yusnitech.com
Dalam proses pembelajaran penilaian sangat menentukan dalam keberhasilan suatu pembelajaran, selama proses berlangsung dengan memberikan evaluasi dan penilaian terhadap siswa baik penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Semua itu dilakukan untuk menentukan tingkat capaian hasil belajar siswa.
Penilaian sikap adalah kegiatan untuk mengetahui perilaku peserta didik pada saat pembelajaran dan di luar pembelajaran, yang dilakukan untuk pembinaan perilaku sesuai budi pekerti dalam rangka pembentukan karakter peserta didik.
Upaya untuk meningkatkan dan menumbuhkan sikap yang diharapkan sesuai dengan KI1 dan KI2 guru harus memberikan pembiasaan dan pembinaan secara terus menerus baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Untuk mengetahui perkembangannya guru harus melakukan penilaian.
Lantas bagaimana langkahlangkan dalam proses penilaian dan indikator apa saja yang akan di nilai?
Langkahlangkah dalam perencanaan penilaian sikap adalah sebagai berikut :
1 Menentukan sikap yang akan dikembangkan di sekolah mengacu pada KI1 dan
KI2
2 Menentukan indikator sesuai dengan kompetensi sikap yang akan dikembangkan.
Penilaian sikap pada KI1 beserta indikatorindikatornya yang dapat dikembangkan oleh
sekolah sebagai berikut :
A. Ketaatan Beribadah
Indikator :
perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan ibadah bersama
mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah
melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama, misalnya: sholat, puasa
merayakan hari besar agama
melaksanakan ibadah tepat waktu.
B. Berperilaku Syukur
Indikator :
perilaku menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan
selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka
bersyukur atas pemberian orang lain
mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta
menjaga kelestarian alam, tidak merusak tanaman
tidak mengeluh
selalu merasa gembira dalam segala hal
tidak berkecil hati dengan keadaannya
suka memberi atau menolong sesama
selalu berterima kasih bila menerima pertolongan
C. Berdoa Sebelum dan Sesudah Melakukan Kegiatan
Indikator penilaian :
perilaku yang menunjukkan selalu berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan,
berdoa sebelum makan
berdoa ketika pelajaran selesai
mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan
mengingatkan teman untuk selalu berdoa,
D. Toleransi dalam Beribadah
Indikator penilaian :
tindakan yang menghargai perbedaan dalam beribadah
menghormati teman yang berbeda agama
berteman tanpa membedakan agama
tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
menghormati hari besar keagamaan lain
tidak menjelekkan ajaran agama lain.
Penilaian sikap pada KI2 beserta indikatorindikatornya yang dapat dikembangkan oleh sekolah sebagai berikut :
A. Jujur
Indikator penilaian :
tidak mau berbohong atau tidak mencontek,
mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain
mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek
mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan seharihari
mau mengakui kesalahan atau kekeliruan
mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan
mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman
mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di sekolah
membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan),
B. Disiplin
Indikator penilaian :
mengikuti peraturan yang ada di sekolah
tertib dalam melaksanakan tugas
hadir di sekolah tepat waktu
masuk kelas tepat waktu
memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
tertib mentaati peraturan sekolah
melaksanakan piket kebersihan kelas
mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu
mengerjakan tugas/pekerjaan rumah dengan baik
membagi waktu belajar dan bermain dengan baik
mengambil dan mengembalikan peralatan belajar pada tempatnya
tidak pernah terlambat masuk kelas.
C. Tanggung Jawab
Indikator penilaian :
menyelesaikan tugas yang diberikan
mengakui kesalahan
melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan
melaksanakan peraturan sekolah dengan baik mengerjakan tugas/pekerjaan rumah sekolah dengan baik
mengumpulkan tugas/pekerjaan rumah tepat waktu
mengakui kesalahan, tidak melemparkan kesalahan kepada teman
berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah
menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam kelompok di kelas/sekolah
membuat laporan setelah selesai melakukan kegiatan.
D. Santun
Indikator penilaian :
menghormati orang lain dan menghormati cara bicara yang tepat
menghormati guru, pegawai sekolah, penjaga kebun, dan orang yang lebih tua
berbicara atau bertutur kata halus tidak kasar
berpakaian rapi dan pantas
dapat mengendalikan emosi dalam menghadapi masalah, tidak marah
marah
mengucapkan salam ketika bertemu guru, teman, dan orangorang di sekolah
menunjukkan wajah ramah, bersahabat, dan tidak cemberut
mengucapkan terima kasih apabila menerima bantuan dalam bentuk jasa atau barang dari orang lain.
E. Peduli
Indikator penilaian :
ingin tahu dan ingin membantu teman yang kesulitan dalam pembelajaran, perhatian kepada orang lain
berpartisipasi dalam kegiatan sosial di sekolah, misal: mengumpulkan sumbangan untuk membantu yang sakit atau kemalangan
meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki menolong teman yang mengalami kesulitan
menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan lingkungan sekolah
melerai teman yang berselisih (bertengkar)
menjenguk teman atau guru yang sakit
menunjukkan perhatian terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.
F. Percaya diri
Indikator penilaian :
berani tampil di depan kelas
berani mengemukakan pendapat
berani mencoba hal baru
mengemukakan pendapat terhadap suatu topik atau masalah
mengajukan diri menjadi ketua kelas atau pengurus kelas lainnya
mengajukan diri untuk mengerjakan tugas atau soal di papan tulis
mencoba halhal baru yang bermanfaat
mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain
memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat
3. Merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memunculkan sikap yang telah ditentukan.
Karena KI1 dan KI2 bukan merupakan hasil pembelajaran langsung, maka perlu merancang pembelajaran sesuai dengan tema dan sub tema serta KD dari KI3 dan KI
4. Dalam pembelajaran, memungkinkan munculnya sikap yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan bahwa penilaian sikap
merupakan pembinaan perilaku sesuai budi pekerti dalam rangka pembentukan karakter siswa
Setelah menentukan langkahlangkah perencanaan, guru menyiapkan format pengamatan yang akan digunakan berupa lembar observasi atau jurnal. Indikator yang telah dirumuskan digunakan sebagai acuan guru dalam membuat lembar observasi atau jurnal.
1. Observasi
Instrumen yang digunakan adalah format observasi yang berupa matriks yang harus diisi oleh guru berdasarkan hasil pengamatan dari perilaku peserta didik dalam satu semester.
2. Penilaian diri
Penilaian diri merupakan bentuk penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Penilaian persepsi diri digunakan untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan kenyataan yang ada. Instrumen yang
digunakan berupa lembar penilaian diri. Penilaian diri akan diperlukan hanya sebatas konfirmasi jika diperlukan guru.
3. Penilaian Antar teman
Penilaian antar teman merupakan bentuk penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terhadap sikap dan perilaku keseharian antar teman. Penilaian antar teman digunakan untuk mencocokkan persepsi diri peserta didik dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada dan berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian yang dilakukan oleh guru.