai dengan kebutuhan seperti Icon Print untuk mencetak dan lain-lain dengan cara

mengklik tanda panah disebelah kanan Quick Access Toolbar. 

2. Title Bar

Fasilitas ini berfungsi untuk menampilkan nama file atau nama workbook yang aktif. Jika

Workbook belum disimpan, maka Title Bar menampilkan nama "Book-1". Namun apabila

Workbook tersebut sudah disimpan, maka akan berisi sesuai dengan nama Workbook / nama

file excell tersebut. 

3. Resizing Button

Berisi berbagai macam tombol ukuran antara lain, simbol ( X ) atau Close berfungsi untuk

menutup Microshoft Excell. Simbol ( - ) atau Minimize berfungsi untuk meminimize dan

mengaktifkan Microshoft Excell ke Taskbar. Simbol ( Kotak ) atau Maximize berfungsi untuk

memperbesar tampilan Microshoft Excell satu layar penuh. Sedangkan simbol ( Kotak

Bertumpuk ) atau Restore digunakan untuk memperkecil ukuran jendela Microshoft Excell,

biasanya hanya tampil separuh satu layar komputer / laptop. 

4. Menu Bar

Berfungsi macam-macam menu yang ada di Microshoft Excell antara lain menu Home, Insert,

Page Layout, Formula, Data, Review dan View. Selain menu tersebut, ada satu menu lainya

yaitu menu Developer. Menu ini berfungsi untuk memudahkan pengguna yang ingin

menggunakan Excell Macro. 

5. Tab Ribbon

Berisi sekumpulan perintah-perintah dalam bentuk icon yang dikelompokan berdasarkan pada

kategori Menu Bar. Icon-icon tersebut akan ditampilkan apabila salah satu Menu Bar diklik. 

6. Name Box

Digunakan untuk menampilkan nama Cell yang diklik atau menampilkan jumlah kolom dan

jumlah baris dalam range tertentu pada saat diblok. 

7. Formula Bar

Berfungsi untuk menampilkan atau mengisikan data pada cell yang aktif. Data tersebut bisa

berupa text, angka ataupun rumus formula. 

8. Column

Column atau kolom merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "A,B,C dan

seterusnya". Jumlah kolom pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari ratusan

sampai puluhan ribu kolom .

9. Rows

Rows atau baris merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "1,2,3 dan

seterusnya". Jumlah baris pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari puluhan

ribu baris sampai jutaan baris. 

10. Workbook

Pada tempat ini para pengguna mengisikan berbagai data sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam satu Workbook terdiri dari minimal 1 worksheet. 

11. Worksheet

Pengguna bisa menambah atau mengurangi jumlah Worksheet / lembar kerja pada satu

Workbook.

12. Horizontal Scrool

Berfungsi untuk melihat data / halaman yang tidak terlihat dalam satu tampilan atau satu layar

dengan cara menggeser secara horizontal atau ke kanan ke kiri.  

13. Page View

Digunakan untuk mengubah tampilan Microshoft Excell kedalam beberapa bentuk yaitu Normal

View, Page Layout View dan Page Break Preview. Normal View berfungsi menampilkan

Workbook secara utuh. Page Break Preview digunakan untuk menampilkan workbook kedalam

potongan-potongan halaman yang akan dicetak secara terpisah. Sedangkan Page Layout View

hampir sama dengan Page Break Preview, hanya saja perbedaanya ditampilkan kedalam

lembar kertas yang berbeda. 

14. Zoom

Berisi Zoom In dan Zoom Out yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil data yang

ada pada Workbook. 

15. Vertical Scrool

 berfungsi untuk mengulung/menggeser layar lembar kerja pada ms. word ke atas dan bawah.


Demikian sedikit tutorial buat sobat sobat semua semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :