LK-1. Format Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran
Pada
tugas ini Anda diminta untuk menuliskan Laporan Hasil Analisis Penilaian
Pembelajaran pada salah satu kegiatan inovasi pembelajaran yang dilakukan. Silakan
ikuti langkah berikut ini untuk membantu Anda dalam menuliskan Laporan Hasil
Analisis Penilaian Pembelajaran (LK-2).
1.
Pilihlah
salah satu pembelajaran yang merupakan rencana aksi yang telah dirancang pada
langkah 7 MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Diharapkan pembelajaran yang
dipilih adalah pembelajaran yang direkam.
2.
Bandingkan
hasil penilaian pembelajaran (proses dan/atau hasil) siswa/i dengan capaian
pembelajaran yang Anda pilih.
3.
Lakukan
analisis terhadap penilaian yang telah dilaksanakan. Untuk analisis
penilaian, kaitkan hal-hal yang berjalan dengan baik dan hal-hal yang masih
menjadi hambatan saat kegiatan penilaian berlangsung dengan teori yang
dipelajari saat MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.
4.
Laporan
Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran pada PPL PPG Daljab diserahkan sebanyak
1x untuk siklus 1 dan 1x untuk siklus 2.
Nama
Mapel |
Tematik |
Tempat
Pelaksanaan |
|
Waktu
Pelaksanaan |
20 Januari 2024 |
Nama
Mahasiswa |
|
Nama
Guru Pamong |
|
Nama
Dosen |
|
I. Deskripsi Kegiatan Penilaian (Kegiatan
apakah yang Anda lakukan untuk menilai proses dan/atau hasil pembelajaran
siswa/i Anda saat inovasi pembelajaran berlangsung? Penilaian dapat berupa assessment
for learning, assessment as learning, atau assessment of learning) |
|
Pada kegiatan penilaian
pembelajaran menggunakan assessment of learning atau penilaian hasil belajar.
Penilaian yang dilakukan seperti penilaian pengetahuan, sikap, dan
keterampilan. Penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis dengan
soal uraian setelah pembelajaran selesai, Penilaian keterampilan dengan
menggunakan rubrik dengan bentuk lembar observasi Pada saat peserta
didik melakukan diskusi pemecahan masalah dan pada saat mempresentasikan
hasilnya, guru melakukan penilaian di lembar observasi. Penilaian sikap
dengan menggunakan teknik observasi dengan instrumen berupa jurnal pada saat pembelajaran berlangsung guru
menilai sikap siswa. |
|
II. Hasil dan Manfaat Penilaian (Bagaimana hasil yang diperoleh dari kegiatan penilaian yang
Anda lakukan? Apakah ada manfaat yang dirasakan siswa/i untuk meningkatkan
kemampuan sikap, pengetahuan dan/atau keterampilan terhadap topik yang
diajarkan? Apakah hasil penilaian menggambarkan pencapaian tujuan
pembelajaran yang Anda tetapkan? Kaitkan penjelasan Anda dengan materi yang
dipelajari pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran) |
|
Ø Dari hasil penilaian proses
pembelajaran Tematik yang dilakukan pada siklus 2 cukup baik dan terarah, dengan menggunakan lembar dan instrument penilaian yang sudah disiapkan, proses penilain observasi hasil belajar menjadi
menjadi lebih baik dan mudah
untuk dilakukan. Ø Manfaat yang dirasakan juga menjadi lebih baik, karena
proses pembelajaran Tematik yang dilakukan telah sesuai dengan
rencana pembelajaran yang
diimplementasikan di kelas,
salah satu manfaat
adalah siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran Ø Dari hasil
penilaian yang didapat
selama dan setelah
proses pembelajaran berlangsung sudah cukup menggambarkan hasil yang baik dan sesuai
dengan tujuan pembelajaran Tematik; 1)
Menganalisis dan menyimpulkan makna
secara kontekstual fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Deskriptif secara kritis, kreatif dan santun terkait topik
Menggambarkan Seseorang,dengan tingkat
kelancaran dan ketepatan yang optimal. 2)
Merancang teks tulis dan
mempresentasikan secara lisan
teks berbentuk Deskriptif terkait topik Menggambarkan seseorang dengan memerhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan sesuai konteks
secara santun, kritis,
kreatif, dan mandiri
dengan tingkat kelancaran dan ketepatan yang
optimal Ø Dengan pelaksanaan Metode Problem Based
Learning (PBL) dapat membantu pendidik memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada
peserta didik, dapat membantu
peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir memecahkan masalah dan
ketrampilan intelektual, belajar tentang berbagai Peran orang dewasa melalui perlibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi, dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri. |
|
III.
Tantangan
Kegiatan Penilaian (Apakah
yang menjadi tantangan Anda saat kegiatan penilaian berlangsung? Apakah hasil
penilaian menggambarkan penilaian yang komprehensif? Mengapa dan kaitkan
alasan Anda dengan materi dipelajari pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.) |
|
Beberapa tantangan yang terjadi yaitu : Menilai
kemajuan siswa secara
komprehensif dan akurat
adalah tantangan utama. Guru perlu mengukur berbagai
aspek seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pemahaman konsep,
penilaian dilakukan secara
konsisten antar guru dan selama
berbagai periode waktu bisa menjadi
tantangan. Tantangan itu yang menyebabkan seorang guru harus
melewatinya dengan berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai metode penilaian, termasuk metode yang memungkinkan pengukuran komprehensif, Guru dapat bekerja
sama dengan rekan guru untuk
berbagi pengalaman dan ide tentang
penilaian yang efektif Penilaian yang
sudah dilakukan sudah memperlihatkan penilaian yang komprehensif karena
penilaian ini mencakup berbagai aspek
dan komponen yang berkaitan dengan subjek atau keterampilan yang dinilai, mengukur
pencapaian siswa dalam mata pelajaran atau keterampilan tertentu. |
|
IV.
Solusi
Pemecahan Masalah (Adakah
solusi yang Anda lakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi pada kegiatan
penilaian? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada
MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.) |
|
Untuk memecahkan masalah dalam peniliaan seorang guru harus
melewatinya dengan berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang
berbagai metode penilaian, termasuk metode yang memungkinkan pengukuran komprehensif, Guru dapat bekerja sama dengan rekan guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang penilaian yang efektif. Menerapkan penilaian formatif secara
rutin dalam proses
pembelajaran untuk memberikan umpan balik berkelanjutan kepada siswa. |
|
V. Rencana Tindak Lanjut (Apakah
rencana tindak lanjut (RTL) Anda untuk menjadikan kegiatan dan hasil
penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pendekatan/metode/strategi
pembelajaran berikutnya?) |
|
Saya akan
membuat rubrik penilain yang jelas dan terstruktur untuk
memandu proses penilaian
yang konsisten dan objektif. Dan saya akan sering melakukan penilaian formatif secara rutin agar bisa mendapatkan umpan balik berkelanjutan kepada siswa. |
|
Daftar Pustaka Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Laman Resmi Penilaian Pendidikan. (https://www.puspendik.kemdikbud.go.id/penilaian/) |
Peukan
Pidie, 18 Januari 2024
Dibuat
oleh Disetujui
oleh
( , S.Pd ) ( …………………………… )