LK 1.3 Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih yang akan diselesaikan

 

LK


1.3 Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih yang akan diselesaikan

 

No.

Hasil eksplorasi penyebab masalah

Akar penyebab masalah

Analisis akar penyebab masalah

Masalah terpilih yang akan diselesaikan

1

1.    Peserta didik belum antusias dalam kegiatan belajar baik di rumahnya maupun di sekolah.

2.    Kurangnya perhatian dari keluarga peserta didik dalam memantau kegiatan belajar anak di rumah.

3.    Pengaruh penggunaan gadget membuat peserta didik lebih cenderung menggunakanya untuk bermain game dari pada belajar.

4.    Kondisi lingkungan dan teman sebayanya yang juga kurang mendukung terhadap motivasi belajar siswa

5.    Guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.

 

Guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi/inovasi dalam pembelajaran

Setelah di analisis penyebabnya adalah :

1.    Rendahnya tingkat belajar siswa di rumah.

2.    Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung.

3.    Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.

4.    Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

 

1.      Minat belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran IPA materi rotasi dan revolusi bumi

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Hasil belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran IPS materi bentuk kerja sama negara ASEAN bidang politik, sosial budaya, IPTEK dan ekonomi

 

2

1.    Peserta didik belum banyak memiliki wawasan pemahaman terkait materi pembelajaran yang diberikan

2.    Peserta didik hanya mengandalkan pembelajaran dari guru sebagai media utama dalam pembelajaran

3.    Guru belum optimal memanfaatkan model-model pembelajaran inovatif.

4.    Pemanfaatan gadget di rumah lebih cenderung digunakan untuk bermain game dari pada untuk belajar dan mengerjakan tugas.

 

 

Guru belum optimal dalam menggunakan pemanfaatan model pembelajaran inovatif.

Setelah di analisis penyebabnya adalah :

1.  Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.

2.  Faktor lingkungan dan sosial yang masih menganggap belajar cukup di sekolah.

3.  Guru belum memahami konsep dan penerapan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakternya.

 

3

1.    Peserta didik belum mampu melakukan pemecahan soal-soal HOTS.

2.    Peserta didik masih terbiasa dengan soal-soal LOTS dan MOTS.

3.    Pembelajaran yang dilakukan guru belum mengarah ke HOTS masih pembelajaran berbasis LOTS dan MOTS

Pembelajaran yang dilakukan guru belum mengarah ke HOTS masih pembelajaran berbasis LOTS dan MOTS

Setelah di analisis penyebabnya adalah :

1.    Peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.

2.    Pembelajaran yang dilakukan guru belum mengarah ke proses kemampuan peserta didik dalam berpikir level kognitif yang tinggi. (Pembelajaran masih LOTS dan MOTS).

3.    Faktor lingkungan belajar siswa yang masih terbiasa dengan soal-soal level mudah dan sedang.

 

 

Subscribe to receive free email updates: