3. Panduan MPLS yang Menyenangkan melalui Aktivitas Kreatif PPKSP Jenjang SD

 3. Panduan MPLS yang Menyenangkan melalui Aktivitas Kreatif PPKSP Jenjang SD



Dalam waktu dekat, satuan pendidikan akan melaksanakan

kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Tahun Ajaran 2024/2025 yang merupakan kegiatan pertama bagi

peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata

kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman

konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan

Sekolah bagi Siswa Baru bahwa dalam MPLS perlu dilakukan

kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan

sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan

nyaman bagi peserta didik.

Sejalan dengan hal tersebut, serta dalam rangka implementasi

pencegahan kekerasan sebagai mandat Permendikbudristek

Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan

Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP) dan

implementasi Sehat Jiwa sebagai salah satu fokus dalam

Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS), Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah

menyediakan panduan sosialisasi PPKSP pada saat pelaksanaan

MPLS, untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif,

berkebinekaan, dan aman bagi semua, melalui materi yang

sederhana dan efektif sehingga dapat digunakan di setiap jenjang.


3

Linimasa Aktivitas

Aktivitas


Mengajak peserta didik untuk melakukan ice

breaking.

Mengajak peserta didik untuk menciptakan

lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan,

dan aman bagi semua.

Mengajak siswa untuk menonton bareng film

pendek pencegahan kekerasan.

Memainkan permainan Mitos dan Fakta.

Mengembangkan komitmen dan harapan melalui

Kotak Harapan.

Memasang poster Bentuk-Bentuk Kekerasan di

Sekolah.

Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan.

Sebarkan aksimu melalui kampanye Media

Sosial.


Durasi

10 Menit


25 Menit


20 Menit


5 Menit

15 Menit


15 Menit


30 Menit

15 Menit


Aktivitas kreatif ini dapat dilakukan secara

berurutan dalam waktu 135 menit (3 JP)


Setiap aktivitas bisa dilakukan sewaktu-waktu menyesuaikan

program MPLS yang sudah disiapkan Satuan Pendidikan.

Setiap aktivitas dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk

proses belajar mengajar di kelas.

Catatan:


Memulai Aktivitas dengan

Ice Breaking


4


Dalam mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta

didik baru, Bapak dan Ibu Guru dapat mengisinya dengan ice

breaking saat perkenalan, awal acara, atau di sela-sela acara.

Ice breaking akan menciptakan suasana rileks dan ceria

sehingga peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti

acara.

Berbagai contoh ice breaking dapat Bapak dan Ibu Guru

dapatkan melalui Buku Aktivitas Kreatif yang tersedia untuk

berbagai jenjang.


Rekomendasi Ice Breaking

Jenjang SMA/K


Durasi 15-20 Menit

Garis Kehidupan


5


Guru membagi kelas menjadi dua kelompok besar.

Setiap kelompok diberi satu garis berhadapan, dan siswa

berdiri di belakang garis.

Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan dengan

melangkah ke depan garis.

Guru dapat memulai pertanyaan dari hal yang umum

sebelum mulai masuk ke hal yang lebih spesifik dan personal.

Beberapa contoh pertanyaan, misalnya sebagai berikut.

1.

2.

3.

4.

5.

Tujuan


Aktivitas

Mengajarkan siswa untuk belajar memahami apa yang terjadi

kepada orang lain dan menumbuhkan rasa empati atas apa yang

terjadi kepada orang lain.


Apakah kamu pernah memakan makanan kedaluwarsa?

Apakah kamu pernah terjatuh dari motor?

Apakah kamu pernah menangis di tempat umum?

Apakah kamu pernah membantu temanmu yang

mengalami kesulitan?

Apakah kamu pernah kehilangan uang?

Apakah kamu pernah kehilangan hewan peliharaan?

Apakah kamu memiliki uang tabungan?

Apakah kamu pernah tersesat?

Apakah kamu pernah dibantu orang yang tidak kamu

kenal?

Apakah kamu pernah membantu gurumu?

a.

b.

c.

d.

e.

f.

g.

h.

i.

j.


6


Diskusi

Pertanyaan Pemantik


Jawaban yang diharapkan

Apa yang dapat kamu pelajari dari kegiatan tersebut?

Apa yang kamu rasakan ketika melihat beberapa teman

mengalami hal yang sama denganmu?

Apa yang kamu rasakan ketika melihat beberapa teman

mengalami hal yang berbeda denganmu?

1.

2.

3.


1.


2.

3.

Siswa memahami bahwa setiap manusia memiliki

pengalaman hidup masing-masing sehingga siswa

menyadari beberapa pengalaman hidup mungkin sama

dan berbeda satu sama lain.

Siswa memahami bahwa apapun pengalaman hidup yang

dialami, siswa harus belajar menghargai orang lain.

Siswa belajar untuk mendengarkan kisah dari teman-teman

mereka dan mengerti bahwa mendengarkan adalah salah

satu langkah awal untuk memahami orang lain.

Ketika mulai masuk ke pertanyaan yang bersifat lebih

personal, guru meminta siswa untuk melihat ke sekeliling

mereka dan menyadari bahwa banyak teman-teman yang

mungkin mengalami hal yang sama dan berbeda dengan

mereka.

Guru bisa meminta beberapa siswa untuk berbagi mengenai

pengalaman hidupnya sehingga siswa lain bisa lebih

memahami cerita dan pengalaman siswa tersebut.

Permainan dapat dilanjutkan sampai beberapa pertanyaan

dijawab dan dilanjutkan dengan diskusi dari aktivitas yang

saja dilakukan.

Ilustrasi aktivitas dapat dilihat pada bagan di halaman

selanjutnya.

7.


8.


9.


Unduh berbagai contoh ide ice breaking lainnya pada tautan:

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/jenjang-sma-smk/


7


Membuka dengan Menyanyikan

Lagu Profil Pelajar Pancasila

Bersama

Subscribe to receive free email updates: