RPP 1 Lembar untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi 2021 semester

Assalamualaikum wr wb apa kabar sobat semua kita tahu semester baru ini sobat guru Menggunakan  Rpp Selemebar , RPP Format 1 halaman ini telah menjadi trending topik dan bahasan hangat dikalangan guru / pendidik dikarenakan RPP 1 Lembar ini hanya terdiri dari 3 komponen saja sehingga terlalu singkat dan banyak hal yang tidak bisa masuk di dalam RPP.



Dalam artikel ini saya akan membagikan link download RPP 1 lembar semua jenjang kelas di SD pada semester 1 dan 2. Yaitu RPP 1 Lembar K13 Kelas 1 semester 1dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 2 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 3 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 4 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 5 semester 1 dan 2, RPP 1 Lembar K13 Kelas 6 semester 1 dan 2. 


Namun sebelum saya membagikan link download marilah kita ketahui komponen penting dalam RPP 1 lembar k13. sesuai dengan surat edaran kemendikbud yang hanya terdiri dari 3 komponen utama saja yakni tujuan, kegiatan dan tekhnik penilaian. 

1. Komponen Tujuan Pembelajaran 

Komponen rumusan tujuan pembelajaran merupakan bagian-bagian atau aspek-aspek yang terkandung dalam rumusan tujuan pembelajaran. Sudirman, dkk. (1991:70-71) mengemukakan rumusan tujuan pembelajaran terdiri atas empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah (1) Audience, (2) Behavior, (3) Condition, dan (4) Degree. Komponen rumusan tujuan pembelajaran tersebut disingkat menjadi ABCD. Penjelasan Komponen Rumusan Tujuan Pembelajaran Berikut ini adalah penjelasan dari komponen rumusan tujuan pembelajaran ABCD. (1) Audience, adalah siswa atau peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran, (2) Behavior, yaitu tingkah laku yang diharapkan dicapai sebagai hasil proses belajar mengajar. Behavior merupakan kata kerja operasional yang spesifik dan dapat diukur. (3) Condition, yaitu keadaan atau sesuatu yang perlu disediakan sebagai persyaratan untuk dapat melakukan dan mencapai tingkah laku yang diharapkan. Salah satu contoh dari condition adalah metode pembelajaran. Conditonon juga dapat berupa bahan, peralatan yang boleh digunakan, bahan, peralatan yang tidak boleh digunakan, tempat/lingkungan, dan informasi yang tersedia (4) Degree, yaitu derajat, kualitas, atau standar minimal dari hasil belajar yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran

2. Komponen Kegiatan Pembelajaran 

kegiatan pembelajaran adalah proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam pengetahuan, pikir, sikap dan kebiasaan-kebiasaan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, dan berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.

3. Komponen Penilaian 

Penialian pembelajaran dibagi menjadi dua yakni penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan :

-  Penilaian Pengetahuan


 

Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar (assesment as learning), penilaian sebagai proses pembelajaran (assessment for learning), dan penilaian sebagai alat untuk mengukur pencapaian dalam proses pembelajaran (assessment of learning).Melalui penilaian tersebut diharapkan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan.Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian.

-  Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan (KI-4) dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. Penentuan teknik penilaian didasarkan pada karakteristik kompetensi keterampilan yang hendak diukur. Penilaian keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya (dunia nyata). Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentangskor 0 sampai dengan 100 dan deskripsi.


Download RPP 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 dan 2 lengkap



Subscribe to receive free email updates: