Pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan sedekit tentang dasar-dasar Microsoft
Excell terutama tentang komponen-komponen Workbook excell beserta fungsinya.
1. Quick Access Toolbar
Secara default, Quick Access Toolbar berisi beberapa perintah-perintah yang sering digunakan
seperti Save, Undo dan Redo. Save digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang aktif.
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir. Sedangkan Redo digunakan untuk
membatalkan proses Undo terakhir. Isi dari Quick Access Toolbar bisa rekan-rekan tambahkan
sesuai dengan kebutuhan seperti Icon Print untuk mencetak dan lain-lain dengan cara
mengklik tanda panah disebelah kanan Quick Access Toolbar.
2. Title Bar
Fasilitas ini berfungsi untuk menampilkan nama file atau nama workbook yang aktif. Jika
Workbook belum disimpan, maka Title Bar menampilkan nama "Book-1". Namun apabila
Workbook tersebut sudah disimpan, maka akan berisi sesuai dengan nama Workbook / nama
file excell tersebut.
3. Resizing Button
Berisi berbagai macam tombol ukuran antara lain, simbol ( X ) atau Close berfungsi untuk
menutup Microshoft Excell. Simbol ( - ) atau Minimize berfungsi untuk meminimize dan
mengaktifkan Microshoft Excell ke Taskbar. Simbol ( Kotak ) atau Maximize berfungsi untuk
memperbesar tampilan Microshoft Excell satu layar penuh. Sedangkan simbol ( Kotak
Bertumpuk ) atau Restore digunakan untuk memperkecil ukuran jendela Microshoft Excell,
biasanya hanya tampil separuh satu layar komputer / laptop.
4. Menu Bar
Berfungsi macam-macam menu yang ada di Microshoft Excell antara lain menu Home, Insert,
Page Layout, Formula, Data, Review dan View. Selain menu tersebut, ada satu menu lainya
yaitu menu Developer. Menu ini berfungsi untuk memudahkan pengguna yang ingin
menggunakan Excell Macro.
5. Tab Ribbon
Berisi sekumpulan perintah-perintah dalam bentuk icon yang dikelompokan berdasarkan pada
kategori Menu Bar. Icon-icon tersebut akan ditampilkan apabila salah satu Menu Bar diklik.
6. Name Box
Digunakan untuk menampilkan nama Cell yang diklik atau menampilkan jumlah kolom dan
jumlah baris dalam range tertentu pada saat diblok.
7. Formula Bar
Berfungsi untuk menampilkan atau mengisikan data pada cell yang aktif. Data tersebut bisa
berupa text, angka ataupun rumus formula.
8. Column
Column atau kolom merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "A,B,C dan
seterusnya". Jumlah kolom pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari ratusan
sampai puluhan ribu kolom .
9. Rows
Rows atau baris merupakan bagian dari tabel yang mempunyai identitas "1,2,3 dan
seterusnya". Jumlah baris pada setiap versi Microshoft Excell berbeda-beda, dari puluhan
ribu baris sampai jutaan baris.
10. Workbook
Pada tempat ini para pengguna mengisikan berbagai data sesuai dengan kebutuhannya.
Dalam satu Workbook terdiri dari minimal 1 worksheet.
11. Worksheet
Pengguna bisa menambah atau mengurangi jumlah Worksheet / lembar kerja pada satu
Workbook.
12. Horizontal Scrool
Berfungsi untuk melihat data / halaman yang tidak terlihat dalam satu tampilan atau satu layar
dengan cara menggeser secara horizontal atau ke kanan ke kiri.
13. Page View
Digunakan untuk mengubah tampilan Microshoft Excell kedalam beberapa bentuk yaitu Normal
View, Page Layout View dan Page Break Preview. Normal View berfungsi menampilkan
Workbook secara utuh. Page Break Preview digunakan untuk menampilkan workbook kedalam
potongan-potongan halaman yang akan dicetak secara terpisah. Sedangkan Page Layout View
hampir sama dengan Page Break Preview, hanya saja perbedaanya ditampilkan kedalam
lembar kertas yang berbeda.
14. Zoom
Berisi Zoom In dan Zoom Out yang berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil data yang
ada pada Workbook.
15. Vertical Scrool
berfungsi untuk mengulung/menggeser layar lembar kerja pada ms. word ke atas dan bawah.
Demikian sedikit tutorial buat sobat sobat semua semoga bermanfaat