LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah PPG Guru PJOK

 LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah Nama Guru : Muhammad Jamin, S.Pd Asal Institusi : SD Negeri Glee Cut No UKG : 201500336454 No Hasil eksplorasi penyebab masalah akar penyebab masalah Analisis akar penyebab masalah (data pendukung) Masalah terpilih yang akan diselesaikan

1


Berdasarkan permasalahan tentang Rendahnya hasil penilaian dalam bidang Atletik nomor lari jarak pendek start jongkok maka didapatkan hasil analisis eksplorasi penyebab masalah adalah sebagai berikut :

Kurangnya pengetahuan siswa mengenai Atletik nomor lari jarak pendek start jongkok, menyebabkan praktik yang dilakukan siswa tidak benar dan tidak sesuai dengan tahapan – tahapan yang telah ditentukan.

Setelah dilakukan analisis eksplorasi penyebab masalah, maka dapat diidentifikasikan akar penyebab masalah sebagai berikut :

Guru kurang kreatif merancang pembelajaran yang menarik peserta didik, sarana pembelajaran terbatas dan media yang digunakan tidak sesuai dengan kegiatan belajar. yang menyebabkan siswa enggan untuk melakukan latihan dan menyebabkan rendahnya hasil penilaian

Setelah ditentukan akar penyebab masalah, maka dapat ditentukan analisis akar penyebab masalah sebagai berikut:

Kurangnya eksplorasi guru mengenai metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dengan materi pembelajaran.

Kesalahan dalam koordinasi gerakan, seperti kapan harus melepaskan blok start atau cara mengatur langkah pertama, dapat memengaruhi kecepatan dan momentum awal.

1. Rendahnya hasil penilaian penilaian dalam bidang Atletik nomor lari jarak pendek start jongkok.

2. Kesalahan dalam koordinasi gerakan, seperti kapan harus melepaskan blok start atau cara mengatur langkah pertama, dapat memengaruhi kecepatan dan momentum awal.

2

Berdasarkan permasalahan tentang Kesalahan dalam koordinasi gerakan, seperti kapan harus melepaskan blok start atau cara mengatur langkah pertama, dapat memengaruhi kecepatan dan momentum awal.

Setelah dilakukan analisis eksplorasi penyebab masalah, maka dapat diidentifikasikan akar penyebab masalah sebagai berikut :

 Kurangnya sarana yang mendukung proses pembelajaran

Setelah ditentukan akar penyebab masalah, maka dapat ditentukan analisis akar penyebab masalah sebagai berikut:

Guru perlu melakukan modifikasi alat dan melakukan pengalihan tempat praktek yang

3.

maka didapatkan hasil analisis eksplorasi penyebab masalah adalah sebagai berikut :

Kurangnya koordinasi gerakan kaki dan tangan serta posisi pandangan dapat menyebabkan kurang maksimalnya hasil latihan.

Berdasarkan permasalahan tentang Posisi badan pada saat melakukan lari nomor jarak pendek star jongkok

maka didapatkan hasil analisis eksplorasi penyebab masalah adalah sebagai berikut :

Posisi badan yang tidak condong ke depan pada saat melakukan kegiatan inti akan mempengaruhi kecepatan lari.

berdampak kurang maksimal hasil belajar,

 peserta didik tidak bisa memaksimalkan bakat

ketrampilan.

Setelah dilakukan analisis eksplorasi penyebab masalah, maka dapat diidentifikasikan akar penyebab masalah sebagai berikut :

 Kurangnya latihan gerakan spesifik ( lari dengan sikap badan condong ke depan ) akan mempengaruhi kecepatan lari.

 Guru tidak menjelaskan secara detail gerakan pada saat peserta didik melakukan lari.

lebih baik dan aman. untuk mempermudah siswa melakukan praktek Atletik nomor lari jarak pendek start jongkok.

Setelah ditentukan akar penyebab masalah, maka dapat ditentukan analisis akar penyebab masalah sebagai berikut:

Guru memberikan refleksi dan tindak lanjut. untuk mempermudah siswa melakukan praktek lari dengan posisi badan condong ke depan. Serta menggunakan perangkat TIK untuk mememudahkan siswa memperagakan gerakan latihan.

Subscribe to receive free email updates: