Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
MODUL AJAR
Oleh: Rida Hayani, M. Pd
A. IDENTIFIKASI
Identitas Modul
Mata Pelajaran : Mata Pelajaran Program Khusus Pengembangan Diri (bagi
peserta didik dengan hambatan intelektual)
Fase/Kelas : Kelas 12 Fase F
Semester 1
Jumlah pertemuan : 3x Pertemuan
Identifikasi Peserta Didik (Optional)
Peserta Didik mengalami keterbatasan intelektual. Sudah dapat menceritakan pengalaman
nya berkaitan dengan gempa namun belum mengenal simbol-simbol jalur evakuasi serta
untuk melakukan penyelamatan diri dan simulasi terhadap gempa masih memerlukan banyak
bantuan orang dewasa
Identifikasi Materi Pelajaran (Optional)
Materi pelajaran tentang mengenal tanda alami/gejala alam akan adanya bencana
(gempa), melakukan simulasi dan penyelamatan. Materi ini sangat penting diajarkan
bagi peserta didik gangguan intelektual agar terlatih untuk melakukan penyelamatan
diri secara tepat dan aman saat terjadi bencana alam (gempa). Materi dirancang
relevan dengan kondisi geografis Sumatera Barat yang rawan terhadap bencana
gempa dengan pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik
berkebutuhan khusus (hambatan intelektual).
Dimensi Profil Lulusan
Bernalar Kritis dan Kemandirian
B. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran (Optional)
Elemen Capaian Pembelajaran
Menolong Diri Peserta didik mampu menjaga keselamatan diri dalam
penggunaanruangan, naik turun tangga atau
eskalator, menggunakan lift mengenal tanda alami/gejala
alamakan adanya bencana, melakukan simulasi dan
penyelamatan, menggunakan alat dan benda untuk
menyelamatkan diri sendiri,serta menentukan cara mengatasi
kondisi tertentu yang membahayakan kesehatan dan
keselamatan diri dengan mandiri.
Lintas Disiplin Ilmu (Optional)
Materi ini relevan dengan mata pelajaran IPS tentang gejala alam
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang relevan dengan Capaian Pembelajaran
1. Memahami gejala alam adanya bencana gempa
2. Mengenal simbol-simbol evakuasi gempa
3. Melakukan simulasi penyelamatan terhadap bencana gempa
Topik Pembelajaran (Optional)
Penyelamatan diri saat terjadi bencana gempa
Praktik Pedagogis
1. Model Pembelajaran Experiential Learning (Pembelajaran berbasis Pengalaman)
2. Metode simulasi dan eksplorasi dan diskusi
Kemitraan Pembelajaran (Optional)
1. Komunitas Siaga Gempa dan Sunami
2. Tim Siaga Bencana Sekolah
3. Orangtua
Lingkungan Pembelajaran
1. Ruang Fisik : Lingkungangan sekolah sebagai titik kumpul, Lingkungan Luar Sekolah
Jalur Evakuasi
2. Ruang Virtual: Peta Evakuasi. Platform daring untuk berdiskusi dengan kogami dan
orangtua
3. Budaya Belajar: Kolaborasi, partisipasi dan kemandirian
Pemanfaatan Digital (Optional)
Perencanaan : Link kesiaga bencanaan
Pelaksanaan : Video, daring dengan orangtua, perpustakaan digital (daring)
Asesmen : Edugames
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
C. PENGALAMAN BELAJAR
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengalaman Belajar
MEMAHAMI
MENGAPLIKASI
Prinsip
Pembelajaran :
1. Berkesadaran
2. Mengembirakan
1. Guru membuka pelajaran dengan salam, doa bersama dan
menyapa serta menanyakan kodisi perserta didik
2. Guru melalukan permainan tepuk konsentrasi
3. Guru memulai dengan mengajak siswa bernyayi “jika ada gempa
dan mempraktekkan Gerakannya”
4. Guru memutar Video tentang bencana gempa di Sumatera Barat
5. Guru melakukan tanya jawab dengan murid terkait
pengalamannya saat terjadi gempa dan menumbuhkan
kesadaran perlu penyelamatan diri jika terjadi gempa.
Pengalaman
Belajar:
MEMAHAMI
Prinsip
Pembelajaran :
Berkesadaran
Langkah 1: Pengenalan Materi (Concrete Experience)
1. Pengenalan Konsep Bencana Gempa: Guru menjelaskan potensi
bencana gempa dan dampaknya terhadap lingkungan dan manusia.
2. Pengenalan Simbol evakuasi: Guru mengenalkan simbol-simbol
evakuasi gempa
3. Pengenalan Simulasi Penyelamatan Diri: Guru menjelaskan
pentingnya simulasi penyelamatan diri terhadap gempa dan
bagaimana cara melakukannya.
4. Pemutaran Video Evakuasi
Pertemuan 2
Pengalaman
Belajar:
MENGAPLIKASI
MEREFLEKSI
Prinsip
Pembelajaran :
Bermakna
Langkah 2: Pengalaman Langsung (Active Experimentation)
1. Simulasi Gempa: Peserta Didik melakukan simulasi gempa di kelas
untuk memberikan pengalaman langsung
2. Simulasi Penyelamatan Diri: Peserta Didik melakukan simulasi
penyelamatan diri terhadap gempa, seperti berlari ke tempat yang
aman, mengambil posisi aman, dan berkumpul di titik kumpul
sementara dengan memperhatikan rambu-rambu evakuasi.
3. Siswa mnceritakan pengalamannya hari ini
Pertemuan 3
Pengalaman Belajar
REFLEKSI
MEMAHAMI
Prinsip
Pembelajaran :
Bermakna
Mengembirakan
Langkah 3: Pengamatan dan Refleksi (Reflective Observation)
1. Pengamatan Siswa: Guru menampilkan video simulasi siswa
mengamati selama simulasi gempa dan penyelamatan diri untuk
mengetahui sejauh mana siswa memahami materi.
2. Refleksi Siswa: Guru meminta siswa untuk merefleksikan
pengalaman mereka selama simulasi gempa dan penyelamatan diri.
Langkah 4: Analisis dan Abstraksi (Abstract Conceptualization)
1. Analisis Pengalaman: Guru membantu siswa menganalisis
pengalaman mereka selama simulasi gempa dan penyelamatan diri.
2. Abstraksi Konsep: Guru membantu siswa memahami konsep
bencana gempa dan simulasi penyelamatan diri secara abstrak
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
D. ASESMEN PEMBELAJARAN
Asesmen Pembelajaran
Asesmen Awal Asesmen Proses Asesmen Akhir
Asesmen Awal untuk
mengetahui, karakteristik
dan tingkat kemampuan
peserta didik dan
menentukan tujuan
pembelajaran sesuai dengan
kemampuan dan kebutuhan
PDBK
Dilakukan saat proses
pembelajaran bisa berupa:
Performance
Simulasi
Unjuk Kerja
Asesmen untuk mengukur
capaian pembelajaran
peserta didik pada akhir
pembelajaran
Dilaksanakan setelah proses
pembelajaran bisa
berbentuk
Lisan
Tertulis
(seperti; gempa adalah bahaya alam yang yang memerlukan
persiapan, simulasi penyelamatan diri adalah latihan yang penting
serta kerjasama dan komunikasi adalah kunci keselamatan).
Langkah 5: Aplikasi dan Tindakan (Active Experimentation)
1. Aplikasi Pengetahuan: Guru membantu siswa mengaplikasikan
pengetahuan mereka tentang bencana gempa dan simulasi
penyelamatan diri dalam kehidupan sehari-hari.
2. Tindakan Preventif: Guru membantu siswa mengembangkan
tindakan preventif untuk menghadapi bencana gempa, seperti
membuat rencana evakuasi, menyimpan persediaan makanan dan
air, dan lain-lain.
3. Guru menutup kegiatan dengan melakukan senam siaga bencana
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
Rubrik Asesmen Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
A. ASESMEN SIKAP
1. Bernalar Kritis
Aspek
Penilaian Unggul Cakap Berkembang Dasar Belum
Berkembang
Logis/
Identifikasi
Tanda
Gempa
Mampu
mengidentifikasi
semua tanda
gempa dengan
tepat dan
memberikan
penjelasan yang
relevan.
Mampu
mengidentifikasi
sebagian besar
tanda gempa
dengan tepat
dan
memberikan
penjelasan yang
cukup relevan.
Mampu
mengidentifikasi
beberapa tanda
gempa dengan
tepat dan
memberikan
penjelasan yang
kurang relevan.
Mampu
mengidentifikasi
sedikit tanda
gempa dengan
tepat dan
memberikan
penjelasan yang
tidak relevan.
Tidak mampu
mengidentifikasi
tanda gempa.
Analisis
Situasi
Mampu
menganalisis
situasi gempa
dan
menentukan
langkah
penyelamatan
diri yang paling
tepat.
Mampu
menganalisis
situasi gempa
dan
menentukan
langkah
penyelamatan
diri yang cukup
tepat.
Mampu
menganalisis
situasi gempa
dan
menentukan
langkah
penyelamatan
diri yang kurang
tepat.
Mampu
menganalisis
situasi gempa
dan
menentukan
langkah
penyelamatan
diri yang tidak
tepat.
Tidak mampu
menganalisis
situasi gempa.
Evaluasi
Informasi
Mampu
membedakan
informasi yang
benar dan salah
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri.
Mampu
membedakan
sebagian besar
informasi yang
benar dan salah
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri.
Mampu
membedakan
beberapa
informasi yang
benar dan salah
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri.
Mampu
membedakan
sedikitinformasi
yang benar dan
salah tentang
gempa dan
penyelamatan
diri.
Tidak mampu
membedakan
informasi yang
benar dan salah
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri.
Penerapan
Konsep
Mampu
menerapkan
konsep-konsep
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri dalam
simulasi.
Mampu
menerapkan
sebagian besar
konsep-konsep
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri dalam
simulasi.
Mampu
menerapkan
beberapa
konsep-konsep
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri dalam
simulasi.
Mampu
menerapkan
sedikit konsep-
konsep tentang
gempa dan
penyelamatan
diri dalam
simulasi.
Tidak mampu
menerapkan
konsep-konsep
tentang gempa
dan
penyelamatan
diri dalam
simulasi.
Penyelesaian
Masalah
Mampu
menyelesaikan
masalah yang
muncul dalam
simulasi dengan
solusi yang
efektif.
Mampu
menyelesaikan
masalah yang
muncul dalam
simulasi dengan
solusi yang
cukup efektif.
Mampu
menyelesaikan
masalah yang
muncul dalam
simulasi dengan
solusi yang
kurang efektif.
Mampu
menyelesaikan
masalah yang
muncul dalam
simulasi dengan
solusi yang tidak
efektif.
Tidak mampu
menyelesaikan
masalah yang
muncul dalam
simulasi.
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
2. Kemandirian
Aspek Penilaian Unggul Cakap Berkembang Dasar Belum
Berkembang
Inisiatif
Selalu memulai
tindakan tanpa
dorongan,
proaktif dalam
mencari
informasi.
Sering memulai
tindakan tanpa
dorongan, aktif
mencari
informasi.
Terkadang
memulai
tindakan tanpa
dorongan,
sesekali
mencari
informasi.
Memerlukan
dorongan
untuk memulai
tindakan,
kurang inisiatif
mencari
informasi.
Tidak
menunjukkan
inisiatif, selalu
memerlukan
dorongan.
Tanggung Jawab
Melaksanakan
tugas dengan
tuntas dan
tepat waktu,
bertanggung
jawab atas
tindakannya.
Melaksanakan
tugas dengan
cukup tuntas
dan tepat
waktu,
bertanggung
jawab atas
sebagian
tindakannya.
Melaksanakan
tugas dengan
kurang tuntas
dan kurang
tepat waktu,
kurang
bertanggung
jawab atas
tindakannya.
Melaksanakan
tugas dengan
tidak tuntas
dan tidak tepat
waktu, tidak
bertanggung
jawab atas
tindakannya.
Tidak
melaksanakan
tugas, tidak
bertanggung
jawab atas
tindakannya.
Kemampuan
Mengatasi
Masalah
Mampu
mengatasi
masalah secara
mandiri
dengan solusi
yang efektif.
Mampu
mengatasi
masalah secara
mandiri
dengan solusi
yang cukup
efektif.
Mampu
mengatasi
masalah
dengan
bantuan
minimal.
Memerlukan
bantuan penuh
untuk
mengatasi
masalah.
Tidak mampu
mengatasi
masalah.
Kepercayaan Diri
Menunjukkan
kepercayaan
diri yang tinggi
dalam
melakukan
tugas dan
mengambil
keputusan.
Menunjukkan
kepercayaan
diri yang cukup
tinggi dalam
melakukan
tugas dan
mengambil
keputusan.
Menunjukkan
kepercayaan
diri yang cukup
dalam
melakukan
tugas dan
mengambil
keputusan.
Kurang
percaya diri
dalam
melakukan
tugas dan
mengambil
keputusan.
Tidak percaya
diri dalam
melakukan
tugas dan
mengambil
keputusan.
Kemandirian
dalam Simulasi
Melakukan
simulasi
penyelamatan
diri secara
mandiri tanpa
bantuan.
Melakukan
simulasi
penyelamatan
diri dengan
bantuan
minimal.
Melakukan
simulasi
penyelamatan
diri dengan
bantuan cukup
banyak.
Memerlukan
bantuan penuh
dalam
melakukan
simulasi
penyelamatan
diri.
Tidak
berpartisipasi
dalam simulasi
penyelamatan
diri.
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
B. ASESMEN PENGETAHUAN
Rubrik Penilaian Pengetahuan
Aspek
Penilaian Unggul Cakap Berkembang Dasar Belum
Berkembang
Mengenal
Tanda
Gempa
Mampu
menyebutkan
dan menjelaskan
semua tanda
gempa dengan
benar.
Mampu
menyebutkan
dan menjelaskan
sebagian besar
tanda gempa
dengan benar.
Mampu
menyebutkan
dan menjelaskan
beberapa tanda
gempa dengan
benar.
Mampu
menyebutkan
dan menjelaskan
sedikit tanda
gempa dengan
benar.
Tidak mampu
menyebutkan
atau
menjelaskan
tanda gempa.
Mengenal
Simbol
Evakuasi
Mampu
mengidentifikasi
dan menjelaskan
arti semua
simbol evakuasi
dengan benar.
Mampu
mengidentifikasi
dan menjelaskan
arti sebagian
besar simbol
evakuasi dengan
benar.
Mampu
mengidentifikasi
dan menjelaskan
arti beberapa
simbol evakuasi
dengan benar.
Mampu
mengidentifikasi
dan menjelaskan
arti sedikit
simbol evakuasi
dengan benar.
Tidak mampu
mengidentifikasi
atau
menjelaskan arti
simbol evakuasi.
Pengetahuan
Prosedur
Evakuasi
Mampu
menjelaskan
langkah-langkah
evakuasi yang
benar dan aman
secara rinci.
Mampu
menjelaskan
langkah-langkah
evakuasi yang
benar dan aman
secara umum.
Mampu
menjelaskan
beberapa
langkah
evakuasi yang
benar dan aman.
Mampu
menjelaskan
sedikit langkah
evakuasi yang
benar dan aman.
Tidak mampu
menjelaskan
langkah-langkah
evakuasi.
Pengetahuan
Keselamatan
Diri
Mampu
menjelaskan
cara-cara
melindungi diri
saat gempa dan
setelahnya
dengan benar.
Mampu
menjelaskan
cara-cara
melindungi diri
saat gempa dan
setelahnya
dengan cukup
benar.
Mampu
menjelaskan
beberapa cara
melindungi diri
saat gempa dan
setelahnya.
Mampu
menjelaskan
sedikit cara
melindungi diri
saat gempa dan
setelahnya.
Tidak mampu
menjelaskan
cara melindungi
diri.
Pemahaman
Simulasi
Mampu
menjelaskan
tujuan dan
manfaat
simulasi
penyelamatan
diri.
Mampu
menjelaskan
tujuan simulasi
penyelamatan
diri.
Mampu
menjelaskan
sebagian tujuan
simulasi
penyelamatan
diri.
Mampu
menjelaskan
sedikit tujuan
simulasi
penyelamatan
diri.
Tidak mampu
menjelaskan
tujuan simulasi
penyelamatan
diri.
C. ASESMEN KETERAMPILAN
Rubrik Penilaian Keterampilan
Aspek
Penilaian Unggul Cakap Berkembang Dasar Belum
Berkembang
Identifikasi
Tanda
Gempa
Mampu
mengidentifikasi
semua tanda
Mampu
mengidentifikasi
sebagian besar
Mampu
mengidentifikasi
beberapa tanda
Mampu
mengidentifikasi
sedikit tanda
Tidak mampu
mengidentifikasi
Template Modul Ajar Pembelajaran Mendalam
Rida Hayani, M. Pd (Pengawas SLB)
SLB Sumbar-2025
gempa dengan
tepat dan cepat
dalam simulasi.
tanda gempa
dengan tepat
dalam simulasi.
gempa dengan
tepat dalam
simulasi.
gempa dalam
simulasi.
tanda gempa
dalam simulasi.
Pemahaman
Simbol
Evakuasi
Mampu
mengikuti
simbol evakuasi
dengan benar
dan cepat dalam
simulasi.
Mampu
mengikuti
sebagian besar
simbol evakuasi
dengan benar
dalam simulasi.
Mampu
mengikuti
beberapa simbol
evakuasi dengan
benar dalam
simulasi.
Mampu
mengikuti
sedikit simbol
evakuasi dalam
simulasi.
Tidak mampu
mengikuti
simbol evakuasi
dalam simulasi.
Partisipasi
dalam
Simulasi
Berpartisipasi
aktif dalam
simulasi,
mengikuti
instruksi dengan
baik, dan
menunjukkan
respons yang
tepat.
Berpartisipasi
cukup aktif
dalam simulasi,
mengikuti
instruksi dengan
cukup baik, dan
menunjukkan
respons yang
cukup tepat.
Berpartisipasi
kurang aktif
dalam simulasi,
mengikuti
instruksi dengan
kurang baik, dan
menunjukkan
respons yang
kurang tepat.
Berpartisipasi
pasif dalam
simulasi,
mengikuti
instruksi dengan
tidak baik, dan
menunjukkan
respons yang
tidak tepat.
Tidak
berpartisipasi
dalam simulasi.
Kemampuan
Motorik
dalam
Evakuasi
Melakukan
gerakan
evakuasi
(merangkak,
berlindung,
keluar ruangan)
dengan lancar
dan aman.
Melakukan
gerakan
evakuasi dengan
cukup lancar dan
aman.
Melakukan
gerakan
evakuasi dengan
kurang lancar
atau kurang
aman.
Melakukan
gerakan
evakuasi dengan
tidak lancar dan
tidak aman.
Tidak mampu
melakukan
gerakan
evakuasi.
Respons
terhadap
Instruksi
Merespons
instruksi verbal
dan visual
dengan cepat
dan tepat.
Merespons
instruksi verbal
dan visual
dengan cukup
cepat dan tepat.
Merespons
instruksi verbal
dan visual
dengan kurang
cepat atau
kurang tepat.
Merespons
instruksi verbal
dan visual
dengan tidak
cepat dan tidak
tepat.
Tidak
merespons
instruksi.
Keterangan:
• Unggul: Siswa menunjukkan Sikap/Pengetahuan/keterampilan yang sangat baik.
• Cakap: Siswa menunjukkan Sikap/Pengetahuan/keterampilan yang baik.
• Berkembang: Siswa menunjukkan Sikap/Pengetahuan/keterampilan yang cukup.
• Dasar: Siswa menunjukkan Sikap/Pengetahuan/keterampilan yang kurang.
• Belum Berkembang: Siswa belum menunjukkan Sikap/Pengetahuan/keterampilan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru ,
Nama Kepala Sekolah Nama Guru
Nomor Induk Pegawai Nomor Induk Pegawai