PREDIKSI SOAL SOAL PRETEST PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK

 PREDIKSI SOAL SOAL PRETEST PPG KOMPETENSI PEDAGOGIK




1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.

Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A.  kemampuan kognitif

B.   kemampuan interaksional C.  kemampuan integrasi diri D.  kemampuan komunikatif

2.    Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A.   kemampuan berkomunikasi

B.    Kemampuan untuk memecahkan masalah

C.    kemampuan berinteraksi

D.   kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A.   0 - 2 tahun

B.    2 -- 7 tahun

C.    7 -- 11/12 tahun

D.   11/12/ -- 14/15 tahun



4. Menggunakan  potongan  sapu  lidi,  kelereng,  globe,  gambar-gambar  yang  menyangkut pembelajaran  IPA serta  IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A.   Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B.    Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C.   Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D.    Kemampuan  mengoperasikan  kaidah  logika  yang  tidak  terikat  lagi  dengan  obyek  yang bersifat konkrit (operasional formal)



5.     Kemampuan  peserta  didik  untuk  membina  hubungan  dan  kemampuan  memotivasi  diri

termasuk kecerdasan….

A.   Kognitif

B.    Sosial

C.   Emosional

D.   moral




6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan 

A.   sosial-emosional

B.    kognitif

C.    moral

D.   spritual




7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A.   penalaran pascakonvensional

B.    penalaran konvensional

C.    penalaran prakonvensional

D.   penalaran interkonvensional



8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

A.   Prakonvensional

B.    Konvensional

C.   Pascakonvensional

D.   Interkonvensional

9.     Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan

kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A.   mengemukakan gagasan

B.    mengaktualisasikan diri

C.    penciptaan hubungan yang baik

D.   menformulasikan tindakan

10.  Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih   senang   tinggal   di   sekolah   sampai   sore,   petugas   kebersihan   sekolah   sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor .... A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian



11.  Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A.   kesulitan akademis

B.    gangguan simbolik

C.    gangguan nonsimbolik 

D.   gangguan sosial



12.   Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A.   Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B.    Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C.   Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D.   Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu



13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan  (bond)  antara  rangsangan  dan  balasan  terjadi,  maka  akan  semakin  kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A.   Behaviorisme

B.    Humanistik

C.    Sibernetik

D.   Kontruktivisme



14.  Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.   Sibernetik

B.    Humannistik

C.    Behaviorisme

D.   Konstruktivisme



15.  Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A.   Humanistik

B.    Konstruktivisme

C.    kognitivisme

D.   Nativisme



16.  Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

A.   Sibernetik

B.    Konstruktivisme

C.    Behaviorisme 

D.   Kognitivisme



17.   Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

A.   Behaviorisme

B.    Konstruktivisme

C.   Kognitivisme

D.   Sibernatik



18.  Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A.   Silabus

B.    RPP

C.    Silabus dan RPP D.   SKL



19.  Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A.   Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B.    Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode,

media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C.    Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D.   Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran



20.   Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A.    Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B.     Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari

standar kompetensi lulusan

C.    RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D.   RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.



21.  Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A.   Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B.    Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C.    RPP bersumber dari silabus

D.   Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan 

22.   Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......

1)    Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2)    Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3)    Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah.... A.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D.   Keterkaitan dan keterpaduan



23.  Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut: A.   ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B.    ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C.    ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.   ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.



24. Taksonomi  Anderson  dan  Krathwol  menyempurnakan  taksonomi  Benjamin  S.  Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.   ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi; B.    ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C.    ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D.   ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.



25.  Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A.   Role Playing

B.    Inquiry

C.    Problem Solving

D.   Picture and Picture



26.  Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:

A.   Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.    Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C.    Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D.   Motivasi belajar siswa



27.  Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A.   Pencapaian standar kompetensi

B.    Pencapaian kompetensi dasar. 

C.    Pencapaian tujuan pembelajaran

D.   Pencapaian standar kelulusan



28.  Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A.   Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.    Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah

C.    Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik

D.   Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.



29.  Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.    Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

B.    Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C.    Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar,

dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.    Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.



30.  Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali.... A.   Sharing dengan teman

B.    Guru kreatif

C.    Pengalaman nyata

D.   Menggunakan satu sumber



31. Dalam  memilih  dan  mengembangkan  materi  pembelajaran,  Ibu  Murni  Nugroho  selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.   Sahih

B. Kebermanfaatan C.   Layak dipelajari D.   Menarik minat



32.  Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A.   Kausal

B.    Spiral

C.   Kronologis

D.   inquiri 

33.  Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria... A.   tujuan

B.    sasaran didik

C.    ketersediaan

D.   konteks penggunaan



34.  Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan  menentukan  media  yang akan  digunakan  dalam  pembelajaran  tersebut.  Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A.   Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B.    Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C.    Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah. D.   Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.



35.  Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..

A.    media  yang  memiliki  daya  liput  yang  luas  dan  media  yang  memiliki  daya  liput terbatas

B.    media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat

C.    media tradisional dan media berbasis TIK D.   media dua dimensi dan media tiga dimensi



36.  Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A.   Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B.    Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan

konteks penggunaan.

C.    Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D.   Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media



37.  Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

A.   media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK B.    sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran 

C.     media  dapat  digunakan  sebagai  pembawa  pesan  dalam  suatu  kegiatan pembelajaran

D.   memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan



38.  Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah: A.   Menampilkan objek yang terlalu besar

B.    Membuat konkrit konsep yang abstrak

C.    Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

D.   Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.



39.   Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut: A.   Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

B.    Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C.    Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah. D.   Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.



40.  Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…

A.   book B.    forum C.    blog

D.   e-portofolio



41.   Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A.   program mencari informasi

B.    program desktop publishing

C.    program untuk menjelajahi laman

D.   program penciptaan laman



42.  Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah... 

A.   www.yahoo.com

B.    www.gmail.com

C.    www.hotmail.com

D.    www.cari-data.com



43.   Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...

A.  Microsoft Database

B.  Microsoft PowerPoint

C.  Microsoft Desktop Publishing

D.  Microsoft Word



44. Seorang  guru  dapat  menampilkan  bahan  tayang  yang  menarik  perhatihan  siswa  dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

A.   Microsoft Database

B.    Microsoft Spread Sheet

C.    Microsoft powerpoint

D.   Microsoft Desktop Publishing



45. pertanyaan,   mengumpulkan   data   (informasi)   dengan   berbagai   teknik,   mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

A.   portofolio B.    saintifik C.    penemuan D.   autentik



46.  Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta   didik   berkolaboratif   yang   mengintegrasikan   berbagai   subjek   (materi)   dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

A.   projek based learning

B.    discovery Learning

C.    Problem Based Learning

D.   Inquiry learning 

47.   Bu Rumini melaksanakan pembelajaran  yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran

....

A.   Project based learning

B.    inquiry learning

C.    Discovery learning

D.   problem based learning



48.   Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1)    Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2)    Mendesain Perencanaan Proyek,

3)    Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4)    Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the

Project),

5)    Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6)    Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

A.   1-2-3-4-5-6

B.    1-3-2-4-5-6

C.    1-3-2-5-6-4

D.   1-2-3-5-4-6



49.  Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)    Mengorganisasi siswa dalam belajar

2)    Orientasi siswa pada masalah

3)    Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4)    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based

Learning, urutan langkah yang tepat adalah .... A.   1-2-3-4

B.    2-3-1-4

C.    3-2-1-4

D.   2-3-1-4



50. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A.   Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B.    Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C.    Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa 

D.   Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa



51.  Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....

A.   sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.    merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.     dapat  digunakan  sebagai  bagian  dari  komponen  dalam  melakukan  evaluasi  program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D.     Sebagai  kegiatan  pengambilan  keputusan  yang  dapat  dilakukan  melalui  metode

kualitatif atau kuantitatif.



52.  Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A.   Pencapaian standar kompetensi B.    Pencapaian kompetensi dasar. C.    Pencapaian tujuan pembelajaran D.   Pencapaian standar kelulusan



53.  Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah; A.   Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa

B.    Menambah bahan pelajaran baru

C.    Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut

D.   Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut



54.  Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah: A.   Pedoman observasi

B.    Kuesioner

C.    Pedoman wawancara

D.   Tes hasil belajar



55.  Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A.   Buku sumber yang digunakan

B.    Kurikulum dan silabus

C.    Indikator pencapaian kompetensi

D.   Kemampuan awal siswa



56.  Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:

A.   penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur B.    penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran C.    penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai

D.   penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi 

57.   Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:

A.   Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B.    Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai

C.    Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik

D.   Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester



58. Untuk  mengetahui  prestasi  belajar  yang  dicapai  oleh  semua  peserta  didik  pada  satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;

A.   Mean B.    Modus C.    Median

D.   Simpangan baku



59.  Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan

A.   Penilaian hasil belajar peserta didik

B.    Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C.    Penilaian silabus dan RPP

D.   Penilaian standar kompetensi lulusan



60.   Penilaian  adalah  penafsiran  hasil  pengukuran  dan  penentuan  pencapaian  hasil  belajar.

Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….

A.   Objektivitas.

B.    Transparan C.    Bermakna D.   Menyeluruh



61.  Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.   Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B.    memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.    memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.   diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal

yang memiliki kesulitan tinggi



62.   Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik  yang capaian  prestasinya di bawah

ketuntasan belajar ….

A.   proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

B.    tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik

C.    sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa 

D.   strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang



63.  Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan

guru ….

A.   Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B.     Menggunakan  rancangan  pembelajaran  yang  telah  dibuat  dengan  memperhatikan  hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C.     Menggunakan  rancangan  pembelajaran  baru  yang  berbeda  sama  sekali  dengan

rancangan yang ada.

D.   merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi



64. .  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:

A.           Nilai batas ambang kompetensi

B.           Nilai minimal yang dicapai peserta didik C.           Nilai maksimal yang dicapai peserta didik D.           Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah



65.  Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

A.   Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa

B.    Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C.    Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D.   Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan

siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial



66.   Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....

A. Konstruktivisme

B. Authentic assesment

C. Efektif

D. kondusif



67.  Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

A.   Penilaian berkelanjutan

B.    penilaian menyeluruh

C.    penilaian acuan patokan

D.   penilaian acuan norma 


68.  Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.

Dengan  demikian,  Kurikulum  2013  menggunakan  pendekatan  penilaian  yang didasarkan pada pendekatan ....

a.     Penilaian berkelanjutan b.    Penilaian autentik

c.     Penilaian acuan patokan

d.    Penilaian acuan norma



69.   Menggambarkan  sejauh  mana  seorang  peserta  didik  telah  menguasai  suatu  kompetensi,

merupakan…

A.   tujuan penilaian B.    prinsip penilaian C.   fungsi penilaian D.   hasil penilaian



70.   Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….

A.   prinsip penilaian B.    tujuan penilaian C.    fungsi penilaian D.   bentuk penilaian.



71.  Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A.   objektif

B.    adil

C.   kooperatif

D.   terpadu.



72. Penilaian  yang didasarkan  pada data  yang  mencerminkan  kemampuan  yang diukur,  hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

A.   adil

B.    objektif

C.   valid

D.   sistematis 

73.   Penilaian  yang  dapat  dipertanggungjawabkan,  baik  dari  segi  teknik,  prosedur,  maupun

hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.   adil

B.    akuntabel

C.    valid

D.   sistematis



74.  Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah

yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.   adil

B.    objektif

C.    valid

D.   sistematis



75.  Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar

peserta didik, kecuali….

A.   ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi

B.    menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi

C.    ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan

D.   dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek



76. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan  kecepatan,  kesempatan,  dan  gaya  belajar  masing-masing.  Pembelajaran  remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...

A.   Fleksibilitas

B.    Interaktif

C.   Adaptif

D.   Kesinambungan



77. Berdasarkan  data  hasil  evaluasi  pembelajaran  tentang  memahami  teks  anekdot  ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...

A.   Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B.    Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

C.    Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

D.   Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa



78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A.   Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda 

B.    memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.    memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.   diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi



79.  Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik  yang capaian  prestasinya di bawah

ketuntasan belajar ….

A.   proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

B.    tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik

C.   sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa

D.   strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang



80.  Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan

guru ….

A.   Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B.     Menggunakan  rancangan  pembelajaran  yang  telah  dibuat  dengan  memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C.    Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan

yang ada.

D.   merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi



81. Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan- kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...

A.   merumuskan masalah

B.    mengidentifikasi masalah

C.   Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan

D.   menyusun proposal penelitian



82. Mengetahui  proses  tindakan,  pengaruh  tindakan  (yang  disengaja  dan  tak  sengaja),  (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….

A.   refleksi

B.    observasi

C.    perencanaan

D.   pelaksanaan



83.   Model rancangan PTK terletak pada alur  pelaksanaan tindakan  yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….

A.   A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan

B.    refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi 

C.    perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

D.   perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi



84.   Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?

A.    Apakah  pengaruh  permainan  peran  dapat  meningkatkan  keaktifan  siswa kelas  XI SMA Negeri 2 Boyolali?

B.     Bagaimana  cara  meningkatkan  kemampuan  siswa  dalam  mengajukan  pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?

C.    Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan

nasional?

D.   Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?



85.  Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....

A.   kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B.    keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C.    keinginan untuk membantu guru

D.   kepedulian peneliti akan kinerja guru



86.   Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi

Arikunto, kecuali….

A.   Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja

B.    Kegiatan yang direkayasa

C.    Perencanaan

D.   Upaya empiris dan sistematis



87.    Pola   perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi   secara   bertahap   dan   terus-menerus

merupakan karakteristik PTK dalam hal….

A.   Pengumpulan data

B.    Menganalisis masalah

C.    Mencapai tujuan

D.   Menentukan ruang lingkup



88.  Peran guru dalam PTK adalah sebagai…

A.   Guru

B.    Peneliti

C.   Guru dan Peneliti

D.   Objek Penelitian



89.  Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….

A.   Pelaksanaan tindakan

B.    Observasi dan intepretasi

C.    Diskusi balikan 

D.   Analisis data



90.  Tujuan PTK adalah…

A.   Perbaikan KBM

B.    Menyusun teori baru

C.    Memperbaiki teori

D.   Menyusun generalisasi



91.  Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk

tindak lanjut PTK merupakan…

A.   Analisis B.    Refleksi C.    Observasi D.   Diskusi



92.   Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK

khususnya pada bagian….

A.   Kesimpulan

B.    Prosedur penelitian

C.   Pendahuluan

D.   Metodologi penelitian



93.  Persiapan awal dalam PTK adalah…

A.   Menyiapkan cara wawancara

B.    Membuat analisis kelayakan hipotesis

C.   Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya

D.   Menyiapkan fasilitas dan sarana



94.  Proposal penelitian dalam PTK adalah….

A.   Usulan untuk mendapatkan dana penelitian

B.    Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru

C.    Uraian projek penelitian pendidikan

D.   Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK



95.  Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…

A.   Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan

B.    Analisis kelaikan hipotesis tindakan

C.    Persiapan tindakan

D.   Observasi dan inperetasi.



96. Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah.... 

A.   untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran

B.    untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

C.      untuk   meningkatkan   motivasi   belajar   peserta   didik   dalam   mengikuti   pembelajaran

selanjutnya

D.    untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta pendidik.



97.  Kegiatan  yang harus dilakukan setelah pembelajaran  adalah melakukan refleksi. Tujuan

dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….

A.   Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik

B.    Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan

C.    untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran

D.   Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu



98. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru  akan  dapat  mengetahui  berhasil  tidaknya  rencana  pelaksanaan  pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....

A.   Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

B.    Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.    Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran

D.   Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran



99.  Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….

A.   Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran

B.    Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.    Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis

D.   Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran



100.Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...

A.   Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran? B.    Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?

C.    Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?

D.   mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan


Subscribe to receive free email updates: