Assalamualaiku wr wb Ada begitu banyak kasus yang sering kali terjadi ketika awal pertama kali melakukan instalasi dapodik versi 2022 seperti tidak bisa ganti password, password dapodik kembali ke password lama, muncul kode error 2.00 dan lain sebagainya. Untuk kasus - kasus tersebut sudah saya buat solusinya pada postingan saya yang sudah lebih dulu tayang. Silahkan anda lihat kembali postingan saya yang sebelumnya ya. Pada kesempatan kali ini, pendidikan.infoasn.id akan menjelaskan solusi apabila Operator Dapodik keliru mengeluarkan Peserta Didik dari Aplikasi Dapodik dan akan membatalkan proses tersebut.
Peserta Didik dinyatakan Keluar dari Aplikasi Dapodik dengan beberapa keterangan yang salah satunya adalah lain Mutasi. Proses Mutasi sesuai dengan SOP diperlukan agar data Peserta Didik dapat ditarik atau di masukan ke Aplikasi Dapodik Satuan Pendidikan yang baru setelah dilakukan Mutasi pada Satuan Pendidikan lama.
Langka-Langkah Membatalkan PD Keluar di Dapodik Versi 2022
Pada aplikasi dapodik 2022 seluruh siswa yang berada ditingkat akhir SD, SMP, SMA/SMK akan diluluskan oleh sistem secara otomatis sehingga anda tidak bisa dengan mudah untuk membatalkan. Ada tahapan yang harus anda lalui jika memang ingin membatalkan siswa yang berada ditingat akhir tersebut dengan cara:
sebelum anda membatalkan siswa yang lulus, cek terlebih dahulu nama siswa yang lulus pada menu peserta didik keluar;
- Catat nama siswa yang ingin anda batalkan tersebut;
- hubungi atau datangi langsung admin dapodik Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota setempat dengan membawa bukti yang sah untuk menyampaikan bahwa terdapat salah satu siswa atau lebih yang ingin dibatalkan sesuai dengan surat pernyataan yang telah dibuat sebelumnya agar dimasukan kembali ketingkat akhir (dinyatakan tidak lulus);
- setelah admin dapodik Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota menyetujui permohonan anda, silahkan lakukan sinkronisasi dapodik 2022 anda agar siswa tersebut masuk kedalam aplikasi dapodik dengan status aktif.