LK
1.3 Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih yang akan diselesaikan
No. |
Hasil eksplorasi penyebab masalah |
Akar penyebab masalah |
Analisis akar penyebab masalah |
Masalah terpilih yang akan diselesaikan |
1 |
1.
Peserta didik
belum antusias dalam kegiatan belajar baik di rumahnya maupun di sekolah. 2.
Kurangnya
perhatian dari keluarga peserta didik dalam memantau kegiatan belajar anak di
rumah. 3.
Pengaruh
penggunaan gadget membuat peserta didik lebih cenderung menggunakanya untuk
bermain game dari pada belajar. 4.
Kondisi
lingkungan dan teman sebayanya yang juga kurang mendukung terhadap motivasi
belajar siswa 5.
Guru belum
optimal dalam memanfaatkan
teknologi/inovasi dalam pembelajaran. |
Guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi/inovasi dalam pembelajaran |
Setelah di analisis penyebabnya
adalah : 1.
Rendahnya
tingkat belajar siswa di rumah. 2.
Faktor
lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung. 3.
Guru belum
melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan. 4.
Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan
belajar mengajar. |
1.
Minat belajar
siswa masih rendah dalam pembelajaran IPA materi rotasi dan revolusi bumi 2.
Hasil belajar
siswa masih rendah dalam pembelajaran IPS materi bentuk kerja sama negara
ASEAN bidang politik, sosial budaya, IPTEK dan ekonomi |
2 |
1.
Peserta didik
belum banyak memiliki wawasan pemahaman terkait materi pembelajaran yang
diberikan 2.
Peserta didik
hanya mengandalkan pembelajaran dari guru sebagai media utama dalam
pembelajaran 3.
Guru belum optimal
memanfaatkan model-model pembelajaran inovatif. 4.
Pemanfaatan
gadget di rumah lebih cenderung digunakan untuk bermain game dari pada untuk
belajar dan mengerjakan tugas. |
Guru belum optimal dalam
menggunakan pemanfaatan model pembelajaran inovatif. |
Setelah di analisis penyebabnya
adalah : 1. Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik
terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. 2. Faktor lingkungan dan sosial yang masih
menganggap belajar cukup di sekolah. 3. Guru belum memahami konsep dan penerapan model-model
pembelajaran inovatif berdasarkan karakternya. |
|
3 |
1.
Peserta didik belum mampu
melakukan pemecahan soal-soal HOTS. 2.
Peserta didik masih
terbiasa dengan soal-soal LOTS dan MOTS. 3.
Pembelajaran yang
dilakukan guru belum mengarah ke HOTS masih pembelajaran berbasis LOTS dan
MOTS |
Pembelajaran yang dilakukan guru belum
mengarah ke HOTS masih pembelajaran berbasis LOTS dan MOTS |
Setelah di analisis penyebabnya
adalah : 1.
Peserta didik
masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. 2.
Pembelajaran
yang dilakukan guru belum mengarah ke proses kemampuan peserta didik dalam
berpikir level kognitif yang tinggi. (Pembelajaran
masih LOTS dan MOTS). 3.
Faktor
lingkungan belajar siswa yang masih terbiasa dengan soal-soal level mudah dan
sedang. |
|