SOAL PPPK KOMPETENSI BIDANG GURU 2021

 SOAL PPPK KOMPETENSI BIDANG GURU 2021


PAKET 7


1. Menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran KD “ menggali

manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup” akan

memiliki keunggulan , terutama.

A. Hasil belajar lebih utuh dan bermakna dalam membangun praktek kerukunan

hidup

B. Pemahaman konsep persatuan dan kesatuan bangsa akan lebih bermakna dan

aplikatif

C. Orientasi nilai persatuan dan kesatuan siswa lebih mendalami untuk dihayati

dan diamalkan

D. Keterampilan social siswa untuk membangun kerukunan hidup lebih

teraplikasikan

E. Sifat positif siswa terhadap persatuan, kesatuan, dan kerukunan hidup takkan

bertambah.

Kunci Jawaban D


2. Dengan mengunakan lempeng segitiga sembarang, guru memotong motong

segitiga tersebut melalui sisi sisinya menjadi 3 bagian kemudian memadukan

ketiga segitiga melalui sudut sudutnya sehingga diperoleh gabungan sudut yang

merupakan sudut lurus. Dengan cara tersebut guru telah mendemonstrasikan

kepada siswa bahwa jumlah sudut dalam segitiga =180 derajat. Cara guru tersebut

merupakan metode pembuktian secara .....

A. Formal

B. Deduktif

C. Kritis

D. Kreatif

E. Non formal

Kunci Jawaban D


3. Ibu rina akan membelajarkan metode listrik statis beliau ingin mengemas

pembelajaran seperti bermain sulap. Berbagai alat dan bahan sudah disiapkan,


2


tetapi jumlahnya terbatas. Metode pembelajaran yang cocok untuk menerapkan

kodisi tersebut adalah

A. Inkuiri

B. Discoveri

C. Pbl

D. Demonstrasi

E. Kooperatif

Kunci jawaban D

4. KD tentang menganalisis penerapan nilai-nilai pancasila terutama sila ke-4 dalam

kehidupan sehari-hari dapat dirumuskan indicator capaian hasil belajarnya untuk

level c5 ( menilai) dengan siswa dapat..........

A. Memilih sikap demokrasi dari pada sikap otoriter dengan alas an yang tepat

B. Memberi contoh penerapan sila 3 pancasila di lingkungan masyarakat

C. Mengusulkan upaya memajukan usaha koperasi demi kesejateraan rakyat

D. Menghargai jasa para pahlawan dalam merumuskan pancasila sebagai dasar

Negara

E. Menjelaskan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di rumah.

Kunci Jawaban A

5. Berikut ini merupakan pertanyaan tingkat tinggi kategori pemahaman C2 dalam

Taksonomi Bloom adalah...

A. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan berubah-ubah seperti yang

ditunjukkan pada gambar berikut. Tentukan kapan mobil tersebut mengalami

kecepatan konstan dan kapan berhenti?


B. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam. Jarak yang ditempuh 240

km. Berapa lama mobil tersebut berjalan?

C. Ketika kecepatan suatu mobil ditingkatkan menjadi dua kalinya, Bagaimana

besaran percepatannya?

D. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam dari posisi diam selama 20

menit. Berapa percepatan mobil tersebut?

E. 2 buah mobil berangkat dari kota A pada waktu yang sama. Mobil berjalan

dengan kecepatan 60 km/jam, dan mobil B 80 km/jam. Jarak yang di tempuh

mobil B

Kunci Jawaban A


3


6. Pelajaran IPA hari ini tentang pemantulan cahaya. Pak Agung mengajak siswa

melakukan kegiatan praktikum pemantulan pada cermin datar. Penilaian yang

diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Berikut ini rubik

untuk menilai keterampilan siswa menggunakan busur derajat ketika mengukur

besarnya Sudut datang dan memiliki skor rendah adalah

A. membaca hasil pengukuran busur derajat dari arah kanan

B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal

C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul

dan garis normal

D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang

E. menghitung sudut datang


Kunci Jawaban E

7. Untuk mengembangkan konsep penjumlahan pecahan, alat peraga matematika yang

paling tepat adalah...

A. Gambar beberapa persegi di papan tulis

B. Potongan sama besar model kue pizza

C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal

D. Potongan model buah apel

E. Garis bilangan

Kunci Jawaban B

8. Ibu dia adalah guru SD kelas V. Beliau akan mengajarkan materi “Peninggalan

Sejarah”. Kegiatan siswa adalah mengamati tayangan video tentang benda-benda

peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang seharusnya dilakukan siswa

adalah...

A. membuat karangan tentang peninggalan sejarah yang telah diamati

B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja

C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam

laporan sederhana

D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah

E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan

video


Kunci Jawaban E


9. Salah satu contoh rumusan tujuan pembelajaran yang baik adalah....

A. siswa mampu menirukan tulisan yang dicontohkan guru


4


B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih

C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan

D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru

E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati


Kunci Jawaban C

10. Pak Deni akan mengajar tema “Sumber daya alam” ia berusaha agar siswa aktif

maka ia mempunyai rencana kegiatan yang sekiranya dapat dilaksanakan. Ia

berusaha menggunakan benda sebenarnya sebagai media pembelajaran ketika

menjelaskan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena

itu ia membawa benda benda tersebut di depan kelas seperti...

A. minyak tanah, batubara timah dan sayuran

B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa

C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan

D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir

E. batubara, nikel, bauxit dan tumbuhan


Kunci Jawaban B

11. Pada suatu pembelajaran di daerah pusat produksi batik, guru menyajikan masalah

berikut.

Bu Ani akan membuat selembar batik tulis dengan kain berukuran 120 cm x 250

cm, biaya yang diperlukan untuk pembuatan batik tersebut adalah Rp. 125.000,-

/m2

. Jika ia mampu membuat batik sebanyak 5 lembar kain tiap minggu dan

menjualnya ke penampung dengan laba Rp. 150.000,- perlembar kain berapa

harga jual setiap lembar batik?

Masalah di atas tepat untuk pmbelajaran matematika dengan pendekatan

A. Penemuan

B. Realistik

C. Open-ended

D. Saintifik

E. Induktif


Kunci Jawaban B

12. Ibu Tiur mengajar di kelas , ketika pelajaran berlangsung, seluruh siswa pasif.

Suasana kelas memang tenang, anak-anak tidak gaduh. Tetapi tidak ada siswa yang

mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Akhirnya Ibu Tiur berinisiatif

untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk

bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi


5


tersebut, sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas PTK. Tujuan penelitian Ibu

Tiur adalah...

A. mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan

B. menghitung jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan disetiap siklus

PTK

C. memberikan contoh kepada siswa untuk mengemukakan pendapat

D. meningkatkan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan

E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya


Kunci Jawaban D

13. Sebelum memberikan pembelajaran untuk menemukan rumus luas segitiga, guru

sebaiknya memberikan apersepsi tentang...

A. luas trapesium dan jajargenjang

B. sifat-sifat persegi panjang

C. bangun datar dan sifat-sifatnya

D. jenis-jenis segitiga menurut ukuran panjang sisinya

E. jenis-jenis segitiga menurut ukuran sudutnya


Kunci Jawaban A

14. Hasil analisis pembelajaran IPS kelas IV SD Butuh menunjukan bahwa: siswa

tidak mau bertanya pada waktu guru menjelaskan; siswa tidak mau memberi

tanggapan; siswa tidak mau membaca materi; guru dominan menggunakan metode

ceramah; dulu belum pernah menerapkan metode inkuiri. Berdasarkan kasus

tersebut judul PTK yang cocok adalah...

A. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada

siswa kelas IV SD Butuh

B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada

siswa kelas IV SD Butuh

C. Hubungan antara metode inkuiri dengan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas

4 SD Butuh

D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV

SD Butuh

E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar

IPS pada siswa kelas IV SD Butuh


Kunci Jawaban A

15. Perhatikan tabel Berikut!


Tabel 1. Ulangan Harian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


6


No. Nama Ulangan Harian ke-

1 2 3 4


1 Sofa Wafikah 85 80 75 70

2 Ahmad Suyadi 70 65 60 60

3 Marwan Hamid 85 80 75 70

4 Dewi Astuti 70 70 70 80

Pertanyaan yang tepat untuk tabel tersebut adalah...

A. Bagaimana Ahmad Suryadi dalam mengerjakan soal ulangan harian?

B. Mengapa nilai ulangan Sofa Wafikah turun terus?

C. Kapan nilai ulangan harian Dewi Astuti naik?

D. Dimana ulangan harian pertama dilaksanakan?

E. Mengapa nilai-nilaisiswa bervariasi?


Kunci Jawaban C

16. Bu Lydia guru kelas satu SD, pada saat pembelajaran tema Diri Sendiri, bu Lydia

mengawali pembelajaran dengan menyayikan lagu “satu-satu Aku Sayang Ibu”

sambil menunjukan bagian-bagian tubuhnya yang terdiri atas mata, hidung, telinga,

mulut, tangan dan jari tangan. Bu Lydia menjelaskan bagian bagian tubuh tersebut

memeliki fungsinya masing-masing. Setelah itu, siswa diminta berdiskusi dengan

teman sebangkunya tentang kegunaan bagian-bagian tubuhnya. Dalam diskusi

tersebut, tidak banyak siswa yang aktif dan cenderung bermain sendiri. Bu Lydia

merasa bahwa kegiatannya belum berhasil, bahkan siswa tidak berhasil

mengungkapkan kegunaan bagian tubuh.

Akar masalah pada pembelajaran di atas adalah.....

a. Siswa kurang terlibat aktif sesuai scenario pembelajaran

b. Kegiatan diskusi tidak berhasil

c. Ketidaktepatan dalam memilih media

d. Siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh

Kunci Jawaban C


17. Salah satu model pembelajaran inovatif adalah discovery learning. Langkah awal

model tersebut siswa diberikan stimulasi atau pemberian rangsangan berpikir.

Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem

khususnya rantai makanan dan jarring-jaring makanan, maka kegiatan stimulasi

yang paling benar adalah..........

a. Siswa membaca buku dan mengamati media gambar tentang suatu ekosistem

b. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis

c. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan di bukunya

d. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang macam-macam ekosistem


7


Kunci Jawaban A

18. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas seharusnya esensial.

Rumuskan yang dimaksud dengan esensial!

a. Mudah dilaksanakan, murah biaya, kajian teorinya ada, dan disetujui kepala

sekolah

b. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori,

mendesak untuk diselesaikan

c. Adanya theory gp dan research gap, mudah mencari kajian teori, bisa

diselesaikan, disetujui atasan

d. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori,

mudah mencari sponsor

Kunci Jawaban B

19. Bagaimana yang dimaksud prinsip-prinsip penilaian yang baik?

a. Reliabel, transparan, bertanggung jawab dan tertulis rapi

b. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, bisa diumumkan ke public

c. Sahih, objektif, adil terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan

d. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh dan bersifat demokratis

Kunci Jawaban C


20. Dalam menyusun PTK seharusnya guru memasukan kajian pustaka. Identifikasikan

manfaat kajian pustaka dalam PTK!

a. Membentuk kerangka konsep dan kerangka berpikir dalam penelitian

b. Sebagai acuan agar tidak terjadi plagiasi dalam penelitian

c. Mendapatkan data penelitian sebelumnya yang bisa dipertanggung jawabkan

d. Mengkonfimasi hasil penelitian empiris dengan pemikiran teoritis

Kunci Jawaban A

21. Rumusan indikator aspek pengetahuan Level penerapan (C3) untuk pembelajaran

tentang siklus air adalah.....

a. Mendiskripsikan tahap-tahap siklus air

b. Mencermati tahap-tahap siklus air

c. Mengilustrasikan tahap-tahap siklus air

d. Menganalisis tahap-tahap siklus air


Kunci Jawaban C


8


22. Penilaian yang perlu dilakukan terhadap keterampilan menulis siswa ketika

mengidentifikasi isi gambar tunggal sederhana adalah....

a. Menyimpulkan dengan lengkap sesuai isi gambar dan menggunakan Bahasa

yang mudah dipahami

b. Mengamati dengan teliti dan penuh perhatian serta menemukan isi gambar

dengan tepat

c. Menjelaskan dengan lengkap sesuai isi gambar, tutur kata, sopan dan santun

d. Memberikan tanggapan dengan jelas dan tutur kata sopan dan santun

Kunci Jawaban A

23. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan

hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara ...

a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggisama

kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali

b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan

diisikan pada tabung sebanyak tiga kali

c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggisama

kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

d. Memilih alat peraga tabung dan kerucut kemudian tabung diisi pasir dan

diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

Kunci Jawaban B


24. Pak Ali Kurnia (AK) adalah seorang guru kelas 1 SD di suatu daerah yang

mayoritas penduduknya menggunakan bahasa daerah. Pak AK mendapati bahwa

kemampuan siswanya untuk berbicara dalam bahasa Indonesia masih rendah. Pak

AK khawatir, siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar

dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. Selama ini, pak AK lebih

banyak bercerita kepada siswanya dengan harapan mereka akan giat belajar sesuai

hikmah ceritanya. Akar masalah pada pembelajaran diatas adalah ...

a. Kemampuan berbicara bahasa indonesia rendah

b. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa

c. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah

d. Siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi

anggota tubuh dengan kalimat sederhanan

Kunci Jawaban B

25. Salah satu indikator dalam pembelajaran IPA adalah menganalisis faktor-faktor

yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, bu

Rina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan

mengumpulkan data tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat

gelap dan terang dalam pembelajaran tersebut adalah ...


9

a. Siswa mencatat informasi dari guru

b. Siswa mencatat informasi dari buku

c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan

d. Siswa mencatat hasil percobaan

Kunci Jawaban D

26. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu

langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa

diberikan kesempatan mengidentifikasi sebanyak-banyaknya masalah yang relevan

dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup

dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, maka

kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah . . . .

a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah

b. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah

c. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis

d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan

Kunci Jawaban C

27. Perhatikan pernyataan berikut ini.

(1 ) Melakukan tes tertulis pada peserta didik

(2 ) Mengoreksi jawaban sesuai kunci jawaban

(3 ) Menentukan siswa-siswa yang sudah mencapai KKM dan yang belum

(4 ) Menentukan program pengayaan remedial

(5 ) Menentukan kenaikan kelas siswa

(6 ) Menentukan kelulusan peserta didik

Pernyataan diatas yang merupakan kegiatan pengukuran adalah . . .

a. 4 dan 5

b. 1 dan 6

c. 1 dan 2

d. 2 dan 3


Kunci Jawaban D


28. Sofyan kelas empat SD secara diam-diam mengambil pensil temannya. Guru

mengalami kesulitan mengatasi masalah ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru

kecuali ...

a. Guru memberi nasihat bahwa mengambil barang orang lain tidak baik

b. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia mengambil pensil

temannya

c. Membiasakan siswa berperilaku jujur

d. Guru menjelaskan pada siswa membawa alat tulis sendiri


10


Kunci Jawaban B


29. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)

adalah

A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

C. RPP bersumber darisilabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

Kunci Jawaban B


30. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia

adalah sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat

menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan

Kunci Jawaban D


31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

Kunci Jawaban B


11


32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S.

Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,mencipta.

Kunci Jawaban D

33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan

bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang

perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang

dihadapi dengan tepat, adalah....

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture


Kunci Jawaban C

34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi

pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

Kunci Jawaban B

35. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam....

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan

Kunci Jawaban B


12


36. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan

jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah

C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik

D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

Kunci Jawaban A

37. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam

silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional,

dan spritual peserta didik.

B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar,

indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan

sistem penilaian.

C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber

belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi

dasar.

D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam

mencapai kompetensi.

Kunci Jawaban C

38. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut,

kecuali....

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber


Kunci Jawaban D


13


39. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho

selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak

ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan.

Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi

kriteria...

A. Sahih

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat


Kunci Jawaban A


40. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi

yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam.

Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri


Kunci Jawaban B

Subscribe to receive free email updates: