ANBK Asesmen Nasional yang merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hasil evaluasi yang dipotret dari input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Hal ini dapat diketahui laman ANBK Kemdikbud RI.
Pelaksanaan Asesmen Nasional dengan 3(tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi dan Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.
Ketiga Instrumen tersebut memiliki sasaran penilaian yang berbeda yaitu:Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
Survey Karakter adalah untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
Sedangkan Survey Lingkungan Belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.
Ada pun Tugas Proktor Sebelum Ujian
1. Meng-akses website ANBK, dan pastikan:
o Mendaftarkan Komputer Proktor untuk mendapatkan ID Proktor.
o Mendownload peserta didik pada menu *Peserta*.
o Mengatur Sesi dan komputer proktor pada setiap peserta didik.
o Meng-input nama Guru dan Kepala Sekolah pada menu Input Guru.
o Meng-input foto peserta didik pada menu Kartu Peserta lalu klik Upload Foto.
o Mencetak Kartu Login peserta didik dan guru pada menu Kartu Peserta.
o Mencetak Daftar Hadir Peserta ANBK pada menu Cetak Daftar Hadir.
2. Mengecek dan memastikan semua komputer proktor terhubung dengan internet dan jaringan lokal.
3. Mengecek IP address komputer proktor sudah dijadikan statik.
4. Mengecek dan memastikan seluruh komputer client dapat mengakses komputer proktor dengan perintah “ping” pada DOS promt dari komputer client ke host komputer proktor lokal dan sebaliknya.
5. Pada moda Semi Daring menginstal dan menjalankan program aplikasi ANBK di setiap komputer proktor (Virtual Box dan Setting Virtual Mechine).
6. Pada moda Daring, cukup men-copy aplikasi Proktor_Browser_64bit.
7. Mengaktifkan ExcamBro_Admin sehingga VHD bekerja dengan baik sampai tampil halaman Login Proktor.
8. Dibantu teknisi melakukan sinkronisasi komputer proktor sesuai dengan jadwalnya (lihat info di website ANBK).
9. Jika di sekolah/madrasah terdapat lebih dari 1 komputer proktor. Pastikan semua komputer proktor yang akan dipakai harus sinkronisasi terlebih dahulu.
10. Setelah komputer proktor selesai proses sinkronisasi, pastikan:
o Data siswa yang ada di program aplikasi sudah sesuai,
o Melakukan setting Transfer Respon (TR).
o Data pada menu Status Tes sudah tampil.
o Meng-input Foto peserta didik pada menu Foto Peserta Tes.
11. Proktor bersama dengan teknisi meng-copy aplikasi examBrowser_Client pada semua komputer client dan mastikan berfungsi dan berjalan dengan baik pada komputer client.
B. Tugas Proktor Pada Saat Pelaksanaan Ujian
1. Menjalankan examBro_Admin pada komputer proktor dan memastikan sampai tampil CBTSync Login.
2. Proktor bersama dengan teknisi menjalankan aplikasi examBro_Client memastikan tampil halaman Login pada setiap komputer client.
3. Proktor melakukan login pada komputer proktor dengan meng-input ID Proktor dan Password dan memastikan status AKTIF pada halaman Dashboard. (bila tidak tertulis AKTIF baca kembali modul TroubleShooting).
4. Meng-aktifkan menu Status Tes sesuai dengan Hari, Tes, dan Sesi.
5. Meng-aktifkan (mencentang seluruh peserta) dengan meng-klik tombol Assign All pada menu Kelompok Tes.
6. Menyerahkan Kartu Login kepada Pengawas ANBK untuk dibagikan kepada peserta.
7. Mempersilahkan peserta untuk login pada komputer client dan mengumumkan TOKEN.
8. Proktor meng-akses website ANBK dan meng-input Berita Acara pada menu Berita Acara Pelaksanaan.
9. Proktor mencetak Berita Acara dan bersama dengan pengawas menandatangani Berita Acara Pelaksanaan.
10. Apabila ada gangguan teknis yang menyebabkan peserta keluar tes tanpa logout sehingga login kembali, maka:
o mereset peserta yang bersangkutan pada menu Reset Login.
o merilis TOKEN terbaru kepada peserta didik tersebut.
11. Lima menit sebelum waktu berakhir, mengingatkan peserta tentang langkah/cara Logout dari aplikasi Tes.
12. Proktor memastikan semua peserta berstatus Tes Selesai pada menu Status Peserta.
13. Apabila ada peserta dengan status Tes Sedang Dikerjakan sedangkan peserta sudah meninggalkan ruangan ujian, maka proktor Login dengan akun siswa pada komputer client dan melakukan Selesai Tes serta Logout dengan benar.
14. Melakukan klik tombol Upload Hasil pada menu Status Peserta dan memastikan semua peserta berhasil Terupload pada kolom Status Upload.
C. Tugas Proktor Setelah Ujian Selesai
1. Mencetak laporan pada menu Laporan.
2. Keluar/Logout CBTSync dan mematikan Virtual Machine.
3. Proktor bersama dengan teknisi mematikan semua komputer client.
4. Men-scan dan meng-unggah Berita Acara pada website ANBK.
5. Men-scan dan meng-unggah Daftar Hadir pada website ANBK.