INSTRUMEN TELAAH ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
Contoh Format terbaru Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat tahun 2023
Nama Sekolah : ..........................................
Nama Guru : ..........................................
Pangkat/Golongan Mata
Pelajaran
Jumlah Jam Tatap Muka
: ..........................................
: ..........................................
: ..........................................
Semester/Kelas : ..........................................
NO KOMPONEN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
Penilaian
Tidak Keterangan
ada
Ada tetapi
tidak
Sesuai
Ada dan
Sesuai
1 Kalender Pendidikan 2
2 Program Tahunan 2
3 Pemanfaatan Hasil Asesmen Diagnostik 2
4 Alur Tujuan Pembelajaran 2
5 Modul Ajar 2
6 Bahan Ajar/Buku Guru dan Buku Siswa 2
7 Jadwal Pelajaran 2
8 Program Penilaian 2
9 Daftar Nilai / Hasil Asesmen 2
10 Agenda Harian 2
11 Absensi Murid 2
Jumlah 22
Skor Total 22
Ketercapaian 100,00%
Saran:
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Sumenep. .............................
Kepala Sekolah
.............................
NIP. .
INSTRUMEN PENELAAHAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ........................................
Mata Pelajaran : .......................................
Kelas : ........................................
Semester : ........................................
Nama Guru : ........................................
Waktu Telaah : 2022
Supervisor : ..........................................
No Komponen /Indikator
Penilaian
Catatan Ya
Tidak
Sesuai
Tidak
Sesuai
A. Identitas Silabus
1
Mencantumkan: nama sekolah,
mata pelajaran, Kelas, Semester,
dan CP.
2
B. Peta Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
2
Peta Kompetensi sesuai fase usia /
pembelajaran
2
3 Capaian Pembelajaran 2
4 Tujuan Pembelajaran 2
C. Komponen ATP
5
ATP mencakup komponen
kompetensi
2
6 ATP mencakup komponen konten 2
7 ATP mencakup komponen variasi 2
D Kriteria ATP
8
Menggambarkan urutan
pengembangan kompetensi yang
harus dikuasai murid
9
Alur tujuan pembelajaran dalam
satu fase menggambarkan cakupan
dan tahapan pembelajaran yang
linear dari awal hingga akhir fase
2
10
Alur tujuan pembelajaran pada
keseluruhan fase menggambarkan
cakupan dan tahapan
pembelajaran yang
menggambarkan tahapan
perkembangan kompetensi
antarfase dan jenjang
2
11
Identifikasi elemen dan atau
subelemen Profil Pelajar
Pancasila yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang
dirumuskan
2
12 Alur Tujuan Pembelajaran 2
Jumlah 24
Skor Total 24
Nilai Akhir 100
Nilai Akhir : Nilai Perolehan : X 100 = Predikat: SB /B /C/ K
Nilai Maksimum (24)
Saran :
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
Sumenep. .............................
Kepala Sekolah
.............................
NIP.
Keterangan :
Predikat Nilai
Sangat Baik (S 91 - 100
Baik (B) 81 - 90
Cukup (C) 71 - 80
Kurang (K) ≤70
INSTRUMEN TELAAH MODUL AJAR
Nama Sekolah : ..........................................
Nama Guru :...........................................
Mata pelajaran :...........................................
Elemen :...........................................*)
Kelas/Semester : .........................................
Tujuan Pembelajaran :..............................................................................
No
Komponen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan revisi
1 2 3
A Identitas Mata Pelajaran Tidak ada
Kurang
Lengkap
Sudah
Lengkap
1.
Terdapat: Nama penyusun,
institusi, dan tahun disusunnya,
Kelas, Alokasi waktu
2
B
Kompetensi Awal dan Profil
Pelajar Pancasila
2 Kompetensi Awal 2
3 Profil Pelajar Pancasila 2
C. Sarana dan Prasarana
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya
4
Kesesuaian dan ketepatan
penggunaan fasilitas yang
dibutuhkan untuk menunjang
kegiatan pembelajaran
2
5
Kesesuaian dan ketepatan
penggunaan materi dan sumber
bahan ajar lain yang relevan yang
digunakan dalam kegiatan
pembelajaran
2
D. Target Murid
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya
6
Materi, Strategi, untuk
Muridreguler/tipikal
2
7
Materi, Strategi, untuk
Muriddengan kesulitan belajar
2
8
Materi, Strategi, untuk
Muriddengan pencapaian
tinggi
2
E Model Pembelajaran
9
Model pembelajaran tatap muka,
dan
10
Model pembelajaran jarak jauh
dalam jaringan (PJJ Daring),
2
11
Model pembelajaran jarak jauh
luar jaringan (PJJ Luring),
2
12 Model pembelajaran blended 2
F Komponen Pembelajaan
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya
13 Ketepatan Tujuan Pembelajaran 2
14 Pemahaman Bermakna 2
15 Pertanyaan Pemantik 2
16 Persiapan Pembelajaran 2
G Skenario Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya
17
Kegiatan pendahuluan
berisi: Orientasi, Motivasi, dan
Apersepsi
2
18 Kegiatan inti berisi:
a. Memfasilitasi kegiatan siswa
untuk mengamati, mendengar,
dan menyimak
2
b. Mendorong siswa untuk
bertanya apa, mengapa dan
bagaimana berbentuk perumusan
masalah
2
c. Membimbing siswa untuk
mengumpulkan informasi/
eksplorasi dalam rangka
menjawab pertanyaan
2
d. Membimbing siswa untuk
menyimpulkan/mensintesa data
atau informasi yang terkumpul
2
e. Memotivasi siswa untuk
mengomunikasikan
2
19
Kegiatan penutup berisi:
rangkuman, refleksi, dan tindak
lanjut
a. Memfasilitasi dan membimbing
siswa merangkum materi
pelajaran
2
b. Memfasilitasi dan membimbing
siswa merefleksi kegiatan yang
sudah dilaksanakan
2
c. Memberikan umpan balik
terhadap hasil pembelajaran
2
H
Rancangan Penilaian
Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya
20
Kesesuaian bentuk, tehnik dan
instrument dengan tujuan
pembelajaran
2
21
Kesesuaian antara bentuk,tehnik
dan instrument Penilaian Sikap
2
22
Kesesuaian antara bentuk, tehnik
dan instrument Penilaian
Pengetahuan
2
23
Kesesuaian antara bentuk, teknik
dan instrumen Penilaian
Keterampilan
2
I Pembelajaran Remedial
24
Merumuskan kegiatan
pembelajaran remedial yang
sesuai dengan karakteristik
murid, alokasi waktu, sarana,
dan media pembelajaran
2
25
Menuliskan salah satu atau lebih
aktivitas kegiatan pembelajaran
remedial, berupa:
2
•- Pembelajaran ulang
•- Bimbingan perorangan
•- Belajar kelompok
•- Tutor sebaya
J Pembelajaran Pengayaan
26
Merumuskan kegiatan
pembelajaran pengayaan sesuai
dengan karakteristik murid,
alokasi waktu, sarana dan
media pembelajaran
2 +
K Lampiran
27 Lembar Kerja Murid 2
28
Bahan Bacaan guru dan Peserta
Didik
2
29 Glosarium 2
30 Daftar Pustaka 2
Jumlah 70
Skor Total 70
Nilai Akhir 100
Keterangan :
Predikat Nilai
ngat Baik (SB) 91 - 100
Baik (B) 81 - 90
Cukup (C) 71 - 80
Kurang (K) ≤70
Masukan terhadap modul ajar secara umum
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
Sumenep. .............................
Kepala Sekolah
.............................
NIP. .
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN ................................
Nama Sekolah : ..........................................
Nama Guru :...........................................
Mata pelajaran :...........................................
Tema/ Topik : *)
Sub Tema/ Sub Topik :*)
Kelas/Semester : .........................................
Waktu Pelaksanaan Penilaian : .........................................
Capaian Pembelajaran : .........................................
No Aspek yang diamati: Pelaksanaan Pembelajaran
Ya
Tidak Catatan
Sudah
Lengkap/
S esuai
Kurang
Lengkap/S
esuai
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Orientasi
a. Guru menyiapkan fisik dan psikis
muriddengan menyapa dan memberi
salam.
2
b. Guru menyampaikan rencana kegiatan:
mengelola emosional dan kesadaran sosial
siswa (KSE) dan menyepakati keyakinan kelas.
2
2. Motivasi
a. Guru mengajukan pertanyaan pemantik
yang menantang untuk memotivasi Murid.
2
b. Guru menyampaikan manfaat hal
yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari
2
3. Apersepsi
a. Guru menyampaikan capaian pembelajaran
dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2
b. Guru mengaitkan materi dengan materi
pembelajaran sebelumnya
2
c. Guru mengelola KSE siswa untuk fokus
pada materi yang akan diajarkan.
2
B. Kegiatan Inti
1. Penguasaan materi pembelajaran
a. Guru menyampaikan materi ajar dengan
mencari jawaban pertanyaan pemantik
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2
b. Guru mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan, perkembangan
iptek, budaya positif dan kehidupan nyata
2
c. Guru menyajikan pembahasan materi
pembelajaran dengan tepat.
2
d. Guru menyajikan materi secara sistematis
(mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)
2
2.
Penerapan strategi pembelajaran yang
mendidik
a. Guru melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai. Menggunakan kelompok berbeda
(bisa atas dasar gaya belajar murid)
2
b. Guru melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan partisipasi aktif muriddalam
mengajukan pertanyaan
2
c. Guru melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan partisipasi aktif murid dalam
mengemukakan pendapat (mendorong dan
menumbuhkan KSE siswa)
2
d. Guru melaksanakan pembelajaran yang
mengembangkan keterampilan murid sesuai
dengan materi ajar (menumbuhkan
manajemen diri murid)
2
e. Guru melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual sesuai dengan gaya
belajar murid (Diferensiasi Proses)
2
f. Guru melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan
sikap positif (nurturant effect )
(Menumbuhkan KSE Siswa)
2
g. Guru melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
2
3
Aktivitas Pembelajaran HOTS dan Kecakapan
Abad 21 (4C)
a. Guru melaksanakan pembelajaran yang
mengasah kemampuan Creativity murid
(menumbuhkan KSE Murid)
2
b. Guru melaksanakan pembelajaran
yang mengasah kemampuan Critical
Thinking Creativity murid
(menumbuhkan KSE Murid)
2
c. Guru melaksanakan pembelajaran yang
mengasah kemampuan Communication
Creativity murid (menumbuhkan KSE
Murid)
2
d. Guru melaksanakan pembelajaran
yang mengasah kemampuan
Collaboration Creativity murid
(menumbuhkan KSE Murid)
2
5 Kualitas pembelajaran: manajemen kelas
a. Guru menciptakan suasana kelas yang
kondusif untuk proses belajar mengajar
(sesuai dengan kesepakatakn kelas dan KSE).
2
b. Guru menerapkan prinsip disiplin
positif (reinforcement atau pembentukan
perilaku adaptif) dalam menegakkan
aturan kelas yang telah disepakati bersama.
2
6 Kualitas pembelajaran: dukungan afektif
a. Guru mengomunikasikan pesan bahwa guru
percaya akan kemampuan semua murid untuk
belajar dan berprestasi secara akademik.
2
b. Guru memberikan perhatian dan bantuan
ekstra kepada murid sesuai dengan kebutuhan
belajar se tiap murid.
2
c. Guru melakukan evaluasi terhadap hasil
pekerjaan dan perilaku murid dengan cara
yang mendorong murid untuk terus
meningkatkan kemampuannya.
2
7 Kualitas pembelajaran: aktivasi kognitif dan
diferensiasi
a. Guru melaksanakan praktik adaptasi
pengajaran sebagai respon atas umpan balik
dan respon murid terhadap kebutuhan
belajarnya. Guru dapat memberikan konten
materi berbeda dalam capaian pembelajaran
yang sama di beberapa kelompok (Diferensiasi
Konten)
2
b. Guru memberi penjelasan dalam
kelompok yang berbeda dengan proses
diferensiasi yang terstruktur tentang
materi pelajaran, serta pemberian contoh
tentang cara menerapkannya. (Diferensiasi
Proses)
2
c. Guru melakukan praktik pengajaran yang
mendorong kolaborasi dan komunikasi antar
murid dalam konteks memaknai dan
memahami materi ajar
2
8 Pembelajaran Literasi Dan Numerasi
a. Guru melakukan pengajaran yang
mendorong keterampilan literasi murid
2
b. Guru melakukan pengajaran yang
mendorong keterampilan numerasi murid
2
9
Pemanfaatan sumber belajar/media
pembelajaran
a. Guru menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar yang
bervariasi. (Diferensiasi Proses)
2
b. Guru menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan media pembelajaran
2
c. Guru melibatkan murid dalam
pemanfaatan sumber belajar
(manajemen diri murid)
2
d. Guru melibatkan murid dalam
pemanfaatan media pembelajaran (Berpusat
pada murid)
2
e. Menghasilkan kesan yang menarik 2
10
Penggunaan Bahasa yang benar dan tepat
dalam pembelajaran
a. Guru dapat menggunakan bahasa lisan
secara jelas dan
lancar (komunikasi efektif)
2
b. Guru dapat enggunakan bahasa tulis yang
baik dan
benar
2
C. Kegiatan Penutup
1. Proses rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
a. Guru memfasilitasi dan membimbing murid
merangkum materi pelajaran. (refleksi)
2
b. Guru menunjukkan aktivitas belajar yang
bertujuan meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan mengajar.
2
c. Guru menunjukkan aktivitas untuk
mengevaluasi dan merefleksikan praktik
pengajaran yang telah diterapkan, terutama
dari sisi dampaknya terhadap belajar
murid.
2
d. Guru menerapkan cara, bahan, dan/atau
pendekatan baru dalam praktik pengajaran,
mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
sampai evaluasi pembelajaran.
2
e. Guru melaksanakan tindak lanjut dengan
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas perbaikan dan pengayaan secara
individu atau kelompok.
2
2. PelaksanaanPenilaian Hasil Belajar
a. Guru melaksanakan Penilaian Produk
melalui Projek/ Hasil Produk (Diferensiasi
Produk)
2
b. Guru melaksanakan Penilaian Pengetahuan
melalui tes formatif
2
c. Guru melaksanakan Penilaian sikap siswa;
observasi sikap siswa.
2
Jumlah 94
Skor Total 94
Nilai Akhir 100
Keterangan :
Predikat Nilai
Sangat Baik (SB) 91 - 100
Baik (B) 81 - 90
Cukup (C) 71 - 80
Kurang (K) ≤70
Masukkan terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran secara umum:
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
Sumenep. .............................
Kepala Sekolah
.............................