Contoh Format terbaru Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat tahun 2023

 INSTRUMEN TELAAH ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Contoh Format terbaru Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat tahun 2023


Nama Sekolah : ..........................................

Nama Guru : ..........................................

Pangkat/Golongan Mata

Pelajaran

Jumlah Jam Tatap Muka



: ..........................................

: ..........................................

: ..........................................


Semester/Kelas : ..........................................


NO KOMPONEN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN


Penilaian


Tidak Keterangan

ada

Ada tetapi

tidak

Sesuai


 >link file


Ada dan

Sesuai

1 Kalender Pendidikan 2

2 Program Tahunan 2

3 Pemanfaatan Hasil Asesmen Diagnostik 2

4 Alur Tujuan Pembelajaran 2

5 Modul Ajar 2

6 Bahan Ajar/Buku Guru dan Buku Siswa 2

7 Jadwal Pelajaran 2

8 Program Penilaian 2

9 Daftar Nilai / Hasil Asesmen 2

10 Agenda Harian 2

11 Absensi Murid 2

Jumlah 22

Skor Total 22

Ketercapaian 100,00%


Saran:

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................


Sumenep. .............................

Kepala Sekolah


.............................

NIP. .


INSTRUMEN PENELAAHAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : ........................................

Mata Pelajaran : .......................................

Kelas : ........................................

Semester : ........................................

Nama Guru : ........................................

Waktu Telaah : 2022

Supervisor : ..........................................

No Komponen /Indikator


Penilaian

Catatan Ya


Tidak


Sesuai

Tidak

Sesuai


A. Identitas Silabus

1

Mencantumkan: nama sekolah,

mata pelajaran, Kelas, Semester,

dan CP.


2

B. Peta Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

2

Peta Kompetensi sesuai fase usia /

pembelajaran


2

3 Capaian Pembelajaran 2

4 Tujuan Pembelajaran 2

C. Komponen ATP

5

ATP mencakup komponen

kompetensi


2

6 ATP mencakup komponen konten 2

7 ATP mencakup komponen variasi 2

D Kriteria ATP


8

Menggambarkan urutan

pengembangan kompetensi yang

harus dikuasai murid


9

Alur tujuan pembelajaran dalam

satu fase menggambarkan cakupan

dan tahapan pembelajaran yang

linear dari awal hingga akhir fase

2


10

Alur tujuan pembelajaran pada

keseluruhan fase menggambarkan

cakupan dan tahapan

pembelajaran yang

menggambarkan tahapan

perkembangan kompetensi

antarfase dan jenjang


2


11

Identifikasi elemen dan atau

subelemen Profil Pelajar

Pancasila yang sesuai dengan

tujuan pembelajaran yang

dirumuskan


2


12 Alur Tujuan Pembelajaran 2

Jumlah 24

Skor Total 24

Nilai Akhir 100

Nilai Akhir : Nilai Perolehan : X 100 = Predikat: SB /B /C/ K


Nilai Maksimum (24)


Saran :


..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................


Sumenep. .............................

Kepala Sekolah


.............................

NIP.


Keterangan :

Predikat Nilai

Sangat Baik (S 91 - 100

Baik (B) 81 - 90

Cukup (C) 71 - 80

Kurang (K) ≤70


INSTRUMEN TELAAH MODUL AJAR

Nama Sekolah : ..........................................

Nama Guru :...........................................

Mata pelajaran :...........................................

Elemen :...........................................*)

Kelas/Semester : .........................................

Tujuan Pembelajaran :..............................................................................

No

Komponen Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran


Hasil Penelaahan dan Skor


Catatan revisi


1 2 3


A Identitas Mata Pelajaran Tidak ada

Kurang

Lengkap


Sudah

Lengkap


1.

Terdapat: Nama penyusun,

institusi, dan tahun disusunnya,

Kelas, Alokasi waktu


2


B

Kompetensi Awal dan Profil

Pelajar Pancasila

2 Kompetensi Awal 2

3 Profil Pelajar Pancasila 2

C. Sarana dan Prasarana


Tidak

Sesuai


Sesuai

Sebagian


Sesuai

Seluruhnya


4

Kesesuaian dan ketepatan

penggunaan fasilitas yang

dibutuhkan untuk menunjang

kegiatan pembelajaran


2


5

Kesesuaian dan ketepatan

penggunaan materi dan sumber

bahan ajar lain yang relevan yang

digunakan dalam kegiatan

pembelajaran


2


D. Target Murid


Tidak

Sesuai


Sesuai

Sebagian


Sesuai

Seluruhnya


6

Materi, Strategi, untuk

Muridreguler/tipikal


2


7

Materi, Strategi, untuk

Muriddengan kesulitan belajar


2


8

Materi, Strategi, untuk

Muriddengan pencapaian

tinggi


2


E Model Pembelajaran

9

Model pembelajaran tatap muka,

dan

10

Model pembelajaran jarak jauh

dalam jaringan (PJJ Daring),


2


11

Model pembelajaran jarak jauh

luar jaringan (PJJ Luring),


2

12 Model pembelajaran blended 2

F Komponen Pembelajaan


Tidak

Sesuai


Sesuai

Sebagian


Sesuai

Seluruhnya

13 Ketepatan Tujuan Pembelajaran 2

14 Pemahaman Bermakna 2

15 Pertanyaan Pemantik 2

16 Persiapan Pembelajaran 2

G Skenario Pembelajaran


Tidak

Sesuai


Sesuai

Sebagian


Sesuai

Seluruhnya


17

Kegiatan pendahuluan

berisi: Orientasi, Motivasi, dan

Apersepsi


2


18 Kegiatan inti berisi:

a. Memfasilitasi kegiatan siswa

untuk mengamati, mendengar,

dan menyimak


2


b. Mendorong siswa untuk

bertanya apa, mengapa dan

bagaimana berbentuk perumusan

masalah


2


c. Membimbing siswa untuk

mengumpulkan informasi/

eksplorasi dalam rangka

menjawab pertanyaan


2


d. Membimbing siswa untuk

menyimpulkan/mensintesa data

atau informasi yang terkumpul


2


e. Memotivasi siswa untuk

mengomunikasikan


2


19

Kegiatan penutup berisi:

rangkuman, refleksi, dan tindak

lanjut

a. Memfasilitasi dan membimbing

siswa merangkum materi

pelajaran


2


b. Memfasilitasi dan membimbing

siswa merefleksi kegiatan yang

sudah dilaksanakan


2


c. Memberikan umpan balik

terhadap hasil pembelajaran


2


H

Rancangan Penilaian

Pembelajaran


Tidak

Sesuai


Sesuai

Sebagian


Sesuai

Seluruhnya


20

Kesesuaian bentuk, tehnik dan

instrument dengan tujuan

pembelajaran


2


21

Kesesuaian antara bentuk,tehnik

dan instrument Penilaian Sikap


2


22

Kesesuaian antara bentuk, tehnik

dan instrument Penilaian

Pengetahuan


2


23

Kesesuaian antara bentuk, teknik

dan instrumen Penilaian

Keterampilan


2


I Pembelajaran Remedial


24

Merumuskan kegiatan

pembelajaran remedial yang

sesuai dengan karakteristik

murid, alokasi waktu, sarana,

dan media pembelajaran


2


25

Menuliskan salah satu atau lebih

aktivitas kegiatan pembelajaran

remedial, berupa:


2


•- Pembelajaran ulang

•- Bimbingan perorangan

•- Belajar kelompok

•- Tutor sebaya

J Pembelajaran Pengayaan


26

Merumuskan kegiatan

pembelajaran pengayaan sesuai

dengan karakteristik murid,

alokasi waktu, sarana dan

media pembelajaran


2 +


K Lampiran

27 Lembar Kerja Murid 2

28

Bahan Bacaan guru dan Peserta

Didik


2

29 Glosarium 2

30 Daftar Pustaka 2

Jumlah 70

Skor Total 70

Nilai Akhir 100


Keterangan :

Predikat Nilai

ngat Baik (SB) 91 - 100

Baik (B) 81 - 90

Cukup (C) 71 - 80

Kurang (K) ≤70


Masukan terhadap modul ajar secara umum

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................

...................................................................................................................................


Sumenep. .............................

Kepala Sekolah


.............................

NIP. .


INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TAHUN PELAJARAN ................................

Nama Sekolah : ..........................................

Nama Guru :...........................................

Mata pelajaran :...........................................

Tema/ Topik : *)

Sub Tema/ Sub Topik :*)

Kelas/Semester : .........................................

Waktu Pelaksanaan Penilaian : .........................................

Capaian Pembelajaran : .........................................


No Aspek yang diamati: Pelaksanaan Pembelajaran


Ya


Tidak Catatan


Sudah

Lengkap/

S esuai


Kurang

Lengkap/S

esuai


A. Kegiatan Pendahuluan

1. Orientasi

a. Guru menyiapkan fisik dan psikis

muriddengan menyapa dan memberi

salam.


2


b. Guru menyampaikan rencana kegiatan:

mengelola emosional dan kesadaran sosial

siswa (KSE) dan menyepakati keyakinan kelas.

2


2. Motivasi

a. Guru mengajukan pertanyaan pemantik

yang menantang untuk memotivasi Murid.


2


b. Guru menyampaikan manfaat hal

yang akan dipelajari dalam kehidupan

sehari-hari


2


3. Apersepsi

a. Guru menyampaikan capaian pembelajaran

dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2


b. Guru mengaitkan materi dengan materi

pembelajaran sebelumnya


2


c. Guru mengelola KSE siswa untuk fokus

pada materi yang akan diajarkan.


2


B. Kegiatan Inti

1. Penguasaan materi pembelajaran

a. Guru menyampaikan materi ajar dengan

mencari jawaban pertanyaan pemantik

sesuai dengan tujuan pembelajaran.


2


b. Guru mengkaitkan materi dengan

pengetahuan lain yang relevan, perkembangan

iptek, budaya positif dan kehidupan nyata


2


c. Guru menyajikan pembahasan materi

pembelajaran dengan tepat.


2


d. Guru menyajikan materi secara sistematis

(mudah kesulit, dari konkrit ke abstrak)


2


2.

Penerapan strategi pembelajaran yang

mendidik

a. Guru melaksanakan pembelajaran

sesuai dengan kompetensi yang akan

dicapai. Menggunakan kelompok berbeda

(bisa atas dasar gaya belajar murid)


2


b. Guru melaksanakan pembelajaran yang

menumbuhkan partisipasi aktif muriddalam

mengajukan pertanyaan


2


c. Guru melaksanakan pembelajaran yang

menumbuhkan partisipasi aktif murid dalam

mengemukakan pendapat (mendorong dan

menumbuhkan KSE siswa)


2


d. Guru melaksanakan pembelajaran yang

mengembangkan keterampilan murid sesuai

dengan materi ajar (menumbuhkan

manajemen diri murid)


2


e. Guru melaksanakan pembelajaran yang

bersifat kontekstual sesuai dengan gaya

belajar murid (Diferensiasi Proses)


2


f. Guru melaksanakan pembelajaran yang

memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan

sikap positif (nurturant effect )

(Menumbuhkan KSE Siswa)


2


g. Guru melaksanakan pembelajaran

sesuai dengan alokasi waktu yang

direncanakan


2


3

Aktivitas Pembelajaran HOTS dan Kecakapan

Abad 21 (4C)

a. Guru melaksanakan pembelajaran yang

mengasah kemampuan Creativity murid

(menumbuhkan KSE Murid)


2


b. Guru melaksanakan pembelajaran

yang mengasah kemampuan Critical

Thinking Creativity murid

(menumbuhkan KSE Murid)


2


c. Guru melaksanakan pembelajaran yang

mengasah kemampuan Communication

Creativity murid (menumbuhkan KSE

Murid)


2


d. Guru melaksanakan pembelajaran

yang mengasah kemampuan

Collaboration Creativity murid

(menumbuhkan KSE Murid)


2


5 Kualitas pembelajaran: manajemen kelas

a. Guru menciptakan suasana kelas yang

kondusif untuk proses belajar mengajar

(sesuai dengan kesepakatakn kelas dan KSE).

2


b. Guru menerapkan prinsip disiplin

positif (reinforcement atau pembentukan

perilaku adaptif) dalam menegakkan

aturan kelas yang telah disepakati bersama.

2


6 Kualitas pembelajaran: dukungan afektif

a. Guru mengomunikasikan pesan bahwa guru

percaya akan kemampuan semua murid untuk

belajar dan berprestasi secara akademik.


2


b. Guru memberikan perhatian dan bantuan

ekstra kepada murid sesuai dengan kebutuhan

belajar se tiap murid.


2


c. Guru melakukan evaluasi terhadap hasil

pekerjaan dan perilaku murid dengan cara

yang mendorong murid untuk terus

meningkatkan kemampuannya.


2


7 Kualitas pembelajaran: aktivasi kognitif dan

diferensiasi

a. Guru melaksanakan praktik adaptasi

pengajaran sebagai respon atas umpan balik

dan respon murid terhadap kebutuhan

belajarnya. Guru dapat memberikan konten

materi berbeda dalam capaian pembelajaran

yang sama di beberapa kelompok (Diferensiasi

Konten)


2


b. Guru memberi penjelasan dalam

kelompok yang berbeda dengan proses

diferensiasi yang terstruktur tentang

materi pelajaran, serta pemberian contoh

tentang cara menerapkannya. (Diferensiasi

Proses)


2


c. Guru melakukan praktik pengajaran yang

mendorong kolaborasi dan komunikasi antar

murid dalam konteks memaknai dan

memahami materi ajar


2


8 Pembelajaran Literasi Dan Numerasi


a. Guru melakukan pengajaran yang

mendorong keterampilan literasi murid


2


b. Guru melakukan pengajaran yang

mendorong keterampilan numerasi murid


2


9

Pemanfaatan sumber belajar/media

pembelajaran

a. Guru menunjukkan keterampilan dalam

penggunaan sumber belajar yang

bervariasi. (Diferensiasi Proses)


2


b. Guru menunjukkan keterampilan dalam

penggunaan media pembelajaran


2


c. Guru melibatkan murid dalam

pemanfaatan sumber belajar

(manajemen diri murid)


2


d. Guru melibatkan murid dalam

pemanfaatan media pembelajaran (Berpusat

pada murid)


2


e. Menghasilkan kesan yang menarik 2

10

Penggunaan Bahasa yang benar dan tepat

dalam pembelajaran

a. Guru dapat menggunakan bahasa lisan

secara jelas dan

lancar (komunikasi efektif)


2


b. Guru dapat enggunakan bahasa tulis yang

baik dan

benar


2


C. Kegiatan Penutup

1. Proses rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut

a. Guru memfasilitasi dan membimbing murid

merangkum materi pelajaran. (refleksi)


2


b. Guru menunjukkan aktivitas belajar yang

bertujuan meningkatkan pengetahuan dan

keterampilan mengajar.


2


c. Guru menunjukkan aktivitas untuk

mengevaluasi dan merefleksikan praktik

pengajaran yang telah diterapkan, terutama

dari sisi dampaknya terhadap belajar

murid.


2


d. Guru menerapkan cara, bahan, dan/atau

pendekatan baru dalam praktik pengajaran,

mulai dari perencanaan, pelaksanaan,

sampai evaluasi pembelajaran.


2


e. Guru melaksanakan tindak lanjut dengan

memberikan arahan kegiatan berikutnya dan

tugas perbaikan dan pengayaan secara

individu atau kelompok.


2


2. PelaksanaanPenilaian Hasil Belajar

a. Guru melaksanakan Penilaian Produk

melalui Projek/ Hasil Produk (Diferensiasi

Produk)


2


b. Guru melaksanakan Penilaian Pengetahuan

melalui tes formatif


2

c. Guru melaksanakan Penilaian sikap siswa;

observasi sikap siswa.


2

Jumlah 94

Skor Total 94

Nilai Akhir 100


Keterangan :

Predikat Nilai

Sangat Baik (SB) 91 - 100

Baik (B) 81 - 90

Cukup (C) 71 - 80

Kurang (K) ≤70

Masukkan terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran secara umum:

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................

............................................................................................................................................


Sumenep. .............................

Kepala Sekolah


.............................

Subscribe to receive free email updates: