SOAL KOMPETENSI MANAJERIAL
1. Kadang saya merasa lapar ketika jam kerja, maka yang saya lakukan adalah ….
A. Menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu, kemudian makan (4)
B. meminta izin atasan untuk makan
C. meminta teman menggantikan kerja sebentar
D. ke pantry segera membuat makanan
E. pergi ke warung terdekat untuk membeli makan
(Orientasi hasil)
2. Karena lembur kerja kemarin, siang ini saya merasa sangat mengantuk, kerjaan tidak ada yang
selesai karena tidak fokus. Sebaiknya saya ….
A. segera tidur siang
B. segera makan siang
C. meminta izin atasan untuk istirahat sejenak (4)
D. meminta teman untuk memiat
E. segera ke mushola untuk tidur
(Komunikasi)
3. Dalam kaitannya dengan perubahan, secara umum saya dinilai orang lain sebagai orang yang …
A. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. (4)
B. Butuh waktu untuk bergaul dengan secara akrab dengan orang lain.
C. Mempunyai keinginan tinggi untuk mengetahui kegiatan orang lain.
D. Cenderung kurang adaptif terhadap perubahan.
E. Mempunyal pergaulan yang tidak luas di masyarakat.
(Mengelola perubahan)
4. Jika saya sedang mengerjakan sesuatu, kondisi yang dapat mendukung saya bekerja optimal
adalah ….
A. kondisi tenang dan santai
B. saat tidak ada seorangpun dalam ruangan
C. dengan ruangan nyaman dan dingin
D. apapun kondisinya saya mencoba fokus
E. saya gunakan pikiran saya agar fokus pada pekerjaan, bukan masalah tempat (4)
(Mengelola Perubahan)
5. Di tengah proyek besar dan membutuhkan tanggung jawab besar, saya mengalami kegagalan
besar yang sangat mengancam karir saya, sebaiknya saya ….
A. meminta maaf atas kegagalan saya
B. bertanggungjawab sepenuhnya atas apa yang saya lakukan (4)
C. tidak berputus asa, saya jadikan kegagalan ini sebagai penguat langkah kedepan
D. bertanggung jawab dengan segera mengundurkan diri dari pekerjaan
E. mencari-cari dalang di balik kegagalan ini
(Integritas)
6. Dalam kaitannya dengan perubahan, saya dinilai sebgai orang yang …
A. mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru (4)
B. butuh waktu untuk bergaul secara akrab dengan orang lain
C. mempunyai keinginann tinggi untuk mengetahui kegiatan orang lain
D. cenderung kurang adaptif terhadap perubahan
E. mempunyai pergaulan yang tidak luas di masyarakat
(Mengelola Perubahan)
7. Saat sedang banyak antrian, seorang bapak salah datang ke tempat saya dan meminta
pelayanan. Padahal pelayanan yang diperlukan terletak di bidang lain di kantor saya. Yang saya
lakukan...
A. Menutup pelayanan sebentar dan mengantarkannya ke bagian pelayanan yang diperlukan
B. Memintanya untuk segera ke ruangan yang diperlukan, karena saya harus segera melayani
antrian lain
C. Meminta teman menggantikan tugas saya, dan mengantarkan bapak tersebut ke tempat yang
diperlukan
D. Meminta tolong kepada teman yang sedang tidak melakukan pelayanan untuk mengantar
bapak tersebut
E. Memberinya petunjuk jalan ke arah ruang pelayanan yang dibutuhkan (4)
(Pelayanan publik)
8. Bila jadwal yang biasa Anda lakukan diubah, apa yang akan Anda lakukan?
A. Biasa saja dan melakukannya
B. Tertantang, bersemangat, dan segera menyesuaikan diri. (4)
C. Marah-marah dan mengeluh
D. Panik dan gelisah
E. Mencari teman lain yang mengalami hal serupa dan melakukan protes
(Mengelola perubahan)
9. Tahun ini akan ada kompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka saya....
A. Tidak perduli
B. Saya tidak mengikuti, karena lawannya pasti kuat
C. Ikutin saja, kalah menang urusan belakang (4)
D. Ikut karena saya yakin lawannya mudah
E. lkut saja karna panitianya saudara saya
(Pengembangan diri)
10. Anda diutus oleh pimpinan kantor anda bertugas ke sebuah daerah yang tidak punya fasilitas
teknologi informasi yg memadai, dan daerah tersebut memiliki rnasyarakat yang tidak paham
teknologi informasi dan sebagian masyarakat meyakini bahwa pembangunan teknologi
informasi belum begitu penting, sementara atasan anda memberikan tugas tersebut kepada
anda sebagai tuntutan program nawacita yang mesti dilaksanakan. Langkah anda ….
A. mengedukasi masyarakat tersebut bahwa perkembangan ICT saat ini penting bagi
masyarakal indonesia. (4)
B. Berkordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur
meskipun masyarakar masih bingung
C. membangun infrastruktur IT yang memadai untuk di gunakan masyarakat desa lalu
kemudian mengadakan pelatihan pelatihan khusus
D. menghormati kebudayaan daerah di desa tersebut bahwa bhineka tunggal ika penting, IT di
desa tersebut belum terlalu bermanfaat bagi masyarakat
E. melaporkan kepada atasan kantor anda yang sebenamya bahwa kondisi desa tersebut
belum siap untuk dibangun infrastruktur teknologi
(komunikasi)
11. Anda sedang mengerjakan tugas di perpustakaan dan 1 jam lagi harus selesai. Tiba-tiba ada
teman anda yang menanyakan letak sebuah buku. Apa yang anda lakukan?
A. menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan (4)
B. menyampaikan kalau anda sedang sibuk
C. memberitahukan hanya letak rak dan posisi bukunya saja
D. meninggalkan pekerjaan anda sebentar untuk mengantarnya menunjukan buku yang
dimaksud, dan kembali melanjutkan pekerjaan anda.
E. pura-pura tidak rnendengarkannya
(Orientasi Hasil)
12. Saya ditugaskan pimpinan untuk mewakili sementara dalam rapat dengan tamu. Pada saat itu
ada tamu dan pimpinan memerlukan keputusan segera. Maka saya ....
A. menunda pengambilan keputusan tanpa petunjuk atasan saya
B. tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
C. ragu ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya
D. mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan
kebijakan umum (4)
E. mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
(Pengambilan keputusan)
13. Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang mendadak ...
A. Bingung bagaimana harus bersikap.
B. Penuh harapan akan perubahan. (4)
C. Tertekan karena cemas akan dampak yang akan terjadi.
D. Pesimis karena tidak dilibatkan dalam proses awal.
E. Berhati-hati memetakan dampak politis perubahan.
(Mengelola perubahan)
14. Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting, tiba-tiba anda menemukan
sebuah kejanggalan pada sistem informasi yang anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data
perusahaan ke public. Bagaimana sikap anda….
A. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan sistem itu
B. Saat itu juga anda menghentikan sistem tersebut
C. Melaporkan kepada atasan apakah harus menghentikan penggunaan system itu (4)
D. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan
sistem itu
E. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan
(Pengambilan keputusan)
15. Menurut saya, sepuluh tahun setelah saya diangkat sebagai PNS saya akan menjadi....
A. Bukan PNS lagi
B. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
C. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
D. Masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
E. Pejabat struktural atau tenaga profesional dalam bidangnya (4)
(Pengembangan diri dan orang lain)
16. Saya sering menjadi orang yang pertama tiba di sekolah. Yang saya lakukan setelah tiba
disekolah adalah ...
A. masuk keruangan dan membahas pelajaran untuk hari ini (4)
B. masuk ke kelas sekaligus membersihkan bangku sendiri
C. Duduk-duduk santai depan kelas sambil menunggu teman-teman
D. bermain game online
E. membersihkan meja guru
(Orientasi hasil)
17. Peraturan baru mengubah sistem 3 shift menjadi 2 shift, terjadi perubahan waktu kerja.
Kebetulan anda bekerja sekaligus kuliah. Cara anda menyikap peraturan tersebut dengan ..
A. Mengatur ulang jadwal kuliah agar tidak mengganggu jam kerja
B. Mengkomunikasikan kepada atasan tentang jadwal kerja dan kuliah agar tidak bentrok (4)
C. Cuti kulian sementara waktu sampai anda dapat membagi waktu dengan pekerjaan
D. Mengundurkan diri dan pekerjaan
E. Mencari kampus lain yang dapat menyesuaikan jadwal kuliah dengan jam kerja
(Mengelola perubahan)
18. Dilan adalah ketua organisasi yang baru dilantik. Dia belum lama bergabung dengan organisasi,
namun karena dia luwes dan mudah bergaul akhirnya dia menjadi ketua. Ternyata setelah
menjadi ketua sikapnya berubah menjadi cenderung kaku dan keputusan yang dibuat susah
untuk diubah. Jika anda menjadi anggota organisasi tersebut, apa yang akan anda lakukan?
A. Mengajak teman-teman lain untuk memberikan masukan ke Dilan sehingga kelompok yang
solid tetap terjaga
B. Mengajak Dilan berdialog secara empat mata (4)
C. Meminta Dilan untuk tidak bersikap otoriterdi forum formal sehingga menjadi kesepakatan
bersama
D. Membentuk kelompok untuk menentang kebijakan yang dibuat Dilan agar dia tahu
kesalahan yang telah diperbuatnya
E. Membiarkannya saja, nanti juga Dilan sadar sendiri
(Komunikasi)
19. Anda bekerja dibagian perusahaan pelayanan publik dan perusahaan Anda menerapkan sistem
excellent service terhadap konsumen. Sistem excellent service begitu penting bagi perusahaan.
Apa yg harus di lakukan....
A. mempelajari lagi bagai mana penerapan excellent service
B. melakukan training terjadwal untuk semua karyawan
C. mempelajari dan memperdalam pengetahuan tentang excellent service (4)
D. mencari informasi dan mempelajari lagi excellent service
E. mendatangkan mentor untuk mengajari kernbali excellent service
(Pengembangan diri dan orang lain)
20. Saya memiliki teman satu tim dengan kompetensi rendah, maka ....
A. saya menuntutnya untuk meningkatkan kemampuannya
B. saya akan memberhentikannya dan tim
C. saya tidak memperdulikannya
D. saya membimbing dan memintanya untuk meningkatkan kemampuan (4)
E. saya tidak mau ambil pusing gimanapun kemampuannya
(Pengembangan diri dan orang lain)
21. Wak Ribut sudah diterima bekerja disebuah perusahaan internasional. Kantor tempatnya
bekerja berada dekat dengan pusat perbelanjaan yang banyak terdapat restoran dan kafe yang
terkenal dan juga menyediakan makanan-makanan yang lezat. Jika jam istrahat telah tiba, Wak
Ribut dan teman-temannya sering sekali makan di restoran dan kafe-kafe tersebut. Namun,
karena tempat makan tersebut selalu ramai, mereka sering kali terlambat untuk kembali ke
kantor. Syukumya segala tugas yang diberikan atasan kepadanya selalu bisa diselesaikan dengan
baik. Sebagai atasan Wak Ribut, apa yang anda lakukan?
A. Memakluminya, karena kondisi nya memang seperti itu
B. Biasa saja, karena pekerjaannya tetap terselesaikan dengan baik
C. Memarahinya karena anda kesal dengan bawahan yang tidak disiplin
D. Memanggil dan memberikannya peringatan keras
E. Mengingatkan bahwa perilakunya salah dan menyarankan makan di kantin kantor saja (4)
(Integritas)
22. Yang saya lakukan ketika menghadapi perubahan-perubahan selama melaksanakan suatu
pekerjaan adalah ....
A. perubahan hal yang biasa bagi saya
B. perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
C. keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan,ide dan cara baru tersebut (4)
D. saya mengikuti arus perubahan itu sendiri
E. saya tidak perduli dengan perubahan
(Mengelola perubahan)
23. Akan ada libur nasional yang jatuh pada hari Selasa. Sudah menjadi kebiasaan umum di
sebuah instansi pemerintahan, tempat Irma kerja, untuk melakukan bolos massal di hari
Senin dengan alasan hari ke jepit nasional. Menurut Anda, yang sebaiknya dilakukan oleh
Irma adalah….
A. Bertanya pada atasan langsung, apakah diizinkan untuk bolos massal di hari Senin.
B. Mempelajari aturan yang berlaku secara nasional dan mengikutinya secara konsisten (4)
C. Menolak bolos massal di hari Senin karena bertentangan dengan nilai-nilai dalam diri
sendiri.
D. Masuk setengah hari di hari Senin, jika kantor sepi maka tidak melanjutkan kerja dan
memutuskan pulang.
E. Mengikuti keblasaan umum untuk bolos massal di hari Senin untuk menjaga toleransi
dengan rekan kerja yang lain.
(Integritas)
24. Ketika saya menjadi panitia kegiatan sekolah, saya akan menggalang dana dengan cara …
A. Menggerakkan teman-teman untuk mencari dana (4)
B. Mencari sponsor yang mendukung keberhasilan acara
C. Mengajukan proposal kegiatan sekolah
D. Menghubungi sponsor yang sudah saya kenal
E. Meminta sumbangan kepada orangtua
(Kerja sama)
25. Jika rekan kerja saya melakukan tugasnya dengan baik, maka …
A. Saya berikan pujian apa adanya
B. Saya tidak mau memujinya
C. Saya akan memujinya jika ada atasan
D. Saya berpikir itu hanya faktor keberuntungan
E. Saya memuji secara proporsional (4)
(Komunikasi)
26. Andang diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia.
Sebelum bekerja masing-masing anggota menuliskan fakta integritas untuk tidak
memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggota mempunyai tugas yang cukup
spesifik dan pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian
target. Di dalam proses tersebut ada salah satu anggota yang rnelanggar fakta integritas
dengan menceritakan pekerjaannya kepada istrinya yang kebetulan menelepon dan
menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan. Tindakan Anda jika sebagai Andang dalam
menghadapi anggota yang melanggar fakta integritas adalah ....
A. Menegur dan mengingatkan kembali akan pernyataan yang sudah dibuat bersama serta
meminta yang bersangkutan konsisten dengan apa yang sudah dinyatakan dalam fakta
kesepakataan (4)
B. Sekadar mengingatkan saja karena mengingat anggota kelompok adalah orang dewasa yang
semestinya sudah tahu apa yang dilakukan
C. Mengingatkan dan meminta masing-masing anggota untuk membaca fakta integritas yang
sudah disepakati
D. Menegur dan menujukan pelangaran fakta integritas yang telah dilakukan
E. Mengingatkan bahwa setiap pelanggaran ada konsekuensinya
(Pengambikan keputusan)
27. Rikka adalah guru Bahasa Daerah di sekolah Sejahtera Bersama. Suatu hari ia mendapatkan
tugas untuk mendampingi siswa untuk mengikuti olimpiade matematika. Hal terbaik yang
dilakukan oleh Rikka adalah …
A. Menjalankan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diinstruksikan oleh
kepala sekolah (4)
B. Menjalankan tugas sebisanya karena tugas itu tidak sesuai dengan minat dan
bidang kompetensinya
C. Menjalankan tugas sebaik mungkin yang dimampu termasuk mengajar materi,
memantau kepercayaan diri, dan kesejahteraan siswa yang didampinginya.
D. Mengajar dan mendampingi siswa tersebut dengan baik hingga memperoleh hasil
yang memuaskan
E. Menolak tugas yang diberikan oleh kepala sekolah karena adanya pekerjaan yang
belum selesai
(Integritas)
28. Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak di bidang pelayanan.
Benyak keluhan yang ditujukan pada instansi tempat anda bekerja. Padahal di
instansi ana tersebut terdapat fasilitas untuk keluhan online. Sikap anda ada adalah..
A. Menerima keluhan para konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan
keluhan secara online
B. Menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menyampaikan
keluhan secara online (4)
C. Menerima dana menyelesaikan keluhan sambil menanyakan apakah ada
kesulitan menyampaikan online
D. Menyelesaikan keluhan konsumen dan menanyakan apakah ada kesulitan saat
menyampaikan secara online
E. Mendengarkan keluh kesah konsumen dan mengajarkan cara menyampaikan
keluhan secara online
(Pelayanan publik)
29. Pada saat saya sedang menuju ke arah kantor dengan motor, terlihat atasan saya yang sedang
berjalan kaki. Hal yang akan saya lakukan adalah …
A. Memelankan motor saja dan mengucapkan salam kepadanya
B. Saya akan menghentikan kenderaan dan memohon izin untuk mendahuluinya
C. Menghentikan kenderaan dan menawarkannya tumpangan (4)
D. Melewatinya saja
E. Saya akan mengurangi kecepatan sambil meminta izin untuk mendahului
(Kerja sama)
30. Pagi ini anda datang dengan terburu-buru ke kantor, hal ini disebabkan karena jalanan macet
parah sehingga membuat kenderaan yang anda bawa tidak dapat bergerak cukup lama di jalan
raya, sehingga pada saat sampai di kantor anda hampir telambat, sedangkan semua karyawan
setiap paginya diwajibkan untuk melakukan absen berbasis teknologi yang jika anda telat, maka
dianggap tidak hadir. Pada saat anda hendak buru-buru menuju tempat absen, anda melihat
seorang ibu-ibu sedang kebingungan untuk mencari pelayanan, sedangkan satpam yang
biasanya bertugas menunjukkan tempat itu belum hadir, yang akan anda lakukan adalah …
A. Memberitahu arah tempat layanna tersebut, kemudian absen (4)
B. Menyuruh menunggu karena petugas belum hadir
C. Menyapa ibu itu dan menanyakan keperluannya, kemudian kamu tinggal
D. Mengajak ibu itu untuk ikut kamu absen sehingga bisa menanyakan keperluan dan
mengantarkannya
E. Mengantarkannya ke tempat yang dia tuju, baru absen
(Pelayanan publik)
31. Vendor atau pihak ketiga melaporkan bahwa proyek yang sedang dikerjakan tidak mencapai
target tepat waktu. Tindakan yang saya lakukan adalah....
A. Meminta bukti untuk dilaporkan kepada atasan
B. Meminta vendor untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu (4)
C. Meminta bukti yang lengkap untuk didiskusikan dan mencarikan solusi
D. Meminta bukti yang lengkap untuk dilaporkan kepada atasan bahwa vendor kurang baik
E. Meminta alasan kepada vendor mengapa pekerjaan tidak selesai tepat waktu
(Orientasi pada hasil)
32. Seorang teman anda yang bertugas di loket pelayanan tiba-tiba pingsan karena kelelahan saat
menerima masyarakat yang datang. Anda yang sedang bekerja diminta menggantikan di loket
karena menurut penilaian Atasan, tugas yang anda lakukan tenggang waktunya masih lama. Apa
yang sebaiknya anda lakukan?
A. Menuju loket dan melayani masyarakat (4)
B. Melayani loket dan sambil menyelesaikan tugas sendiri
C. Mengerjakan tugas secepat mungkin agar bisa bertugas di loket
D. Mencari teman lain yang bebannya lebih ringan untuk membantu
E. Membantu pemulihan teman agar dia bisa segera bertugas kembali
(Pelayanan publik)
33. Saya baru saja dimutasikan ke unit lain yang sama sekali baru bagi saya. Sikap saya adalah …
A. Berusaha mempelajari dan memahami mekaisme kerja unit melalui rekan sejawat
B. Berusaha memahami mekanisme kerja unit melalui arsip dan aturan kebijakan(4)
C. Duduk saja sambil menunggu perintah atasan
D. Mengamati proses pekerjaan yang dilakukan teman sejawat
E. Mengamati proses pekerjaan yang dlakukan rekan satu tim
(integritas)
34. Rekan kerja saya menjadi sumber keluhan bagi rekan kerja yang lain akibat cara kerjanya yang
lamban. Sebagai teman, tindakan saya …
A. Menawarkan batuan untuk mempercepat penyelesaian tugasnya
B. Menegur cara kerjanya yang lamban karena menghambar kerja orang lain
C. Membiarkan apa yang terjadi, karena semua orang memiliki keuikan cara kerja
sendiri
D. Menghindari agar tidak satu tim dengannya karena berpotensi menyulitkan
E. Mengingatkannya akan pola kerjanya dan menawarkan bantuan jika dibutuhkan
(4)
(Pengembangan diri dan orang lain)
35. Anda ditunjuk sebagai koordinator dalm sebuah kegiatan dengan program kerja yang
sangat padat, tetapi salah satu anggota kelompok anda memperlihatkan sikap yang
kurang peduli terhadap program kerja. Sikap anda …
A. Menegur dan mengancam mengeluarkan salah satu anggota kelompok tersebut
jika tudak mengubah sikapnya
B. Bekerja sendiri agar program kerja tetap dapat terealisasi
C. Menegur serta menasehati salah satu anggota kelompok tersebut (4)
D. Melaporkan kepada kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan
E. Membiarakan dan mengabaikan salah satu anggota kelompok tersebut
(kerja sama)
36. Kepala sekolah meminta anda untuk mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan
dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Ketika anda berada diantara para guru lain,
anda …
A. Suka menerima masukan, demi masukan untuk pengembangan tugas baru anda
B. Membicarakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan tugas baru anda (4)
C. Membatasi pembicaraan agar tidak membicarakan tugas baru anda
D. Merasa gelisah dan kurang senang bila mereka membicarakan tugas anda
E. Akan megalihkan ke pembicaraan lain apabila mereka sudah mulai menyinggung
tugas anda
(Integritas)
37. Apa yang Anda lakukan dalam sebuah diskusi dengan sekelompok kecil teman-teman Anda
sekantor?
A. Saya selalu aktif berpendapat dan mengarahkan teman- teman untuk aktif juga (4)
B. Jika perlui bicara maka saya ungkapkan, jika tidak maka saya cukup mendengar
C. Saya menjadi pengamat sejenak kemudian aktif berpendapat
D. Saya lebih banyak diam dan berbicara sekedaarnya
E. Saya aktif berpendapat dan mengarahkan teman- teman untuk mengikuti pendapat
(Komunikasi)
38. Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting tiba-tiba anda menemukan
sebuah kejanggalan pada sistem informasi yang anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data
perusahaan ke publik. Bagaimana sikap anda …
A. Menyuruh semua rekan untuk menghentikan penggunaan sistem itu
B. Saat itu juga anda menghentikan sistem itu
C. Melaporkan kepada atasan apakah harus menghentikan penggunaan sistem itu (4)
D. Menyesuaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan
sistem itu
E. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut kemudian melapor kepada atasan
(Pengambilan keputusan)
39. Dalam acara rapat di sekolah, anda datang terlambat dan diskusi sedang berlangsung dengan
sangat ramai. Padahal sebenarnya anda ingin menyumbang ide, anda akan …
A. Menanyakan apakah anda boleh berbicara
B. Segera berbicara mengungkapkan ide
C. Duduk mendengarkan pembicaraan baru kemudian berbicara (4)
D. Meminta waktu untuk berbicara
E. Menunggu kesempatan untuk berbicara
(Komunikasi)
40. Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan, sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan
keadaan sebelumya. Yang akan anda lakukan adalah …
A. Menanggapi pertanyaan dari siapapun tentang isu-isu tersebut
B. Saya akan berusaha menemukan penyebar isu itu dan membuat perhitungan dengannya
C. Saya akan membiarkannya saja karena nanti juga akan hilang dengan sendirinya
D. Berusaha menjelaskan keadaan yang sebenarnya (4)
E. Meminta pertimbangan teman dekat saya
(Komunikasi)