ayo Memahami CP Capaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Sekolah Penggerak

Assalamualaiku wr wb apa kabar sobat yusnitech semua

Program Sekolah Penggerak

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.



Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).


Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Hal hal yang dilakukan Capaian Pembelajaran :


1. Dengan memberi petunjuk dalam pemilihan materi ajar, strategi, model, metode, serta media yang akan digunakan dalam KBM.

2. Dengan menuliskan tujuan pembelajaran dalam bentuk bahan yang akan dibahas dalam pelajaran

3. Dengan menguraikan topik-topik atau konsep-konsep yang akan dibahas selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.


Harapan Capaian Pembelajaran :


1. Memahami dan mampu menerapkan capaian pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

2. Menginginkan peserta didik untuk berhasil dalam memahami pembelajaran.

3. Mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

4. Melakukan inovasi dalam dunia pendidikan.


Kegiatan, materi, manfaat yang diharapkan :

Mampu melakukan kegiatan yang relevan dalam pencapaian belajar.

Materi yang menyeimbangi dengan kebutuhan siswa dan aspek kurikulum.

Menjadikan proses belajar mengajar lebih menarik, sesuai target dan kebutuhan dalam bidang pendidikan.


Latar Belakang konsep Capaian Pembelajaran :

1. Adapun yang melatarbelakangi adanya konsep Capaian Pembelajaran dirujuk pada sistem pendidikan yang berkembang.

2. Perlunya konsep tersebut adalah agar tercapainya suatu hasil bafi peserta didik seperti yang diharapkan.

3. Capaian pembelajaran tersebut juga salah satu kunci utama untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik.

4. Capaian pembelajaran kedudukannya sangat penting dalam pelaksanaan dan penilaian.


Capaian pembelajaran adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.


Peran Capaian Pembelajaran dalam kurikulum Sekolah Penggerak :

1. Memberikan pemahaman tentang pengetahuan, sikap dan keterampilan yang hendaknya dicapai oleh anak dalam setiap tahapan perkembangan usianya.


2. Berfokus apa yang diharapkan pada siswa di akhir pembelajaran, hal ini sejalan dengan pendekatan student centered dalam dunia pendidikan.


3. Memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.


4. Menjadi kompetensi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


5. Mengembangakan dan menguatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.


Capaian pembelajaran dirumuskan per fase karena untuk membedakannya dengan kelas karena peserta didik di satu kelas yang sama bisa jadi belajar dalam fase pembelajaran yang berbeda. Ini merupakan penerapan dari prinsip pembelajaran sesuai tahap capaian belajar atau yang dikenal juga dengan istilah teaching at the right level (mengajar pada tahapan/tingkat yang sesuai).

Subscribe to receive free email updates: