Berikut beberapa contoh soal pedagogik yang dapat kami sampaikan kepada anda yang saat ini sedang belajar pedagogik untuk mempersiapkan ujian sebagai calon guru.
A: Topik: perkembangan kognitif siswa
1. Yang dimaksud dengan penguasaan kognitif yaitu ….
penguasaan dalam menyelesaikan masalah
penguasaan cara menyampaikan ide
penguasaan diri dalam berinteraksi
penguasaan dalam integrasi diri
2. Perkembangan anak sangat erat kaitannya dengan aspek kognitif. Salah satu hal yang berpengaruh pada aspek kognitif adalah ….
pola pengasuhan anak dan kondisi lingkungannya
kebudayaan di sekitar anak
Inspirasi dari anak
agama yang dianut
3. Salah satu kemampuan siswa pada sisi kognitif adalah kemampuan siswa dalam berfikir dengan logika untuk mengaitkan objek- objek yang konkrit. Kemampuan seperti itu biasanya dimiliki oleh siswa pada usia ….
7 hingga 11 tahun
12 hingga 14 tahun
2 hingga 7 tahun
0 hingga 2 tahun
4. Pembelajaran matematika yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kelereng, sapu lidi, gambar, atau segala macam benda merupakan cara yang tepat digunakan untuk siswa sesuai dengan perkembangan berfikirnya yang berada pada tahap ….
dapat mengerti tentang angka dan bilangan yang bersifat konkrit atau masih kasat mata.
mulai mengerti tentang apa yang diamati dengan dominasi egosentris
mampu mengindera lingkungan dengan intensif sesuai dengan apa yang dilihatnya (sensomotor)
dapat memainkan logika tanpa menghubungkan dengan benda nyata
B: Topik: perkembangan sosial emosional siswa
5. Aspek yang berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menjalin hubungan dengan orang lain dan memotivasi diri sangat berkaitan dengan kecerdasan ….
emosi
sosial
moral
kognitif
6. Kecerdasan yang dimiliki oleh siswa yang mampu bekerjasama dengan kelompok belajarnya, mengendalikan diri dalam bergaul dan menempatkan diri di tengah lingkungannya merupakan bagian dari kecerdasan ….
Sosial emosional
moral
spiritual
kognitif
7. Pada suatu kondisi, seorang guru mendapati siswa yang dominan ketika bekerja dalam kelompok, cenderung menang sendiri dan tidak memberi kesempatan bagi teman- temannya untuk berpendapat. Bahkan ketika ada teman yang berbicara, ia cenderung menutup telinga dan ingin menjauh. Kondisi tersebut menunjukkan adanya masalah dalam kecerdasan ….
Sosial emosional
moral
kognitif
spiritual
C. Topik: Perkembangan moral siswa
8. Pada suatu kondisi, ada siswa yang mampu menginternalisai suatu nilai moral sesuai dengan standarnya sendiri. Ia mampu mengambil tindakan moral alternatif, memahami berbagai pilihan dan memutuskan berdasarkan nilai moral yang diyakininya. Kondisi ini menunjukkan moral spiritual siswa tersebut berada pada tahap penalaran ….
pasca konvensional
konvensional
pra konvensional
interkonvensional
9. Tahapan yang menunjukkan dukungan terhadap aturan sosial pada keluarga, lingkungan, masyarakat, dan negara karena menganggap hal tersebut berharga dan bukan karena untuk ketenangan peibadi, merupakan tahapan perkembangan moral ….
pasca konvensional
pra konvensional
interkonvensional
konvensional
D. Topik: Kesulitan belajar siswa
10. Kegiatan informal yang dilakukan berupa rekreasi dengan teman sekelas dan mengikuti ekstrakurikuler merupakan usaha untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam hal ….
membangun hubungan yang baik
menyatakan pendapat
aktualisasi diri
merencanakan tindakan
11. Ketika ada siswa yang kesulitan dalam megikuti suatu pelajaran, sikap yang seharusnya dilakukan oleh guru adalah ….
membantu siswa tersebut
mengulang pelajaran untuk semua siswa
memberikan tugas agar siswa belajar secara mandiri
memberikan buku untuk dipelajari siswa secara mandiri
12. Dalam mengajar, seringkali siswa tampak fokus mendengarkan penjelasan guru. Namun, ketika diberikan pertanyaan ternyata siswa tidak mengerti tentang apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menunjukkan kesulitan belajar yaitu ….
gangguan simbolik
gangguan non simboli
gangguan sosial
kesulitan akademis
13. Tujuan dilakukannya konseling adalah membantu siswa untuk ….
mengatasi kesulitan belajarnya
menyelesaikan masalah pribadinya
menyesuaikan diri dengan lingkungannya
memperoleh informasi
14. Cara terbaik yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa yang dipengaruhi oleh faktor sosial yaitu ….
sosiometri
angket
brainstorming
wawancara
15. Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk menghadapi siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah ….
memberi bantuan belajar siswa tersebut
memindah sista ke bank terdepan
mengulang penjelasan kepada seluruh siswa
memberi tugas siswa untuk membaca buku
16. Seringkali ditemukan siswa yang lebih senang bermain dengan teman- temannya daripada belajar. Lebih banyak waktu yang digunakan siswa tersebut untuk bermain dengan teman daripada belajar. Ketika pembagian hasil tes, ternyata nilai siswa kurang memuaskan. Guru perlu menyadarkan sista tersebut untuk mengatasi kesulitan belajarnya yang disebabkan oleh faktor ….
sosial
keluarga
intelektual
kondisi fisik
E. Topik: Teori Belajar
17. Teori belajar yang menyebutkan bahwa belajar merupakan hubungan antara pemberian stimulus dan respon, semakin sering hubungan keduanya maka hubungan keduanya semakin erat adalah teori ….
behaviorisme
sibernetik
humanistik
konstruktivisme
18. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan pengumpulan data oleh siswa, pembuatan hipotesis, mencoba dan menemukan keteraturan pola sampai pada generalisasi dan penyusunan rumus hingga ke bentuk umum merupakan implementasi teori belajar ….
konstruktivisme
behaviorisme
humanistik
sibernetik
19. Teori belajar yang memahami perilaku belajar dilihat dari sudut pandang pelaku dan bukan pengamat, yang apabila diimplementasikan di kelas dengan menjadikan guru sebagai fasilitator dan motivator yang menyadarkan makna kehidupan bagi siswa merupakan teori belajar ….
humanistik
konstruktivisme
behaviorisme
nativisme
20. Pada masa pandemi, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini sejalan dengan penerapan teori belajar ….
sibernetik
konstruktivisme
behaviorisme
kognitivisme
Semoga dengan soal dan jawaban soal pedagogik diatas dapat membantu anda dalam mempersiapkan uji kompetensi dalam segala pendaftaran baik itu pendaftaran seleksi PPPK, Seleksi SKB CPNS, maupun saat seleksi pretes PPG dalam jabatan yang notabene kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh seorang guru.