SOAL PEDAGODIK PERSIAPAN TES PPPK 1

Assalamualaikum wr w pada kesempatan kali ini saya akan membagikan  SOAL PEDAGODIK PERSIAPAN TES PPPK  semoga bermanfaat  buat sobat semua



SOAL PEDAGODIK PERSIAPAN TES PPPK  1



1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, 

lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.

Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih 

terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan 

anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang 

menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan 

tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek 

bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya

(sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan 

obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan 

memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok 

belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan 

pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya 

diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spiritual

7. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok 

belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan 

pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya 

diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spiritual

8. Hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin 

kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud 

adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme

9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, 

dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi 

kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan

10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai 

pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas 

kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir 

tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi 

berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan 

oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta 

didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial

12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan 

tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan 

lingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan 

antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang 

dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan 

balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of 

exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di 

mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), 

mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), 

menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan 

benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme

15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai 

fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan 

pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut 

pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini 

adalah ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme

16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa 

terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang 

memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan 

diatas sejalan dengan teori belajar ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Kognitivisme

17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang 

baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur 

kognitif seseorang adalah teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik

18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang 

diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat 

dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan 

pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, 

indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan 

pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan 

pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, 

langkah-langkah pembelajaran

20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, 

perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan 

belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP 

bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran 

(RPP) adalah

A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

22.Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa 

Indonesia adalah sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa 

dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan

23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi 

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin 

S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan 

bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, 

merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan 

masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture

26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi 

pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan 

C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan

28. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak 

memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut 

B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah

C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik

D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya 

....

A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam 

silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, 

emosional, dan spritual peserta didik.

B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, 

indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, 

dan sistem penilaian.

C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, 

sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian 

kompetensi dasar.

D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam 

mencapai kompetensi.

30. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, 

kecuali....

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber

31. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni 

Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji 

kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk 

pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi 

pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A. Sahih 

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat

32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materimateri yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih 

mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti 

pola....

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri

33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi 

harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar 

individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan tersebut 

dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria... 

A. Tujuan 

B. sasaran didik

C. ketersediaan

D. konteks penggunaan

34. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun 

strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam 

pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang 

pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat 

menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari 

kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..

A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya 

liput terbatas 

B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat 

C. media tradisional dan media berbasis TIK 

D. media dua dimensi dan media tiga dimensi

36. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan 

agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat 

memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia 

memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan 

adalah...

A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, 

ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi 

sekolah dan konteks penggunaan.

C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks 

penggunaan

D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan 

sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut 

yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah: 

A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK 

B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran 

C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan 

pembelajaran 

D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

38. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. 

Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat 

kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, 

media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar 

B. Membuat konkrit konsep yang abstrak

C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. 

D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan 

belajar.

39. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan 

juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan 

efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan 

besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi 

tersebut:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan 

belajar.

C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan 

peredaran darah.

D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, 

atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur 

yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah… 

A. book

B. forum 

C. blog

D. e-portofolio

41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk 

mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi 

dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A. program mencari informasi 

B. program desktop publishing

C. program untuk menjelajahi laman

D. program penciptaan laman

42. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan 

aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

A. www.yahoo.com

B. www.gmail.com

C. www.hotmail.com

D. www.cari-data.com

43. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, 

tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran 

Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut 

adalah... 

A. Microsoft Database 

B. Microsoft PowerPoint

C. Microsoft Desktop Publishing 

D. Microsoft Word

44. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan 

siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh 

Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk 

membuat bahan presentasi adalah....

A. Microsoft Database

B. Microsoft Spread Sheet

C. Microsoft powerpoint

D. Microsoft Desktop Publishing

45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, 

mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik 

kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk 

memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model 

pembelajaran…

A. portofolio

B. saintifik

C. penemuan

D. autentik

46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah 

sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan 

pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan 

pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik 

berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam 

kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model 

pembelajaran ....

A. projek based learning

B. discovery Learning

C. Problem Based Learning

D. Inquiry learning

47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua 

anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap 

skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam 

alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model 

pembelajaran ....

A. Project based learning

B. inquiry learning

C. Discovery learning

D. problem based learning

48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model 

pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and 

the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-3-2-4-5-6

C. 1-3-2-5-6-4

D. 1-2-3-5-4-6

49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak 

berikut ini!

1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

2) Orientasi siswa pada masalah

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran 

Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 2-3-1-4

C. 3-2-1-4

D. 2-3-1-4

50. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan 

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari 

kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake 

Subscribe to receive free email updates: