pertanyaan/permasalahan dan solusinya yang berupa tanya jawab masalah dapodik 2022

hay sobat semua

Dalam menjadi operator sekolah tentunya banyak di temukan berbagai permasalah yang tidak ada solusinya namun jik kita sharing bersama teman atau kawan sesama operator tentunya akan da titik temu  

 


berikut pertanyaan/permasalahan dan solusinya yang berupa tanya jawab masalah dapodik semoga bermanfaatbuat sobat sobat semua

1.Komponen kerusakan seperti apa yang melekat pada bangunan dan ruangan?

Untuk dapat melihat kerusakan apa saja yang melekat pada bangunan dan ruangan dapat dicek melalui tombol kondisi ruang. Terdapat perbedaan antara bangunan dan ruang. Pastikan memahami cara perhitungan komponen tersebut

 

2. Bagaimana alur penambahan tanah, bangunan dan ruang ?

Dalam proses pengisian tanah bangunan dan ruang, pertama kali yang harus dimasukan adalah data tanah. Pastikan mengisikan data tanah dengan lengkap beserta nomor sertifikat tanahnya. Setelah data tanah tersimpan, lakukan penambahan                                      

banguan apa saja yang berdiri diatas tanah yang dibuatkan. Setelah data banguan dibuat maka langkah selanjutnya menambahkan ruangan apa saja yang ada dalam bangunan tersebut.

[PEMBARUAN] PERUBAHAN ALUR MANAJEMEN AKSES PENGGUNA

3.  Bagaimana cara menambah/ mengubah password PTK

Cara mengubah password pertama kali ketika login aplikasi dapodik versi terbaru. Akan diminta perubahan password untuk memastikan aktifasi setiap akun yang terdaftar dengan peran pengguna operaor  sekolah. 

Adapun  manajemen  pengguna  selanjutnya  dapat  dilakukan  melalui menu pengaturan pilih manajemen pengguna.

 

 

 

[PEMBARUAN] PEMUTAHIRAN VALIDASI PADA SAAT SEBELUM SINKRONISASI

 

 

 

4.  Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?

 

Validasi papaun terkait dengan warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Proses sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya dapat dilakukan jika semua data sudah valid, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda warning pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.

 

 

 

5.  Apa pengaruhnya jika di validasi lokal berwarna kuning dengan keterangan warning?

 

Validasi dengan warna kuning berarti warning, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua valid dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT JARAK KE SUMBER LISTRIK TERDEKAT JIKA SUMBER LISTRIK MEMILIH TIDAK ADA PADA TABULASI DATA PERIODIK SEKOLAH

 

 

6.  Jika sekolah tidak memiliki listrik, apa yang harus diisi di kolom sumber listrik?

 

Data rincian sekolah terkait dengan sumber listrik menjadi kewajiban untuk diisi jika sekolah tidak memiliki sumber listrik pastikan memilih “Tidak Ada”. untuk pilihan lainnya jika sumber listrik yang tersedia tidak tercantum dalam pilihan tersebut

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT NO KK PADA PESERTA DIDIK

 

 

 

7.  Jika peserta didik belum memiliki KK, apa pengaruh nya di dapodik ?

 

Peserta didik yang  belum memiliki KK atau belum mengisikan  nomor  KK ke dalam aplikasi dapodik terbaru maka masih berstatus warning.

 

 

8.  Apakah wajib mengisi KK

 

Disarankan untuk melengkapi data isian peserta didik dengan selengkap-lengkapnya karena merupakan pekerjaan wajib.

 

PEMBARUAN] PENAMBAHAN ATRIBUT LINGKAR KEPALA PADA DATA PERIODIK PESERTA DIDIK

 

 

 

9.  Apa maksud pengisian data lingkar kepala pada tabel data periodik siswa ?

 

sebagai data untuk mengetahui tumbuh kembang anak dan memetakan permasalah/ isu stunting.

 

 

10. Jika siswa belum mengisikan data lingkar kepala, apa dampak nya di dapodik ?

 

Dapat dilengkapi selanjutnya. Masih belum di lakukan validasi kelengkapan.

 

[PEMBARUAN] PEMECAHAN FORMULIR SARPRAS MENJADI 3 BAGIAN

 

 

11. Apa saja pemisahan data di prasarana?

 

Aplikasi dapodik versi 2020 pembuatan sarpras diharuskan memiliki induknya seperti pada saat akan membuat Bangunan maka sekolah diwajibkan untuk membuat terlebih dahulu Tanah, begitu pula untuk pembuatan ruang sekolah diharuskan membuat terlebih dahulu Bangunan. Maka sekolah membuat tanah sesuai dengan dokumen kepemilikan tanah, jika sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunya 2 (dua) dokumen maka pembuatan tanah pada aplikasi dapodik harus 2 (record).

 

 

 

12. Apa saja pemisahan data di tabel sarana ?

 

Untuk tabel sarana tidak terlalu jauh berbeda dengan versi sebelumnya, untuk sarana mewajibkan untuk dibuatkan pada setiap keberadaan alat pada ruang.

 

 

 

13. Isian record tanah berdasarkan apa ?

 

Status dokumen tanah (sertifikat), Contohnya sekolah memiliki sebidang tanah tetapi mempunyai 3 dokumen (sertifikat) maka sekolah mengharuskan pembuatan tanah 3 record tanah pada aplikasi dapodik.

 

 

 

14. Ada data dummy tanah dengan nama tanah sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?

 

Data dummy tanah dengan nama sekolah dimaksud dalam untuk memudahkan menambahkan bangunan yang terdapat dalam tanah tersebut.

 

 

 

15. Ada data dummy bangunan dengan nama bangunan sekolah (nama_sekolah) apa maksudnya?

 

 

 

Data dummy bangunan dengan nama sekolah dimaksud adalah untuk memudahkan menambahkan ruangan yang terdapat dalam banguan tersebut.

 

 

 

16. Bagaimana cara memperbaiki tanah / bangunan dummy tersebut?

 

Klik 2x pada isian tersebut, data dummy bisa dirubah dan bisa menyesuaikan dengan kondisi di sekolahnya masing-masing. Untuk berpindah ke kolom selanjutnya bisa menggunakan tombol tab. Pastikan mengisi dengan data yang sesuai pada berkas yang dimiliki.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU TANAH DAN BANGUNAN

 

 

 

17. Apa saja isian pada sub menu tanah ?

 

Berbagai isian pada sub menu tanah adalah penambahan tanah, dalam hal ini tanah dimaksud adalah luas tanah  tersebut, lahan kosong,  lapangan.  Setiap jenis  tersebut jika  ada, disarankan untuk melengkapi setiap atributnya. Isian lain terkait NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) pun harus dilengkapi. Menu lainnya adalah apakah tanah tersebut dihasilkan dari blogrant ? jika iya silakan melakukan pemetaan tanah tersebut terhadap blogrant pada menu aksi.

 

 

 

18. Apa saja isian pada sub menu bangunan ?

 

Berbagai isian pada sub menu bagunan adalah penambahan bangunan, bangunan tempat ibadah, kebun, taman, tempat bermain. Setiap jenis tersebut jika ada, diharuskan sekolah untuk melengkapi datanya seperti kondisi kerusakan bangunan. Menu lainnya adalah bangunan tersebut dihasikan dari blogrant? Jika ya silahkan melakukan pemetaan bangunan terdadap blogrant pada menu dihasilkan dari blogrant.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU RUANG

 

 

 

19. Apa saja isian pada sub menu ruang?

 

Ruang di aplikasi versi terbaru di bagi menjadi beberapa  jenis ruang yaitu ruang  kelas, ruang kepsek/guru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang bengkel/praktek dan ruang penunjang. Setiap ruang diharuskan mengisikan kondisi kerusakan sesuai dengan kerusakan ruangan masing- masing.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN SUB MENU ALAT, ANGKUTAN DAN BUKU

 

 

 

20. Apa yang di maksud dengan buku teks ?

 

Buku teks adalah buku referensi yang dijadikan acuan sebagai proses pembelajaran kurikulum 2013 yang sudah disahkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud.

 

 

 

21. Apa yang di maksud dengan buku non teks?

 

Buku non teks adalah katalog buku yang bersifat pengayaan/ memperkuat materi kurikulum K13 yang diajarkan dalam buku teks.

 

 

 

22. Apa yang di maksud dengan angkutan ?

 

Angkutan adalah kendaraan yang dimiliki oleh sekolah baik di darat maupun di air terdiri dari: sepeda, motor, mobil, perahu

 

 

 

23. Apa yang di maksud dengan alat ?

 

Alat adalah segala sarana yang dimiliki oleh sekolah.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABULASI PENDIDIKAN KELUARGA PADA DATA RINCI SEKOLAH

 

 

 

24. Apa yang di maksud dengan Pendidikan Keluarga pada Data Rinci Sekolah ?

 

Pendidikan keluarga adalah kelas tambahan yang diselenggarakan  oleh sekolah untuk melibatkan keluarga dalam tanggungjawab mendidik anak secara bersama-sama dengan sekolah, terdiri dari kelas inspirasi dan kelas parenting.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TAMPILAN BARIS BERWARNA JINGGA JIKA PADA MENU ALAT SARANA TIDAK SESUAI DENGAN STANDAR SARPRAS YANG BERLAKU

 

 

 

25. Bagaimana cara memperbaiki Penambahan tampilan baris berwarna jingga ?

 

Isikan jumlah yang sesuai atau abaikan jika memang  tidak memiliki sarana tersebut, hal ini sebagai sarana edukasi ke sekolah antara data dan standar.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR PADA MENU GTK

 

 

 

26. Pengisian KITAS/passport untuk GTK bukan WNI apakah wajib diisi?

 

Ya, wajib. Untuk mengetahui izin kerja dan tanggal beralku izin kerja WNA di Indonesia.

 

 

 

27. Apa dampaknya jika tidak diisi ?

 

Dapodik sekolah tidak bisa melakukan sinkronisasi karena bersifat mandatory, invalid/ mencegah sinkronisasi  jika tidak diisi.

 

 

 

[PEMBARUAN] PENAMBAHAN TABEL KITAS, PASPOR DAN KESEJAHTERAAN PADA MENU PESERTA DIDIK

 

 

 

28. Pengisian KITAS untuk Peserta didik bukan WNI apakah wajib diisi?

 

Untuk peserta didik bersifat warning.

 

 

 

29. Apa dampaknya jika KITAS tidak diisi ?

 

Masih dapat melakukan sinkronisasi.

 

 

 

INTEGRASI HASIL OUTPUT PPDB UNTUK SISWA BARU KE DALAM DATABASE DAPODIK

 

 

 

 

 

30. Apa yang dimaksud dengan integrasi output PPDB ke dapodik ?

 

sebagai upaya percepatan dan optimasi output/ hasil PPDB yang ada di daerah dapat di masukkan ke dalam database dapodik pusat secara otomatis.

 

 

 

31. Apa manfaatnya integrasi PPDB ke dapodik?

 

Mempercepat  proses penginputan  data khusus nya  data siswa baru,  meningkatkan  mutu  data keberlanjutan siswa yang lulus dan melanjutkan ke jenjang diatasnya, dan meningkatkan efektivitas pekerjaan dalam lingkup data pendidikan antara proses PPDB dan Dapodik.

 

 

 

32. Bagimana caranya integrasi PPDB ke dalam dapodik ?

 

Difasilitasi oleh dinas pendidikan setempat.

 

 

 

33. Apa dampaknya hasil integrasi PPDB ke dapodik ?

 

Data siswa baru dari PPDB akan muncul di aplikasi dapodik per sekolahan secara otomatis tanpa menarik satu - persatu lagi siswa baru dari sekolah asalnya.

 

 

 

KELULUSAN BERSAMA SISWA TINGKAT AHIR, 6, 9, 12 DAN 13

 

 

 

34. Apa yang di maksud dengan bersama siswa tingkat ahir, 6, 9, 12 dan 13?

 

Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2021. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pendataan.

 

 

 

35. Jika ada siswa tidak lulus sekolah, apa yang harus dilakukan ?

 

lapor ke  admin  dinas pendidikan  untuk  dilakukan pembatalan siswa keluar, kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut.

 

 

 

36. Bagaimana cara menambah/ menarik siswa baru ke dalam aplikasi dapodik?

 

dengan  menggunakan  web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login  sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Proses dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.

 

 

 

37. Penguncian kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK, untuk apa?

 

hal ini untuk menjaga konsistensi keterisian daa tersebut. Karena yang mengeluarkan SK pengangkatan adalah dinas pendidikan setempat.

 

 

 

38. Bagaimana jika ada kesalahan isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK?

 

Hubungi admin dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya dapat diperbaiki oleh admin dinas pendidikan.

 

 

 

PENAMBAHAN TABEL KESEJAHTERAAN_PD DAN MIGRASI DATA KIP, KPS, PKH

 

 

 

39. Kenapa Data No KIP, KPS, dll tidak muncul lagi di tabel peserta didik,?

 

Sebab Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan peserta didik.

 

 

 

40. Jika ada data nomor yang baru, apa yang harus dilakukan di aplikasi dapodik ?

 

Buka tabel kesejahteraan peserta didik, lalu inputkan nomor kartu di tabel tersebut.

 

 

 

PENAMBAHAN  REFERENSI MATA PELAJARAN  INFORMATIKA DAN  PENENTUAN  SEKOLAH YANG  MELAKSANAKAN PELAJARAN TERSEBUT

 

 

 

41. Apa dasar sekolah yang menyelenggarakan  mapel Informatika?

 

Sekolah yang bisa menyelenggarakan mapel informatika pada rombongan belajar adalah sekolah yang terdaftar pada Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 005/P/2019.

 

 

 

42. Bagaimana pembagian jam informatika dengan mapel prakarya untuk SMP?

 

Jika dalam 1 rombel  terdapat guru  yang mengampu  mata pelajaran  Informatika maka mapel prakarya tidak bisa diampu oleh guru yang lain di rombongan belajar yang sama.

 

 

 

43. Di rombel apa informatika diajarkan untuk jenjang SMA?

 

Untuk mata pelajaran Informatika pada jenjang SMA pengentriannya pada rombongan belajar Lintas Minat.

 

4. Mapel informatika akan linear dengan PTK sertifikasi apa?

Mata pelajaran Informatika linier dengan guru yang bersertifikasi TIK.

45. Pada jenjang SMK, pemilihan jurusan/ kompetensi yang dilayani dalam menu sekolah terdapat bisnis proses yang berbeda, apa itu?

 


Subscribe to receive free email updates: