LK-1. Format Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran

LK-1. Format Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran

 

Pada tugas ini Anda diminta untuk menuliskan Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran pada salah satu kegiatan inovasi pembelajaran yang dilakukan. Silakan ikuti langkah berikut ini untuk membantu Anda dalam menuliskan Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran (LK-2).

1.   Pilihlah salah satu pembelajaran yang merupakan rencana aksi yang telah dirancang pada langkah 7 MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Diharapkan pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran yang direkam.

2.   Bandingkan hasil penilaian pembelajaran (proses dan/atau hasil) siswa/i dengan capaian pembelajaran yang Anda pilih.

3.   Lakukan analisis terhadap penilaian yang telah dilaksanakan. Untuk analisis  penilaian, kaitkan hal-hal yang berjalan dengan baik dan hal-hal yang masih menjadi hambatan saat kegiatan penilaian berlangsung dengan teori yang dipelajari saat MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.

4.   Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran pada PPL PPG Daljab diserahkan sebanyak 1x untuk siklus 1 dan 1x untuk siklus 2.

 


Nama Mapel

Tematik

Tempat Pelaksanaan


Waktu Pelaksanaan

 20 Januari 2024

Nama Mahasiswa

 

Nama Guru Pamong

 

Nama Dosen

 

    I.   Deskripsi Kegiatan Penilaian 

(Kegiatan apakah yang Anda lakukan untuk menilai proses dan/atau hasil pembelajaran siswa/i Anda saat inovasi pembelajaran berlangsung? Penilaian dapat berupa assessment for learning, assessment as learning, atau assessment of learning)

Pada kegiatan penilaian pembelajaran menggunakan assessment of learning atau penilaian hasil belajar. Penilaian yang dilakukan seperti penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis dengan soal uraian setelah pembelajaran selesai, Penilaian keterampilan dengan menggunakan rubrik dengan

 bentuk lembar observasi Pada saat peserta didik melakukan diskusi pemecahan masalah dan pada saat mempresentasikan hasilnya, guru melakukan penilaian di lembar observasi. Penilaian sikap dengan menggunakan teknik observasi dengan instrumen berupa jurnal

 pada saat pembelajaran berlangsung guru menilai sikap siswa.

 

  II.   Hasil dan Manfaat Penilaian

(Bagaimana hasil yang diperoleh dari kegiatan penilaian yang Anda lakukan? Apakah ada manfaat yang dirasakan siswa/i untuk meningkatkan kemampuan sikap, pengetahuan dan/atau keterampilan terhadap topik yang diajarkan? Apakah hasil penilaian menggambarkan pencapaian tujuan pembelajaran yang Anda tetapkan? Kaitkan penjelasan Anda dengan materi yang dipelajari pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran)

 

Ø  Dari hasil penilaian proses pembelajaran Tematik yang dilakukan pada siklus    2 cukup baik dan terarah, dengan menggunakan lembar dan instrument penilaian yang sudah disiapkan, proses penilain observasi hasil belajar menjadi menjadi lebih baik dan mudah untuk dilakukan.

Ø  Manfaat yang dirasakan juga menjadi lebih baik, karena proses pembelajaran Tematik yang dilakukan telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang diimplementasikan di kelas, salah satu manfaat adalah siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran

Ø  Dari hasil penilaian yang didapat selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung sudah cukup menggambarkan hasil yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran Tematik;

1)                Menganalisis dan menyimpulkan makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Deskriptif secara kritis, kreatif dan santun terkait topik Menggambarkan Seseorang,dengan tingkat kelancaran dan ketepatan yang optimal.

2)                Merancang teks tulis dan mempresentasikan secara lisan teks berbentuk Deskriptif terkait topik Menggambarkan seseorang dengan memerhatikan     fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai konteks secara santun, kritis, kreatif, dan mandiri dengan tingkat kelancaran dan ketepatan yang optimal

Ø  Dengan pelaksanaan Metode Problem Based Learning (PBL) dapat membantu pendidik memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada peserta didik, dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir memecahkan masalah dan ketrampilan intelektual, belajar tentang berbagai Peran orang dewasa melalui perlibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi, dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri.

 

 III.   Tantangan Kegiatan Penilaian

(Apakah yang menjadi tantangan Anda saat kegiatan penilaian berlangsung? Apakah hasil penilaian menggambarkan penilaian yang komprehensif? Mengapa dan kaitkan alasan Anda dengan materi dipelajari pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.)

 

Beberapa tantangan yang terjadi yaitu : Menilai kemajuan siswa secara komprehensif dan akurat adalah tantangan utama. Guru perlu mengukur berbagai aspek seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pemahaman konsep, penilaian dilakukan secara konsisten antar guru dan selama berbagai periode waktu bisa menjadi tantangan. Tantangan itu yang menyebabkan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai metode penilaian, termasuk metode yang memungkinkan pengukuran komprehensif, Guru dapat bekerja sama dengan rekan guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang penilaian yang efektif 

Penilaian yang sudah dilakukan sudah memperlihatkan penilaian yang komprehensif karena penilaian ini mencakup berbagai aspek dan komponen yang berkaitan dengan subjek atau keterampilan yang dinilai, mengukur pencapaian siswa dalam mata pelajaran atau keterampilan tertentu.

 

 IV.   Solusi Pemecahan Masalah

(Adakah solusi yang Anda lakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi pada kegiatan penilaian? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada MK Pengembangan Perangkat Pembelajaran.)

 

Untuk memecahkan masalah dalam peniliaan seorang guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti meningkatkan pemahaman mereka tentang berbagai metode penilaian, termasuk metode yang memungkinkan pengukuran komprehensif, Guru dapat bekerja sama dengan rekan guru untuk berbagi pengalaman dan ide tentang penilaian yang efektif. Menerapkan penilaian formatif secara rutin dalam proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik berkelanjutan kepada siswa.

 

   V.   Rencana Tindak Lanjut

(Apakah rencana tindak lanjut (RTL) Anda untuk menjadikan kegiatan dan hasil penilaian sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pendekatan/metode/strategi pembelajaran berikutnya?)

Saya akan membuat rubrik penilain yang jelas dan terstruktur untuk memandu proses penilaian yang konsisten dan objektif. Dan saya akan sering melakukan penilaian formatif  secara rutin agar bisa mendapatkan umpan balik berkelanjutan kepada siswa.

 

Daftar Pustaka

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.       Laman Resmi  Penilaian Pendidikan. (https://www.puspendik.kemdikbud.go.id/penilaian/)

 

 

Peukan Pidie, 18 Januari 2024

 

Dibuat oleh                                                                             Disetujui oleh





( , S.Pd )                                                          ( …………………………… )

 

 

 


Subscribe to receive free email updates: