Ketika dunia terbentang dalam video-video pendek, maka para penggemar video singkat sebelumnya hanya memilih TikTok dan sncak video sebagai untuk kreator video singkat
Namun kini TikTok tak lagi sendirian. Begitu pula halnya Reels di Instagram.
YouTube Shorts sekarang benar-benar datang dan yang jelas bisa menghasilkan uang. Kehadirannya membuka semakin banyak peluang mengumpulkan pundi-pundi bagi para konten kreator video di platform YouTube.
Alternatif pendulang uang ini adalah yang teranyar, setelah YouTube mengumumkan akan memberi pendanaan untuk para kreator membuat video singkat di fitur baru tersebut.
dana yang digelontorkan YouTube senilai 100 juta dolar Amerika Serikat untuk tahun ini dan 2022.
Dikutip dari GSM Arena, 2 Maret 2021, YouTube Shorts yang dikeluarkan oleh YouTube memungkinkan penggunanya untuk membuat video singkat yang dapat menjadi pesaing aplikasi serupa yaitu TikTok.
Investasi tersebut merupakan cara YouTube untuk menggaet konten kreator, terutama usia muda yang sedang membangun karier. Nantinya, video yang diharapkan dari proyek tersebut antara lain komedi dan video dance.
Program pendanaan yang dibuka YouTube terbuka untuk ribuan kreator setiap bulan, terutama bagi mereka yang membuat video di Shorts yang ditonton banyak orang.
YouTube Shorts pertama kali diluncurkan di India dalam versi beta pada Maret lalu.
Seperti dikutip dari Antara, 2 Maret 2021, saat itu YouTube Shorts langsung mendapatkan animo cukup besar hingga mencapai 3,5 miliar penonton per harinya.
Pengumuman YouTube saat itu, mereka menyematkan beberapa fitur yang terdapat dalam Shorts, di antaranya pengguna dapat merekam video vertikal lewat telepon selulernya berdurasi 15 hingga 60 detik.
Pengguna juga dapat menambahkan efek khusus dan musik dari “perpustakaan musik” milik YouTube.
Begitulah, YouTube Shorts sudah hampir pasti menjadi pesaing keras yang nyata bagi Tik Tok dan Reels milik Instagram.***